Keuangan

Masih Status Mahasiswa Tapi Pengen Punya Kartu Kredit? Bisa Kok!

Kartu kredit menjadi salah satu produk bank yang banyak digunakan masyarakat modern saat ini. Tak hanya mampu membayar transaksi di dalam negeri namun anda juga bisa menggunakannya untuk berbelanja di luar negeri. Tak jarang beberapa penerbangan atau merchant tertentu menawarkan diskon atau cash back untuk pengguna kartu kredit tertentu. pada tahun 2015 saja pengguna kartu kredit di Indonesia sudah mencapai angka 16 juta lebih dengan volume transaksi lebih dari 132 juta lebih. Angka ini membuktikan bahwa kartu kredit sangat diminati didalam negeri terlebih masyarakat Indonesia tergolong konsumtif.

Tak hanya mereka yang sudah memiliki pekerjaan saja yang memerlukan kartu kredit. Dari kalangan mahasiswapun juga perlu kartu kredit. Apalagi jika ia tinggal di luar negeri atau hanya sekedar jalan – jalan atau mengikuti seminar keluar negeri. Ada kok cara mahasiswa untuk mendapatkan kartu kredit ini!berikut cara – caranya:

  1. Ikut Kartu Tambahan

Cara yang pertama ialah  mintalah kartu tambahan pada orang tua anda atau saudara kandung jika mereka mengajukan kartu kredit. Fasilitas kartu tambahan ini diberikan  pada pemegang kartu utama. Jika keluarga anda belum memiliki kartu kredit maka persiapkan persyaratan dan ajukan ke pihak bank. Persyaratan kartu kredit umumnya pemegang kartu utama harus sudah berusia 21 tahun. Memiliki kartu identitas diri seperti KTP atau KITAS untuk warga negara asing. Memiliki NPWP serta berpenghasilan tetap dengan melampirkan slip gaji.

  • Lock Dana

Sebenarnya ada beberapa bank yang bisa memberikan kartu kredit tanpa perlu melampirkan slip gaji. Nama produk bank yang memberikan kartu kredit tanpa syarat gaji minimal ini disebut lock dana. Di luar negeri lock dana umum terjadi. Mekanisme lock dana ialah pemegang kartu kredit diwajibkan menyetor sejumlah dana untuk dilock. Dana ini bertujuan sebagai jaminan apabila anda tak mampu membayar tagihan kartu kredit. kartu kredit tipe ini disebut dengan secure credit card.

  • Promo Kartu Kredit

Tak jarang pihak bank juga mengadakan promo kartu kredit di mall – mall pada waktu tertentu. beberapa bank terkadang memiliki program – program khusus saat promo seperti program kartu kredit. ajukan saat ada promo seperti ini biasanya lebih mudah dan persyaratan hanya KTP dan formulir saja.  Terkadang kartu kredit tersebut juga memiliki fasilitas diskon belanja dan penawaran di beberapa merchant.

  • Member Get Member

Anda juga bisa mendapatkan kartu kredit jika keluarga anda mendapatkan fasilitas member get member atau MGM. Fasilitas ini diberikan sebagai reward kepada nasabah yang memiliki track record yang baik.  MGM merupakan sebagai wujud apresiasi bank atas kepercayaan nasabah pada produk bank itu sendiri. MGM juga merupakan salah satu bentuk strategi marketing bagi bank untuk merekrut nasabah baru.

  • Sales Kartu Kredit

Cara terakhir untuk mendapatkan kartu kredit ialah melalui sales kartu kredit. Para sales ini umumnya dituntut untuk mendapatkan nasabah baru dalam jumlah tertentu. Tak ada salahnya anda  berkenalan dengan mereka agar anda dapat mengajukan kartu kredit. selain itu dekat dengan para sales kartu kredit ini akan membantu anda mendapatkan informasi produk terbaru dari bank lebih cepat ketimbang orang lain.

Walau anda sudah memiliki kartu kredit namun jangan lupa untuk selalu bijak dalam menggunakannya. Boros dalam menggunakan kartu kredit akan membawa anda pada hutang dan kemiskinan. Hindari pengambilan uang dengan kartu kredit sebab biaya bunganya cenderung lebih tinggi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: