Tips

Masih Ragu Saat Jalankan Bisnis? Lakukan 5 Cara Berikut Ini

keraguan-jalankan-bisnis

Bagi beberapa entrepreneur, terutama mereka yang pemula, menjalankan bisnis memang bisa membuat mereka ragu. Keraguan yang ada pada para pebisnis pemula tersebut memang terbilang wajar. Ini dikarenakan mereka yang baru pertama kali memulai bisnis memiliki banyak bayangan ketakutan akan tantangan besar dan juga kegagalan. Nah bagi Anda yang saat ini memang merasakan keraguan dalam menjalankan bisnis, dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasinya berikut ini.

  1. Cari Ilmu dan Informasi Bisnis dari Berbagai Hal

Biasanya rasa ragu dalam menjalankan usaha ini muncul karena minimnya informasi atau ilmu pebisnis terhadap bidang usaha yang akan dijalankan. Dari minimnya informasi inilah maka akan membuat pebisnis tak punya pegangan yang kuat untuk melangkah sehingga muncul keraguan. Maka dari itu untuk mengatasi keraguan yang ada maka solusinya adalah pebisnis tersebut harus meng-update dan meng-upgrade ilmu dan informasi yang berkaitan dengan bidang bisnisnya. Giat-giatlah mencari informasi berkaitan dengan bisnis ini dari mana pun dan dari siapa pun informasi itu berasal. Semakin banyak informasi penting yang bisa Anda peroleh berkaitan dengan bisnis maka akan semakin bagus pula hal ini untuk mengatasi rasa ragu ketika menjalankan usaha.

  1. Dapatkan Mentor Bisnis

Salah satu hal yang dapat membuat Anda merasa sangat yakin dan percaya diri untuk menjalankan bisnis dengan beragam strateginya adalah mentor. Mentor sendiri adalah pebisnis senior yang memberikan bimbingan pada seorang pengusaha pemula. Dengan segudang pengalaman yang dimiliki mentor maka Anda akan lebih mengerti seluk bisnis yang sedang Anda geluti. Sementara itu dengan ilmu bisnis yang dimiliki mentor, Anda akan diberikan beragam informasi dan masukan dalam menjalankan bisnis yang ada. Dari informasi dan panduan dari mentor tersebut tentu kepercayaan diri Anda dalam menjalankan bisnis akan semakin meningkat. Untuk bisa mendapatkan mentoring dari para mentor bisnis yang berpengalaman ini Anda dapat bergabung di komunitas entrepreneur, mengikuti seminar entrepreneurship atau juga mendaftarkan diri ke program mentoring bisnis.

  1. Fokuslah pada Hal Positif dalam Berbisnis

Meskipun dalam setiap bisnis pasti memiliki risiko gagal, tapi bukan berarti Anda harus selalu memikirkan tentang risiko tersebut. Sebab dengan terlalu sering memikirkan risiko gagal maka akan membuat Anda selalu ragu dalam melangkah. Selain membuat keraguan, terlalu memikirkan risiko gagal akan membuat bayangan kegagalan tersebut akan menjadi kenyataan. Sebab sesuatu yang selalu dipikirkan bisa saja akan menjadi kenyataan. Padahal dalam bisnis tidak hanya ada risiko-risko gagal, tapi ada juga hal menyenangkan dan positif. Hal-hal positif dan menyenangkan yang ada pada bisnis adalah seperti menetapkan impian, berfokus pada target atau pencapaian, membuka lapangan kerja serta membantu masyarakat dan lainnya. Dari mengubah pemikiran Anda dari hal negatif menjadi positif maka tingkat keyakinan dan kepercayaan akan semakin bertumbuh.

  1. Siapkan Rencana Cadangan Strategi Bisnis

Keraguan yang ada dalam menjalankan bisnis bisa juga muncul karena Anda hanya berfokus pada satu plan atau rencana bisnis. Tapi ketika Anda mempunyai beberapa plan bisnis atau setidaknya sebuah rencana bisnis cadangan maka keraguan Anda akan sedikit demi sedikit akan sirna. Ini karena Anda punya semacam pegangan saat menjalankan bisnis dengan rencana tertentu. Jadi bila rencana awal bisnis Anda gagal, Anda masih punya rancangan atau plan bisnis lainnya. Plan atau rencana bisnis cadangan sendiri adalah alternatif lain yang bisa dipakai pebisnis jika cara atau strategi usaha pertamanya gagal.

  1. Segera Memulai Bisnis Anda

Terakhir, cara untuk bisa menghilangkan keraguan dalam menjalankan bisnis adalah dengan segera memulai bisnis Anda. Tak jarang memang orang yang selalu dirundung keraguan adalah mereka yang memang tidak segera beraksi memulai bisnisnya. Mereka yang tidak segera mengeksekusi bisnisnya akan sering dihantui perasaan khawatir dan takut akan kegagalan. Tapi sebenarnya ketika Anda mulai bertindak menjalankan bisnis bisa jadi apa yang Anda ragukan selama ini ternyata hanya bayang ketakutan belaka.  Dan orang-orang yang segera bertindak menjalankan bisnis pun umumnya merasakan bahwa tingkat kepercayaan dan keyakinannya semakin meningkat karena mereka mau tak mau dipaksa harus berjuang. Perjuangan untuk mengembangkan bisnis sendiri akan dijalankan oleh pengusaha dengan sebuah keyakinan, bukan keraguan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top