StartUp dan UKM

Mau Buka Bisnis Kuliner Warung Tenda? Ini 6 Hal Penting yang Harus Anda Perhatikan

 

bisnis_kuliner_warung_tenda

Warung tenda memang identik dengan bisnis UMKM berkonsep kuliner kaki lima. Meski hanya merupakan bisnis kecil, warung tenda bisa saja mendatangkan omset besar jika dikelola dengan baik. Lihat saja bagaimana beberapa bisnis kuliner warung tenda yang sudah populer di kota besar. Dengan nama yang sudah dikenal banyak orang, bisnis kuliner warung tenda ini setiap harinya bisa didatangi oleh ratusan pembeli. Dari sini maka bisnis kuliner berkonsep warung tenda dapat diperhitungkan untuk dijalankan. Namun supaya bisnis kuliner warung tenda yang Anda jalankan berjalan sukses, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Berikut setidaknya tujuh hal penting yang harus diperhatikan pebisnis yang akan menjalankan bisnis kuliner berkonsep warung tenda.

  1. Jual Menu yang Disukai Masyarakat

Hal penting pertama yang harus Anda perhatikan ketika menjalankan bisnis kuliner berkonsep warung tenda adalah menu jualan. Jadi agar laris manis didatangi pembeli, cobalah menjual menu kuliner baik itu makanan atau minuman yang disukai masyarakat. Begitu beragamnya menu kuliner yang bisa Anda jual memang membuat Anda harus selektif memilih satu menu yang tepat. Nah pilihan yang tepat dan mumpuni untuk bisnis kuliner berkonsep warung tenda adalah menu favorit masyarakat. Sebab dengan menjual menu favorit masyarakat, Anda akan berpeluang untuk mendapatkan pembeli dalam jumlah besar.

  1. Pastikan Lokasi Usaha yang Baik dan Nyaman

Berikutnya, hal penting yang harus Anda perhatikan saat membuka bisnis kuliner berkonsep warung tenda adalah lokasi usaha. Tak jarang memang beberapa warung tenda yang ada tidak memperdulikan lokasi asal strategis meski menempatkan usahanya di dekat tempat yang jorok. Tentu hal ini bukanlah sesuatu yang baik. Sebab bisnis Anda berbasis kuliner yang merupakan urusan lidah dan perut konsumen. Maka dari itu dalam pemilihan lokasi, pastikan Anda memilih lokasi yang baik, nyaman dan juga strategis.

  1. Tetapkan Harga yang Masuk Akal

Karena warung tenda ini termasuk bisnis kelas menengah ke bawah, maka Anda harus memahami kategori dari bisnis tersebut. Jadi Anda harus memikirkan dengan betul harga menu yang Anda berikan. Jangan sampai harga yang Ada hadirkan terlalu mahal. Sebab bila harga jual kuliner warung tenda Anda mahal maka hal ini akan membuat pembeli berpikir berkali-kali untuk datang membeli ke warung Anda. Jadi sebelum menentukan harga, pastikan harga yang Anda berikan nantinya merupakan harga pasar yang tidak memberatkan masyarakat untuk membeli.

  1. Perhitungkan Jumlah Masakan yang Dimasak Per Hari

Bisnis kuliner merupakan usaha yang produknya paling cepat mengalami kadaluarsa. Dari sinilah maka Anda harus berhati-hati saat memperhitungkan jumlah menu yang harus dimasak setiap harinya. Sebab bila Anda memasak menu yang lebih dan ternyata tidak habis, maka hal ini bisa membuat Anda mengalami kerugian karena menu yang harus dibuang. Maka dari itu agar bisnis kuliner warung tenda ini bisa mencapai omset yang menguntungkan, maka Anda harus mampu menghitung jumlah masakan yang akan dimasak setiap harinya.

  1. Selalu Tingkatkan Kualitas

Sama seperti bisnis-bisnis lainnya, usaha kuliner warung tenda juga perlu memperhatikan kualitas menunya. Kualitas pertama yang paling harus diperhatikan adalah rasa. Rasa memang selalu menjadi faktor utama dalam bisnis kuliner untuk terus bertumbuh. Jika kualitas rasa yang dihadirkan kurang baik maka 50% lebih faktor kesuksesan bisnis kuliner warung tenda tidak akan tercapai. Jadi jangan pernah main-main soal rasa dalam bisnis ini. Selain rasa, kualitas yang dapat Anda tingkatkan dalam bisnis kuliner warung tenda adalah kenyamanan tempat, layanan dan lain-lain.

  1. Hitung Untung dan Rugi dengan Tepat

Selanjutnya, hal penting yang harus Anda perhatikan dalam bisnis kuliner berkonsep warung tenda adalah perhitungan untung dan rugi. Dalam bisnis apapun, termasuk usaha kuliner berkonsep warung tenda, maka keuntungan atau profit akan selalu menjadi tujuan utama. Agar bisnis selalu bertumbuh maka kondisi keuangan usaha harus selalu dipantau. Baik bisnis sedang mendapati profit atau laba, Anda sebagai pengusaha wajib untuk mencatat dan menghitungnya. Pencatatan dan penghitungan ini dilakukan agar keadaan finansial bisnis tetap sehat selalu sehingga pertumbuhan dan berkembang pun dapat tercapai.

Demikianlah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan ketika membuka bisnis kuliner warung tenda. Namun untuk bisa benar-benar meraih sukses dalam bisnis ini, Anda harus berjuang dengan sungguh-sungguh dan juga menjalankan tips-tips di atas dengan penuh konsistensi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top