Keuangan

Lulus Kuliah dan Ingin Keuangan Tetap Sehat? Jangan Lupa Terapkan 5 Trik Ini

keuangan-pasca-wisuda

Lulus kuliah memang akan menjadi hal yang menggembirakan. Tapi beberapa hari dan minggu selepas lulus kuliah seringkali seseorang akan menjadi binggung dan resah. Bukan hanya resah karena tidak kunjung mendapatkan kerja, tapi dengan tidak lagi mendapatkan jatah uang bulanan, maka kebingungan yang dirasakan akan semakin berkali-kali lipat. Untuk urusan keuangan ini, Anda yang baru lulus kuliha memang harus benar-benar cermat untuk mengelolanya. Nah untuk Anda yang ingin mendapatkan keadaan keuangan yang selalu baik pasca kuliah maka berikut beberapa trik yang bisa diterapkan.

  1. Pisahkan Kebutuhan dan Keinginan

Trik pertama untuk membuat keuangan tetap sehat selepas kuliah adalah memisahkan kebutuhan dan keinginan. Ketika Anda belum memiliki penghasilan tetap dan uang bulanan yang tidak seperti dulu, maka Anda harus lebih cermat dalam pengeluaran. Jadi saat akan melakukan pengeluaran, pastikan Anda mampu memilah antara kebutuhan dan keinginan. Tentu supaya keuangan Anda tetap sehat maka pastikan Anda memprioritaskan pada kebutuhan. Bila muncul keinginan, cobalah untuk tidak menuruti dulu keinginan tersebut. Ini karena bila Anda menuruti keinginan, maka ada hal yang tidak terbatas yang perlu dituruti. Dan hal ini tentu akan membuat keuangan jadi tidak sehat karena Anda harus memenuhi keinginan yang tak terbatas tersebut.

  1. Hindari Berhutang

Meski Anda sedang tak memiliki keuangan yang baik seperti saat kuliah, hal ini tidak boleh membuat Anda lantas kemudian berhutang. Anda harus paham dan mengerti bahwa berhutang merupakan hal yang tidak menyehatkan untuk finansial Anda di masa depan. Kerepotan untuk membayar hutang di masa depan memang selalu menjadi fakta umum yang terjadi pada mereka yang berhutang. Jadi sebisa mungkin hindari berhutang selama masa lulus kuliah dan belum mendapatkan penghasilan tetap. Namun bila Anda memang ingin berwirausaha dan membutuhkan modal, maka memang mau tak mau dana dari berhutang bisa Anda gunakan sementara waktu.

  1. Segera Cari Pekerjaan

Dengan modal pendidikan dan ijazah yang dimiliki, maka sudah saatnya Anda mencari pekerjaan. Pekerjaan sendiri dibutuhkan untuk mendapatkan penghasilan atau pendapatan. Dengan kondisi uang yang seret pasca lulus, seharusnya Anda memang berusaha sesegera mungkin untuk mendapatkan pekerjaan secepat mungkin. Semakin cepat Anda mendapat pekerjaan maka akan semakin baik untuk keuangan Anda. Untuk mencari pekerjaan sendiri saat ini banyak cara yang bisa dilakukan. Anda bisa mencarinya lewat media cetak seperti koran, tabloid dan lainnya. Mencari pekerjaan via media online juga tak kalah baiknya untuk Anda lakukan. Pasalnya dengan semakin bertumbuhnya media online membuat Anda sangat berpeluang besar mendapatkannya. Untuk segera mendapatkan pekerjaan, inisiatif Anda memang sangat menentukan. Bila Anda bergerak cepat dan berinisiatif tinggi maka Anda akan segera mendapatkan pekerjaan dan penghasilan.

  1. Berwirausaha

Selanjutnya, untuk membuat keuangan tetap sehat selepas lulus kuliah adalah dengan berwirausaha. Bila Anda bermental pebisnis maka pilihan berwirausaha akan menjadi hal terbaik untuk dijalankan. Pilihlah bidang wirausaha yang Anda minati atau Anda kuasai. Sama seperti mencari pekerjaan, agar keuangan Anda pasca kuliah ini segera sehat maka Anda harus segera memulainya. Namun agar bisnis Anda bisa terus eksis maka sebelum menjalankan berwirausaha pastikan Anda untuk mencermati segala hal yang ada. Beberapa hal yang perlu dicermati sebelum memulai wirausaha antara lain prospek pasar, risiko usaha, tingkat persaingan dan lainnya.

  1. Cari Part-Time Job

Terakhir, trik untuk membuat keuangan menjadi sehat selepas lulus kuliah adalah dengan mencari part-time job. Bila Anda kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan penuh atau full time job maka pekerjaan paruh waktu atau part-time job bisa jadi solusinya. Meski penghasilan yang didapatkan bisa jadi tidak sebesar full-time job, tapi setidaknya Anda tidak menganggur dan bisa membuat kondisi keuangan tidak terlalu buruk. Untuk mencari part-time job ini, media massa juga menjadi sarana yang bisa Anda andalkan. Bahkan dengan bertumbuhnya media digital dan media online saat ini membuat jenis part-time job ini semakin beragam dan berpeluang menghasilkan pundi-pundi rupaih dalam jumlah yang besar.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top