Peluang Usaha

Mahasiswa Jangan Cuma Kuliah, Sembari Bisnis Akan Lebih Menarik Kan

Kampus adalah tempat untuk menimba ilmu bagi mahasiswa. Namun bagi mahasiswa yang kreatif, kampus juga merupakan tempat belajar membuka bisnis sampingan. Dengan berbekal kreatif, pintar mencari peluang serta berani mengambil resiko maka di sini bisa saja seorang mahasiswa menjalankan suatu bisnis sambil menjalankan kuliah. Dari pada hanya menunggu kiriman uang dari orangtua saja, lebih baik membuka peluang usaha sendiri. Selain menambah uang saku, berbisnis juga bisa menjadi suatu modal dalam pengalaman kerja. Dengan berbisnis sejak di bangku kuliah, mahasiswa juga akan lebih siap sejak dini untuk menghadapi dunia kerja yang lebih serius pasca wisuda. Ada banyak peluang bisnis yang bisa dicoba oleh mahasiswa, mulai dari bisnis yang membutuhkan modal kecil sampai modal besar. Berikut peluang usaha menjanjikan yang cocok dijalankan mahasiswa.

  1. Bisnis Pulsa

Sebagian besar mahasiswa, umumnya lebih memilih bisnis pulsa saat memulai belajar bisnis. Hal tersebut dikarenakan, bisnis pulsa ini tidak memerlukan modal yang besar. Walaupun hanya memerlukan modal yang kecil, namun bisnis pulsa dapat mendatangkan keuntungan yang lumayan jika dapat dikelola dengan baik. Namun, sebelum memulai bisnis pulsa ini Anda harus memperhitungkan segala resiko dan kemungkinan terburuk yang akan terjadi pada kelangsungan bisnis Anda, misalnya pelanggan atau teman yang menghutang. Oleh karena itu, buatlah strategi terlebih dahulu secara matang agar bisnis pulsa Anda dapat berjalan dengan lancar.

  1. Bisnis Online Shop

Peluang usaha menjanjikan untuk mahasiswa selanjutnya adalah bisnis online shop. Seiiring berkembangnya teknologi saat ini, maka semakin mempermudah bertransaksi barang seperti pakaian, sepatu, tas, barang elektronik dan lain-lain. Apalagi saat ini banyak forum jual beli online di media sosial yang menawarkan transaksi jual beli barang secara cepat dan mudah. Nah, dari kesempatan yang terbuka luas ini Anda bisa memanfaatkan peluang dengan menjalankan bisnis online shop yang memiliki banyak keuntungan. Salah satu keuntungannya yaitu dapat menjual produk sendiri atau produk orang lain yang pemasarannya mudah dan luas. Anda bisa menjual produk Anda ke teman kampus, keluarga sampai pelanggan lain melalui gadget Anda. Namun jika Anda tidak mempunyai modal yang besar untuk memulai bisnis online shop, maka Anda bisa menjual barang orang lain dari cara reseller atau dropship. Dengan demikian, modal yang bisa Anda gunakan untuk bisnis online shop ini tidak begitu besar.

  1. Bisnis Les Privat

Bisnis les privat adalah bisnis yang tidak memerlukan modal. Namun, untuk menjalankan bisnis les privat ini Anda sebagai mahasiswa dituntut untuk mempunyai keterampilan dan keahlian khusus. Misalnya, Anda mempunyai keahlian di bidang mata pelajaran eksak seperti Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika. Biasanya bisnis les privat tersebut laris saat akan diadakan ujian nasional atau UN, sebab banyak anak sekolah yang ingin memperdalam mata pelajaran yang akan diujikan melalui les privat. Dari sini, maka Anda bisa memanfaatkan kesempatan dengan menjadi guru les privat. Karena selain Anda bisa menambah uang saku, tapi Anda juga bisa memperdalam penguasaan materi.

  1. Bisnis Kursus Non-Akademis

Bagi Anda yang tidak begitu mahir dalam bidang akademis, Anda juga bisa menjalankan bisnis bimbingan belajar ini di bidang non akademis seperti melatih olah vokal, melatih alat musik, melatih renang dan lain sebagainya. Dari pada kemampuan Anda hanya di pendam, lebih baik manfaatkan kemampuan Anda tersebut untuk menambah penghasilan.

  1. Bisnis Jasa Penulis

Jika Anda seorang mahasiswa yang hobi menulis dan mempunyai kemampuan untuk menyampaikan ide ke dalam bentuk tulisan. Maka menjalankan bisnis jasa penulis adalah solusi yang tepat, karena berawal dari hobi menulis Anda bisa mendapat keuntungan yang cukup besar. Salah satu keuntungannya adalah bisa memulai bisnis jasa penulis tanpa mengeluarkan modal. Karena yang dibutuhkan oleh bisnis jasa penulis tersebut yaitu kemampuan menulis, kreatif dan imajinasi.

Inilah beberapa bisnis sampingan yang bisa dijalankan oleh mahasiswa. Mahasiswa yang bisa mengatur jadwal perkuliahannya memang bisa saja menjalankan usaha atau bisnis sembari kuliah. Tentu saja semua bisnis punya prospek dan masa depan cerah jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: