Peluang Usaha

Mau Bisnis Kedai Kopi? 6 Perusahaan Ini Bisa Anda Jadikan Inspirasi

kedai-kopi

Usaha atau bisnis kedai kopi sekarang ini memang sedang marak di mana-mana. Tren minum kopi yang semakin digemari banyak pihak menjadi penyebab mengapa bisnis kedai kopi ini terus bermunculan. Untuk membangun bisnis kedai kopi yang sukses, tentu pengusahanya harus punya inspirasi yang sukses juga. Inspirasi bisnis kedai kopi yang sukses ini nantinya akan menjadi pedoman bagi Anda untuk menjalankan usaha. Nah berikut ini adalah beberapa brand kedai kopi dan perusahaan yang telah sukses dan dapat Anda jadikan inspirasi berbisnis.

  1. Starbucks

Pertama, brand kedai kopi yang telah sukses dan bisa Anda jadikan inspirasi dalam usaha adalah starbucks. Kedai kopi yang satu ini memang sudah sangat populer di mana-mana. Bahkan ada yang menyatakan kedai kopi starbucks adalah brand kedai kopi ternama di dunia dengan gerainya mencapai lebih dari 26.696 di seluruh dunia. Dengan banyaknya gerai kopi tersebut, Starbucks bahkan telah mampu mencapai pendapatan sebesar 22 miliar dolar pada tahun 2017 silam. Kedai kopi yang muncul pertama kali di Seattle, Amerika Serikat tahun 1971 ini memang begitu prestisius. Di kota besar, seperti Jakarta, kedai kopi yang didirikan Jerry Baldwin, Zev Siegl, dan Gordon Bowker tersebut selalu menjadi tempat pelepas penat yang dituju oleh para pekerja selepas pulang kantor.

  1. Dunkin Donuts

Berikutnya, brand atau perusahaan kedai kopi yang bisa Anda jadikan inspirasi karena kesuksesannya adalah Dunkin Donuts. Meski bernama Dunkin Donuts dan juga menjual donat, namun brand ini juga dikenal sebagai kedai kopi yang populer. Dengan jumlah gerai yang saat ini telah mencapai lebih dari 11.300 di 36 negara, Dunkin Dounts memang terbilang telah sukses. Dari jumlah gerai yang ada, Dunkin Donuts sendiri telah mampu meraih pendapatan mencapai 870 juta dollar atau sekitar Rp 1,3 Triliun. Kesuksesan perusahaan yang didirikan oleh William Rosenberg tahun 1950 di Quincy, Massachusett, Amerika ini pastinya bisa Anda jadikan inspirasi saat menjalankan bisnis dengan bidang yang sama.

  1. The Coffee Bean & Tea Leaf

Nama brand kedai kopi ini sudah bisa kita jumpai di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta dan Bandung. Kedai yang didirikan oleh dua bersaudara Mona Hyman dan Herbert Hyman tahun 1963 ini memang sudah cukup mendunia. Setidaknya gerainya sudah mencapai 1.000 yang tersebar di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Nah dari sini maka The Coffee Bean & Tea Leaf yang berasal dari Los Angeles, Amerika Serikat tersebut, sangat mumpuni untuk Anda jadikan inspirasi untuk berbisnis dengan konsep yang sama.

  1. Coffee Beanery

Meski di Indonesia perusahaan ini tidak begitu dikenal, namun brand kopi asal Michigan, Amerika sudah go global. Didirikan oleh JoAnne dan Julius Shaw tahun 1976, Coffe Beanery saat ini telah mampu melebarkan gerainya hingga 100 gerai di Amerika dan 20 gerai di negara luar Amerika. Dengan pencapaian tersebut, Coffe Beanery pun mampu meraih pendapatan hingga14 juta dollar atau sekitar Rp. 210 miliar setahun pada tahun 2010 silam. Dengan pencapaian tersebut maka Anda pun bisa menjadikan Coffe Beanery sebagai inspirasi usaha.

  1. Tully’s

Dengan pendapatan yang telah mencapai 36 juta dollar  atau Rp 540 miliar di tahun 2012, tentu kedai kopi ini tak bisa dipandang remeh. Pendapatan yang diraih Tully’s sendiri berasal dari kedainya yang telah tersebar di beberapa negara hingga mencapai 600 gerai. Nah dari sini maka Anda yang berencana akan membuka bisnis kedai kopi bisa menjadikan Tully’s yang didirkan di Seattle, Wahsington, Amerika tahun 1992 ini sebagai inspirasi.

  1. Peet’s

Selanjutnya, kedai kopi sukses untuk Anda jadikan inspirasi adalah Peet’s. Kedai kopi yang berdiri tahun 1 April 1966 terbilang sebagai salah satu kedai tertua di dunia. Meski sudah sangat lama malang melintang di dunia bisnis kedai kopi, Peet’s sanggup sukses dengan kepemilikan lebih dari 193 gerai di Amerika. Dengan jumlah gerainya tersebut maka kedai kopi yang baru saja melebarkan sayap usahanya ke Shanghai, China ini mampu meraih pendapatan hingga 800 juta dollar atau sekitar Rp. 1,2 Triliun. Tentu dari sini Anda pun bisa menjadikan Peet’s sebagai inspirasi bisnis kedai kopi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top