Tips

Lakukan Langkah Nyata Lejitkan Karir Anda di Tahun 2017, Jangan Cuma Jago Bikin Resolusi

Untuk bisa meningkatkan karir di tahun 2017, Anda pasti mempunyai resolusi agar bisa mencapai karir yang sukses. Jika resolusi Anda di tahun 2017 hanya perubahan dan pengembangan karir, maka lakukanlah secara nyata bukan hanya sekedar rencana dan angan-angan saja. Dari pada Anda repot-repot merencanakan resolusi karir yang akhirnya tidak akan Anda jalani, lebih baik lakukan 7 langkah nyata untuk meningkatkan karir Anda di tahun 2017. Saatnya lupakan resolusi dan rencana yang tidak pasti, mulailah mengubah resolusi karir menjadi langkah nyata berikut ini.

  1. Bersihkan E-mail yang Tidak Penting Agar Membantu Anda Lebih Fokus Bekerja

Pertama, rajinlah membersihkan e-mail dengan memisahkannya antara e-mail penting dan yang tidak penting serta bersihkan juga junk mailnya. Jangan remehkan kotak e-mail Anda, karena jika kotak e-mail penuh maka bisa saja Anda akan malas membuka dan membaca e-mail. Padahal, bisa jadi dalam tumpukan e-mail tersebut ada pesan penting yang perlu Anda prioritaskan. Oleh karena itu, bersihkanlah e-mail agar mata Anda lebih segar saat membuka e-mail. Dari sini, Anda pun akan lebih fokus dalam bekerja.

  1. Update Profil LinkedIn dan CV Anda

Jangan remehkan juga profil LinkedIn Anda, karena ada banyak kesempatan emas dan network bagus yang bisa Anda dapatkan melalui jejaring sosial yang satu ini. Selain itu, rajin-rajinlah mengupdate profil Anda dengan menambahkan portofolio dari project-project yang telah Anda lakukan. Selain via LinkedIn, update juga CV Anda setiap setahun sekali. Anda bisa merubah atau menambahkan data-data pencapaian terbaru yang telah Anda raih. Dengan mengupdate profil linkedin dan CV, mungkin saja peluang bisnis atau karir yang lebih cemerlang akan datang menghampiri Anda.

  1. Tingkatkan Hubungan yang Baik dengan Semua Orang

Umumnya, menjalin hubungan pasti memilih orang-orang yang dianggap bisa mendongkrak karir. Mulai sekarang, rubahlah pola pemikiran Anda tersebut. Bangunlah hubungan baik dengan semua orang yang mungkin selama ini Anda pikir tidak dibutuhkan, misalnya karyawan IT, karyawan HRD, satpam atau OB. Anda tidak akan pernah tahu, mungkin saja membangun hubungan yang baik dengan semua orang di tempat kerja, Anda akan mendapatkan insight berharga tentang cara menaklukkan bos atau menaklukkan perusahaan dari mereka semua.

  1. Kembangkan Hobi Pintar Anda

Mengembangkan hobi untuk mengisi waktu luang adalah ide yang bagus. Selain bisa mengalihkan pikiran Anda yang terus menerus memikirkan pekerjaan, ternyata hobi juga bisa melatih daya fokus Anda. Oleh karena itu, cobalah kembangkan hobi Anda yang bukan hanya untuk mengisi waktu, tetapi juga bisa membuat Anda menjadi lebih pintar, kreatif dan melatih ingatan. Misalnya hobi bermain sudoku, scrabble, catur, puzzle atau TTS bisa jadi pilihan yang tepat.

  1. Buatlah Tabungan Ide Setiap Hari

Latih diri Anda untuk membuat ide baru dengan cara membuat jurnal khusus yang mengisi 10 ide baru setiap hari. Untuk membuatnya, Anda tidak perlu memikirkan ide-ide yang terlalu fantastis. Ide sekecil apapun bisa Anda masukan kedalam jurnal, ide tersebut juga tidak harus berhubungan langsung dengan pekerjaan Anda. Dengan membuat tabungan ide setiap hari, maka secara tidak langsung akan merangsang otak Anda untuk berfikir lebih kreatif sekaligus melatih diri Anda untuk mencari berbagai solusi dalam menghadapi segala masalah.

  1. Jangan Habiskan Waktu Hanya untuk Bekerja

Filosofi ini mungkin tidak asing di telinga Anda ‘’kalau mau berhasil, harus siap kerja keras’’. Filosofi ini tentu tidak salah, tapi jika hanya sekedar bekerja tanpa bisa meluangkan waktu untuk hal lain justru akan membuat perspektif Anda menyempit. Coba deh, luangkan waktu untuk melihat dunia luar. Misalnya, makan siang di luar dan bertemu orang-orang yang berbeda. Sempatkanlah bertemu dengan orang-orang  yang memiliki background karir yang sama dengan Anda. Dari sini, Anda bisa mendapatkan pengalaman dan ide-ide baru untuk meng-upgrade karir Anda.

  1. Luangkan Waktu untuk Bermeditasi

Setelah Anda seharian bekerja, pasti Anda akan capek dan lelah. Untuk mengobatinya, maka luangkan waktu Anda untuk melakukan meditasi sekitar 15-30 menit. Dengan bermeditasi, Anda akan mendapatkan inspirasi sekaligus merefleksikan tubuh setelah banyak beraktivitas dan bekerja seharian.

Setiap hal yang besar, selalu dimulai dengan hal kecil. Jadi, Anda tidak perlu membuat resolusi yang terlalu muluk di tahun 2017 dan yang terpenting adalah melakukan secara nyata dengan baik setiap harinya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: