Tips

Lakukan Kegiatan Ini Untuk Hindari Pikun Saat Lansia

Pikun menjadi sesuatu yang wajar dialami oleh setiap orang yang lanjut usia. Semakin bertambahnya umur memang mempengaruhi kemampuan otak seseorang. Lahasil pikun sulit untuk dihindari. Pikun memang proses normal dalam penuaan namun juga sebagai tanda penyakit berbahaya. Misalnya saja tanda dari penyakit demensia  yang sering dialami mereka yang lanjut usia. Demensia menyebabkan seseorang menurun dalam hal kemampuan bicara, berpikir hingga motoriknya. Demensia bisa terkena siapa saja bahkan mereka yang masih muda. Untuk menghindari penyakit ini mulailah dengan menghindari pikun. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah pikun khususnya anda yang sudah lansia.

Mulailah Berolahraga

Olahraga tak hanya mampu membuat tubuh bugar namun juga mencegah pikun. Dengan olahraga mampu meningkatkan kinerja otak anda. Para lansia juga bisa berolahraga ringan seperti jogging, senam maupun yoga. Yoga bahkan bisa dilakukan setiap hari dan mampu menurunkan stress.  Anda juga bisa melakukan olahraga sedang seperti bersepeda maupun berenang sesekali.

Menulislah

Untuk mencegah pikun ternyata bisa pula dengan rajin menulis. Menulis mampu menstimulasi sel-sel saraf otak anda. Anda bisa belajar menulis jurnal tentang kegiatan anda hari ini. Selain itu anda juga bisa membaca untuk mengurangi pikun. Membaca juga mampu menambah wawasan anda. Apalagi kini banyak e-book yang dibagikan secara gratis di internet. Tinggal selera anda saja maunya baca buku genre apa.

Tidur Cukup

Tidur juga membantu anda mencegah pikun. Usahakanlah tidur 7 jam sehari setiap harinya dan menghindari begadang. Anda bisa tidur mulai 22.00-03.00 dimana tubuh akan melakukan detoksifikasi. Tanda detok di pagi hari ialah buang air. Tidur yang cukup mampu meningkatkan fokus anda. Selain itu tidur mampu mengumpulkan energi yang cukup untuk beraktivitas keesokkan harinya.

Main Games

Tak hanya mereka yang muda saja yang berhak bermain games. Para lansia juga perlu sesekali bermain games khususnya yang mampu melatih otak. Lansia bisa mencoba bermain games yang mampu merangsang memori. Anda bisa mengisi teka – teki silang atau bermain catur. Catur mampu memaksimalkan fungsi otak anda.

Jaga Kepala Anda

Tak kalah penting jangan sampai kepala anda terbentur. Kepala merupakan tempat dimana otak berada. Terkena benturan walau sedikit saja bisa berpengaruh besar pada motorik bahkan menyebabkan kematian. Untuk menjaga kepala anda dari benturan ada baiknya ketika berkendara dengan sepeda atau sepeda motor gunakanlah helm.

Jangan Lupa Implementasikan Gaya Hidup Sehat

Implementasikan gaya hidup sehat untuk menjaga umur dan tubuh anda tetap fit dan awet muda. Gaya hidup sehat bisa dimulai dari asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Perbanyaklah air putih untuk menghindari dehidrasi dan penyakit berbahaya lainnya seperti batu ginjal. Hindari terlalu sering mengkonsumsi junk food, minuman berkafein hingga rokok.

Penyebab Pikun

Selain dari segi umur pikun bisa dipengaruhi beberapa hal sehingga mampu dialami setiap orang. Berikut beberapa penyebab pikun yang patut anda ketahui :

  1. Kelelahan bisa membuat anda mudah pikun karena kurang fokus
  2. Obat dan alcohol juga bisa menyebabkan pikun. Alcohol mampu mengurangi kinerja daya ingat
  3. Stress bahkan depresi mampu mengurangi kinerja otak untuk bekerja normal
  4. Penyakit seperti tumor maupun infeksi pada otak juga ikut mempengaruhi anda terkena pikun

Tanda terkena pikun bisa terlihat dari gejala tidak bisa mengingat atau mengikuti aturan. Bingung tentang orang, tempat hingga waktu bahkan tak peduli akan keamanan, kebersihan dan asupan gizi diri sendiri.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top