Tips

Mau Beli Mobil Bekas Berkualitas? Check Dulu Poin List Di Bawah Ini

Mobil adalah salah satu alat transportasi kebutuhan penting seseorang untuk berbisnis atau bepergian. Banyak diantaranya yang memilih untuk membeli mobil sebagai alat transportasi karena dianggap transportasi umum sudah tidak memadai dan tidak nyaman untuk digunakan. Akan tetapi, terkadang seseorang berpikir dua kali untuk membeli kendaraan roda empat tersebut. Adanya faktor kurs dollar yang dari tahun ke tahun naik, membuat harga mobil ikut melambung tinggi. Jadi sebagian orang mengurungkan membeli mobil impiannya. Namun anda tidak perlu khawatir, anda dapat membeli mobil bekas yang harganya sangat bersahabat namun kualitasnya sama seperti mobil baru. Nah, yuk intip ulasan point list tips di bawah ini dalam membeli mobil bekas yang berkualitas:

Check Kelengkapan Surat Kendaraan

Untuk memastikan bahwa mobil bekas yang akan anda beli adalah mobil yang berkualitas, anda wajib memperhatikan surat-surat kendaraan sebelum membelinya. Pastikan bahwa surat-surat kendaraan tersebut benar-benar asli. Keaslian BPKB dan STNK mobil menandakan bahwa mobil tersebut berkualitas bagus. Saat ini juga banyak terjadi penipuan beredarnya surat-surat kendaraan palsu agar mobil curian laku dengan tinggi. Untuk itu, sebelum membeli mobil bekas, anda wajib berhati-hati dan selalu memperhatikan surat-surat kendaraan terlebih dahulu agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi pada anda.

Check Body Interior Dan Eksterior Mobil

Setelah memperhatikan surat-surat kendaraan, point kedua yang wajib anda perhatikan saat membeli mobil bekas adalah body interior dan eksterior mobil. Periksa terlebih dahulu kondisi eksterior mobil secara menyeluruh. Pada saat anda memeriksa, apakah ada goresan, rusak, kondisi ban, kondisi kaca, kondisi lampu dan kondisi cat yang sudah mengelupas? Jika tidak ada, anda dapat mempertimbangkan membeli mobil tersebut.

Selanjutnya, anda juga harus memeriksa kondisi interior mobil seperti kondisi AC, system audio, switch lampu apakah masih bekerja dengan baik? jika body interior dan eksterior mobil masih bekerja dengan baik dan tidak ada masalah apapun, anda dapat memilih mobil tersebut untuk dibeli.

Check Kondisi Mesin

Point selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah kondisi mesin mobil. Mungkin jika anda tidak paham soal dunia otomotif, pastinya langkah ini akan sulit untuk anda lakukan dengan sendiri. Untuk itu, mintalah bantuan teman yang pandai dalam bidang otomotif untuk mengeceknya. Jika tidak ada, anda dapat memanggil seorang mekanik untuk membantu mengecek kondisi mesin mobil. Pastikan semua sudah diperiksa oleh ahli otomotif. Jika tidak ada kerusakan apapun pada kondisi mesin mobil, sudah dipastikan mobil tersebut layak untuk anda beli.

Check Asuransi Kendaraan

Point keempat ini juga tak kalah penting untuk anda perhatikan saat membeli mobil bekas. Jika mobil yang akan anda beli telah diasuransikan, anda akan lebih nyaman dalam berkendara. Untuk itu, tanyakan terlebih dahulu apakah mobil yang anda pilih telah diasuransikan sebelumnya atau tidak. Mintalah pemilik mobil untuk menunjukkan dokumen resmi yang menunjukkan bahwa mobil telah diasuransikan.

Jika pemilik telah menunjukkan dokumen resmi asuransi kendaraan, maka anda dapat melakukan pembayaran dengan melengkapi surat-surat jual beli. Jangan lupa untuk menyimpan arsip jual beli yang telah anda lakukan sebagai bukti.

Check Kenyamanan Berkendara Dengan Test Drive

`Point terakhir yang harus anda perhatikan saat membeli mobil bekas berkualitas adalah melakukan test drive untuk menguji kenyamanan berkendara. Lakukan test drive dengan memperhatikan fungsi rem, tempat duduk, dan sabuk pengaman. Jika saat test drive anda merasa tidak nyaman, sebaiknya anda mengurungkan niat untuk membeli mobil tersebut. Namun, jika saat test drive anda merasa sangat nyaman, maka anda dapat membeli mobil tersebut dan melakukan negoisasi harga dengan pemilik.

So, itulah point list yang wajib anda perhatikan saat membeli mobil bekas yang berkualitas. Agar mendapatkan mobil bekas yang berkualitas, jangan terburu-buru saat anda membelinya. Perhatikan terlebih dahulu kondisi mobil. Jika perlu, lakukan negoisasi harga dengan pemilik, agar anda tidak merogoh kantong yang dalam saat membeli mobil.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top