StartUp dan UKM

Mau Berbisnis Makanan Kaleng? Kenali Dulu Simbol Pada Kemasannya

Mau Berbisnis Makanan Kaleng? Kenali Dulu Simbol Pada Kemasannya– Bisnis kuliner memang tidak ada matinya walau telah berganti zaman. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Hal ini pula yang mendasari industri makanan dan minuman terus bertahan diberbagai kondisi ekonomi.  Produk makanan kaleng pun berhamburan mulai dari mie instan beragam rasa hingga bumbu masakan kini mudah ditemukan.

Anda mungkin salah satu pebisnis yang juga ingin membuka usaha dibidang ini?Jika iya tentunya anda perlu mengetahui beberapa hal terkait kemasan makanan. Bila sebelumnya anda telah mempelajari terkait poin – poin yang perlu disertakan pada label makanan kini saatnya anda menambah wawasan dengan mengetahui simbol – simbol yang ada pada kemasan makanan.

OU

Tanda U didalam lingkaran merupakan bermakna OU atau Union of Orthodox. Lambing seperti ini kerap anda jumpai pada kemasan minuman bersoda seperti Coca – Cola ataupun Nestle dan produk lainnya. Simbol ini memiliki makna bahwa makanan tidak mengandung susu maupun daging atau merupakan produk netral.

OU-D

Selain OU ada juga simbol lainnya yakni OU-D. berlawanan dengan simbol OU makna dari tanda ini ialah makanan atau minuman yang anda gunakan ialah merupakan produk susu. Tentunya anda sering melihat tanda ini pada kemasan susu formula, UHT ataupun susu bubuk.

OU-F

Simbol selanjutnya ialah OU-F yang berarti produk yang anda pilih terbuat dari bahan – bahan ikan. Simbol satu ini juga sering anda jumpai pada kemasan sarden ikan, abon hingga sosis atau frozen food.

OU-M

Simbol OU-M  atau Union of Orthodox – Meat bermakna produk tersebut mengandung unsure daging. Ada pula yang bersimbol OU-Glatt yang merupakan simbol untuk makanan yang terdapat unsure daging babi. OU-M digunakan untuk produk yang memiliki kandungan daging ayam, sapi, kambing dan lain sebagainya yang umum dikonsumsi kecuali babi.

Adanya simbol – simbol ini tentu saja memberikan manfaat bagi masyarakat. Manfaat – manfaat tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :

  1.  Makanan atau minuman yang memiliki simbol ini tentu saja membantu para vegetarian yang ingin mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung daging.
  2. Beberapa orang yang alergi terhadap susu juga bisa aman mengkonsumsi makanan atau minuman berlabel OU.
  3. Untuk umat muslim tentu sangat terbantu agar tidak keliru memilih produk yang diharamkan oleh agama mereka.
  4. Seseorang yang hendak berdiet dan menerapkan gaya hidup sehat juga terbantu akan simbol makanan dan minuman ini.

Adanya simbol semacam ini mampu memberikan rasa aman bagi konsumen dan meningkatkan kepercayaan serta reputasi dari produsen itu sendiri. simbol ini sering disebut dengan simbol Hechsher yang telah tersertifikasi dan memenuhi persyaratan Kosher. Kosher ialah istilah hukum makanan bagi agama Yahudi dan jika diterjemahkan dari kamus mengandung makna halal.

Untuk mendapatkan simbol – simbol ini bukanlah perkara mudah sebab anda harus mampu memenuhi standar kualitas yang telah diterapkan serta dapat mempertahankan praktif manufaktur terbaik. Tak heran jika untuk mendapatkan sertifikasi Hechsher sangat sulit karena tak hanya bahan – bahannya saja yang diawasi namun juga peralatan yang dipakai.

Produk dan peralatan haruslah terjamin bersih dan dalam hukum Kosher produk terbagi atas tiga jenis. Tiga klasifikasi itu ialah daging, susu dan makanan netral yang sering disebut dengan pareve. Pareve ini ialah makanan yang tak mengandung susu atau daging. Simbol OU merupakan yang tergolong kedalam pareve.  Anda yang ingin mengembangkan produk anda hingga mancanegara tentu harus paham tentang simbol ini dan hukum Kosher.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: