Tips

Mau Berangkatkan Orangtua Naik Haji? Ini Cara yang Bisa Anda Lakukan

Haji

Beribadah haji memang akan menjadi impian dan cita-cita bagi setiap kaum muslim. Bagi mereka atau Anda yang memiliki orang tua yang belum bisa menunaikan ibadah haji, tentu akan menjadi beban tersendiri. Maka dari itu kemudian keinginan untuk bisa memberangkatkan haji orangtuanya akan semakin besar. Tapi untuk bisa memberangkatkan haji orangtua ini tentu bukan perkara yang sederhana. Sebab, biaya untuk berangkat haji ini terbilang besar dan tak jarang mengalami kenaikan setiap tahunnya. Jika sudah seperti ini lalu bagaimana caranya untuk bisa memberangkatkan haji orangtua? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Membuka Tabungan Haji

Pertama, cara untuk bisa memberangkatkan haji orangtua adalah dengan membuka tabungan haji. Dengan membuka tabungan khusus haji ini maka Anda bisa lebih fokus mengumpulkan dana yang digunakan untuk memberangkatkan orangtua pergi haji. Tabungan haji memang dirancang bagi siapa pun yang ingin berangkat haji. Saat tabungan Anda dirasa cukup, maka Anda akan bisa mendapatkan kursi untuk kuota naik haji. Selain itu dengan membuka tabungan haji ini Anda juga bisa mendapatkan fasilitas lain seperti asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan. Dengan fasilitas tersebut tentu Anda akan semakin aman dan nyaman untuk bisa mengumpulkan dana untuk pergi haji bagi kedua orangtua.

  1. Konsisten dalam Menabung

Setelah membuka rekening tabungan haji, langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan untuk bisa memberangkatkan haji adalah dengan konsisten menabung. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa untuk bisa mendapatkan jatah kursi atau kuota haji maka Anda diharuskan untuk memenuhi jumlah atau nominal tabungan tertentu yang ditentukan. Maka dari itu untuk bisa mendapatkan jumlah tabungan yang cukup guna memperoleh kursi atau kuota haji dengan segera, maka Anda harus rajin menabung. Pastikan Anda bisa menyisihkan penghasilan yang ada untuk tabungan haji ini setiap bulannya. Dengan rajin atau konsisten menabung maka Anda akan lebih berpeluang untuk bisa cepat memberangkatkan haji orangtua.

  1. Patungan dengan Anggota Keluarga Lain

Berikutnya, cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa memberangkatkan haji orangtua adalah dengan menjalankan patungan dengan anggota keluarga lain. Bila Anda merasa keberatan dengan biaya sendiri untuk memberangkatkan orangtua, maka Anda bisa mengajak anggota keluarga lain untuk saling membantu. Untuk menjalankan cara ini tentu Anda terlebih dahulu harus mengajak berdiskusi anggota keluarga yang akan Anda ajak patungan. Bila memang mereka setuju, maka Anda pun bisa melanjutkan cara ini dengan menentukan besaran biaya per-bulan untuk masing-masing anggota keluarga yang bisa disimpan untuk tabungan haji orangtua. Dengan cara patungan bersama-sama anggota keluarga untuk mengumpulkan dana haji bagi orangtua, maka biaya yang ada akan terasa ringan karena dipikul bersama.

  1. Mencari Penghasilan Tambahan

Bila memang tidak ada bantuan dari anggota keluarga yang bisa diajak patungan, maka Anda memang harus berjuang sendiri. Tapi jangan khawatir, Anda yang punya tujuan baik untuk memberangkatkan haji orangtua akan mendapatkan jalannya. Untuk itu karena Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk menabung tabungan haji orang tua maka Anda harus mencari penghasilan tambahan. Penghasilan tambahan ini sendiri bisa Anda dapatkan dengan beberapa cara seperti kerja lembur, mencari kerja sampingan, berbisnis atau mencari kerja freelance. Dengan mendapatkan penghasilan tambahan tersebut maka Anda akan bisa mendapatkan dana untuk tabungan haji orangtua setiap bulannya.

  1. Menerapkan Gaya Hidup Hemat

Terakhir, cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa memberangkatkan haji orangtua adalah dengan berhemat. Dengan kebutuhan dan pengeluaran yang semakin banyak serta penghasilan yang tetap, maka mau tak mau Anda memang harus berhemat. Ini adalah cara dan solusi yang bisa Anda jalankan bila tidak mencari penghasilan tambahan dan juga tidak bisa mendapatkan dana patungan dari anggota keluarga. Dengan gaya hidup hemat maka Anda akan bisa mendapatkan dana untuk bisa digunakan untuk menabung pada tabungan haji orangtua. Meski Anda harus berhemat, tapi dengan tujuan yang baik yakni memberangkatkan orangtua maka Anda akan bisa mendapatkan keberkahan dan juga jalan lain yang tak disangka-sangka untuk mendapatkan biaya tersebut.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top