Bisnis Online

Maksimalkan Testimoni Konsumen Toko Online dengan 4 Teknik Ini

maksimalkan-testimonial

Tren belanja daring yang semakin marak membuat banyak orang tertarik membuat toko online. Dengan adanya toko online memang akan banyak keuntungan yang bisa didapat. Selain bisa membuka tokonya selama 24 jam non stop, dengan toko online maka pebisnis dapat menjangkau pasar dan konsumen yang lebih luas se-Indonesia bahkan se-dunia. Dari sinilah kemudian banyak orang yang ingin mengoptimalkan toko online mereka agar bisa lebih kredibel dan terpercaya. Salah satu cara yang sering ditempuh seseorang untuk mengoptimalkan toko online adalah dengan mengaplikasikan testimoni.

Pentingnya Testimoni untuk Toko Online

Testimoni yang merupakan feedback dari konsumen memang sering menjadi salah satu rujukan untuk masayarakat membeli atau tidak. Jika testimoni konsumen banyak yang baik maka akan muncul trust atau kepercayaan. Begitu pun sebaliknya bila banyak testimoni yang buruk maka tingkat kepercayaan atau trust publik terhadap toko online pun akan menurun. Begitu pentingnya testimoni ini membuat Anda sebagai owner toko online harus bisa memaksimalkannya. Lalu bagaimana cara memaksimalkan testimoni ini? Berikut ada beberapa teknik yang bisa Anda terapkan.

  1. Mintalah Dukungan Testimoni Dari Para Ahli

Pertama, teknik memaksimalkan testimoni adalah dengan meminta dukungan dari para ahli. Bila bisnis toko online Anda bergerak dibidang tertentu maka cobalah mencari seorang ahli. Seperti misalnya toko online Anda bergerak dibidang jual-beli perlegkapan olahraga, maka cobalah untuk mencari ahli dari bidang olahraga, entah itu pemainnya, pelatihnya atau juga pengurusnya. Setelah mendapatkan ahlinya maka Anda harus berusaha untuk mendapatkan testimoni darinya. Ketika Anda mampu mendapatkan testimoni dari para ahli tersebut maka kredibilitas toko online Anda akan semakin besar dan meningkat.

  1. Manfaatkan Publik Figur 

Selain para ahli, testimoni dari seorang publik figur atau selebriti atau artis juga sangat berpengaruh pada tingkat trust toko online. Semakin terkenal publik figur yang Anda dapatkan maka semakin besar peluang Anda untuk meningkatkan kredibilitas dan trust toko online. Tapi bila Anda kesulitan untuk mendatangkan selebriti yang populer, jangan khawatir, ada beberapa selebgram yang bisa jadi solusi. Selebgram atau selebriti instagram yang tentunya punya tarif lebih murah tentu akan membuat Anda bisa lebih menghemat dana. Walaupun dengan selebgram Anda bisa mencapai tujuan Anda memaksimalkan kredibilitas toko online. Caranya, Anda harus memilih selebgram yang sesuai dengan bidang bisnis Anda. Semisal Anda berjualan hijab, maka carilah selebgram yang merupakan seorang hijaber. Setelah mendapatkan selebgram yang diinginkan maka Anda harus meminta testimoninya. Begitulah strategi untuk menggunakan selebgram untuk mensukseskan kredibilitas toko online.

  1. Membuat Testimoni dalam Berbagai Versi

Berikutnya, cara untuk memaksimalkan testimoni untuk meningkatkan trust atau kredibilitas toko online adalah dengan membuat variasi. Testimoni memang akan terlihat lebih menarik bila Anda membuat variasi. Jadi jangan hanya mengandalkan testimoni tulisan saja, tapi cobalah untuk menggunakan variasi lain seperti dengan audio atau video atau bahkan keduanya. Jadi saat konsumen akan memberikan testimoni, rekam dengan audio atau video atau keduanya. Dengan adanya beberapa model testimoni yang Anda buat maka masyarakat akan lebih percaya bahwa testimoni yang dihadirkan benar-benar asli dan tidak palsu. Dari sinilah maka jangan ragu untuk membuat variasi testimoni yang beragam.

  1. Tak Perlu Melebih-lebihkan Testimoni

Terakhir, cara untuk memaksimalkan testimoni guna meningkatkan trust atau kredibilitas toko online adalah dengan menampilkan testimoni apa adanya. Cara yang satu ini memang sering menjadi tantangan besar bagi para pebisnis. Sebab menampilkan testimoni apa adanya dengan jujur dan apa adanya ditakutkan dan dikhawatirkan bisa membuat usahanya tidak dipercaya publik. Testimoni dari konsumen memang tidak selamanya bagus. Sebab, bila konsumen mendapatkan sesuatu yang tidak memuaskan bisa jadi testimoni yang diberikan kurang baik atau bahkan buruk. Sayangnya banyak pebisnis yang melebih-lebihkan testimoni yang ada. Walau ada testimoni yang kurang baik, sebagai pebisnis sejati Anda seharusnya tak boleh menutup-nutupinya. Guna mengantisipasi pengaruh pada trust konsumen, Anda bisa menyeleksi testimoni yang ada. Seleksi saja testimoni yang tak terlalu menjelek-jelekkan toko online Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top