Lainnya

Mau Belajar Coding? Inilah 5 Referensi Website untuk Belajar Secara Online

website-belajar-coding

Coding atau teknik penulisan bahasa pemrograman komputer saat ini memang menjadi skill yang banyak dibutuhkan oleh beberapa perusahaan. Dengan kebutuhan media website yang besar, maka untuk bisa mengotimalkan kinerja website tersebut memang dibutuhkan ilmu coding. Untuk bisa menguasai coding sendiri terbilang tidak mudah. Sebab, jurusan di perguruan tinggi yang belum begitu banyak, membuat ilmu coding menjadi santapan setiap orang yang serius belajar secara otodidak. Selain mempelajari dari buku, ternyata saat ini ilmu coding juga bisa kita pelajari secara online melalui media website. Nah, berikut ini adalah beberapa website yang bisa Anda jadikan referensi untuk belajar coding secara online.

  1. Code Academy

Referensi website pertama untuk belajar coding secara online adalah Code Academy. Platform yang satu ini memang menjadi tempat paling ramai dituju orang-orang yang ingin belajar coding secara gratis. Bagaimana tidak, pengguna atau user di Code Academy sendiri sudah mencapai lebih dari 24 juta orang. Untuk Anda yang ingin belajar dari website ini maka ada beberapa penawaran kursus online yang bisa dipilih seperti programming for beginner sampai materi pemrograman tingkat lanjut. Untuk metode pembelajarannya terbilang cukup interaktif karena selain mendapatkan teori, Anda juga akan diajak untuk mempraktikkannya secara langsung. Mengenai bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari dari webiste Code Academy ini antara lain JQuery, JavaScript, CSS, HTML, Ruby dan Pyton.

  1. BitDegree

Website pembelajaran coding yang satu ini juga menawarkan beberapa kursus tanpa biaya. Menariknya, BitDegree yang berbasis blockchain ini menawarkan pembelajaran coding untuk game development. Untuk kursus game development ini di BitDegree sendiri dikenal dengan nama gamification. Agar bisa belajar coding di BitDegree ini pertama-tama Anda harus memilih bahasa dulu. Kemudian Anda akan disuruh memilih skill apa yang ingin dipelajari. Di BitDegree sendiri ada beberapa bahasa pemrograman yang bisa dipelajari seperti PHP, CSS, Javascript, HTML, JQuery dan SQL. Menariknya lagi dalam pembelajaran di BitDegree ini ada reward dan achievement yang bisa Anda dapatkan dengan syarat telah menyelesaikan kursus.

  1. Free Code Camp

Berikutnya, website yang bisa Anda jadikan referensi pembelajaran coding secara online yaitu Free Code Camp. Anda yang menjadikan Free Code Camp sebagai tempat pembelajaran coding akan membuat Anda bisa belajar dengan menyenangkan. Pasalnya di sini ada real-life communication yang dihadirkan dalam proses pembelajarannya. Hal menarik lain di Free Code Camp adalah adanya beberapa challenge yang dihadirkan dalam proses pembelajaran sehingga membuat Anda akan terpacu untuk terus belajar. Tidak hanya itu, di Fee Code Camp ini Anda bisa bergabung dengan komunitas yang berkaitan dengan bahasa pemgrograman yang diambil.

  1. Codewars

Tantangan atau chalengge juga dihadirkan oleh platform webiste Codewars untuk menghadirkan proses pembelajaran yang menarik. Untuk tantangan yang dihadirkan di sini Anda akan mendapati istilah-istilah yang berkaitan dengan olahraga judo di Jepang. Pembelajaran seperti ini dimaksudkan agar kemampuan pembelajar semakin tajam dalam bahasa pemrograman tertentu. Jadi dalam pemberlajaran dengan istilah-istilah ini Anda akan diajak menyelesaikan tantangan untuk memecahkan kode-kode yang semakin lama semakin sulit untuk dipecahkan. Hasil akhir dari kata atau istilah yang didapatkan nantinya bisa digunakan untuk mempelajari kode baru dari awal.

  1. Code School

Terakhir, referensi website untuk belajar coding secara online adalah Code School. Platform yang telah memiliki pengguna atau pembelajar lebih dari 1 juta ini memang mumpuni untuk Anda. Sebab di sini Anda akan bisa mengikuti kursus online dengan metode dan proses pembelajaran berbeda dan telah disesuaikan oleh skill dan bahasa pemrograman yang kuasai. Beberapa materi bahasa pemrograman yang bisa Anda ikuti di Code School ini antara lain CSS, Javascript, HTML, PHP, Pyton, Ruby, Database, iOS dan Elixir. Dalam proses pembelajaran di Code School ini akan ada empat pendekatan yang akan Anda dapati yaitu: pemilihan jalur khusus dan mempelajari materi, penggunaan browser untuk berlatih coding, adanya sistem poin untuk setiap materi yang telah dipelajari serta juga melakukan monitor untuk mengetahui progress capaian yang telah Anda capai.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top