Keuangan

Masih Ragu Memilih Investasi Emas Batangan? Ini Keuntungan Investasi Emas Batangan yang Bisa Anda Dapatkan

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbanyak pundi-pundi rupiah adalah dengan berinvestasi emas batangan. Hal ini dikarenakan, emas batangan harganya cenderung stabil dan Anda tidak perlu takut rugi untuk berinvestasi emas batangan. Menurut Wahyu Tribowo Laksono yang merupakan Analis Central Capital Futures, emas adalah investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. Jika dibandingkan dengan mata uang kertas yang cenderung tergerus inflasi, maka emas merupakan solusi tepat untuk mengamankan finansial Anda. Contohnya, pada tahun 2009 Anda membeli emas batangan sebanyak 20 gram dengan harga sebesar Rp 300 ribu per gramnya. Berarti, di sini Anda mengeluarkan uang sebesar Rp 6.000.000. Kemudian, di tahun 2017 harga emas beli di Pegadaian naik sebesar Rp 550 ribu per gramnya. Jika Anda memiliki 20 gram logam mulia, berarti saat menjualnya Anda akan memperoleh Rp 11.000.000. Kesimpulannya, berarti Anda memperoleh keuntungan sebesar Rp. 5.000.000 dari investasi emas. Tidak hanya itu, emas batangan juga memiliki keuntungan lainnya lho. Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi emas batangan? Simak ulasannya berikut ini yuk.

  1. Investasi Jangka Panjang

Emas batangan merupakan investasi yang memiliki banyak keuntungan, salah satunya sebagai investasi jangka panjang. Bahkan, memiliki emas batangan jauh lebih baik dibandingkan memiliki mata uang kertas saja. Pasalnya, emas batangan mampu bertahan terhadap arus inflasi. Artinya, jika mengalami penurunan harga pun maka penurunan tersebut hanya akan terjadi dalam waktu yang singkat. Hal ini, tentu berbeda dari mata uang kertas yang tidak mempunyai nilai intrinsik dan cenderung akan tergerus inflasi. Nah, ini dia keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan dari investasi emas batangan.

  1. Investasi yang Mudah Dicairkan

Selain merupakan investasi jangka panjang, emas batangan juga memiliki keuntungan lainnya yaitu mudah dicairkan. Saat Anda membutuhkan dana dalam keadaan darurat, investasi emas batangan bisa menjadi penolong Anda karena prosesnya akan mudah dicairkan menjadi uang tunai. Hal ini berbeda dari investasi lainnya, seperti reksadana dan property yang tidak bisa dicairkan dalam waktu yang sangat cepat. Apalagi property, investasi ini akan sulit dicairkan karena harus menunggu laku terjualnya barang. Sementara itu, investasi reksadana memiliki periode waktu tunggu bahkan jika Anda ingin reedem pun biasanya membutuhkan waktu 5-7 hari kerja. Begitulah keuntungan investasi emas batangan yang proses cairnya lebih mudah, tentu akan lebih menguntungkan bukan?

  1. Bisa Dijadikan Sebagai Jaminan

Berikutnya, keuntungan investasi emas batangan yang bisa Anda dapatkan adalah emas bisa dijadikan sebagai jaminan. Jika Anda sedang membutuhkan uang namun tidak ingin menjual emasnya, di sini Anda bisa menggadaikan emas batangan untuk dana cepat di Pegadaian. Jangan khawatir, karena saat digadaikan pun nilainya relatif masih jelas dan rasional dibandingkan jika Anda menggadaikan barang lain seperti laptop, handphone atau motor.

  1. Harga Selalu Naik

Keuntungan lain yang menjadi alasan utama, mengapa masyarakat lebih memilih investasi emas batangan yaitu karena harga emas selalu naik setiap tahunnya. Misalnya jika tahun ini harga emas sebesar Rp 600 ribu per gramnya, maka satu tahun kemudian harganya naik hingga mencapai Rp 700 ribu per gramnya. Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi emas batangan, Anda bisa membelinya di PT Aneka Tambang (Antam), Pegadaian, atau di toko perhiasan emas. Agar lebih terjamin keamanan dan kualitasnya, sebaiknya belilah emas batangan di Pegadaian atau PT Aneka Tambang (Antam).

  1. Sangat Murah dan Mudah

Ini dia keuntungan dari investasi emas batangan selanjutnya, yakni murah dan mudah. Buktinya, Anda bisa memulai investasi emas tersebut hanya dengan membeli emas 0,01 gram yaitu sekitar Rp 6000-an saja. Tidak hanya itu, lewat program Tabungan Emas milik Pegadaian pun masyarakat menengah kebawah bisa berinvestasi emas. Meskipun menurut kalangan masyarakat menengah kebawah harga emas untuk satu gram cukup mahal, namun berkat adanya program Tabungan Emas ini mereka bisa membelinya dengan cara di cicil.

Nah, itu dia keuntungan berinvestasi emas batangan yang bisa Anda dapatkan. Dengan berinvestasi emas batangan yang memiliki banyak keuntungan, maka Anda bisa menabung atau menyimpannya dengan aman sekaligus memperbanyak pundi-pundi rupiah. Selamat mencoba!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top