Peluang Usaha

Mau Buka Cafe? Ini 5 Tips yang Harus Anda Lakukan

bisnis-cafe

Cafe adalah tempat kekinian yang saat ini semakin digemari masyarakat, terutama kalangan kaum muda. Dengan sentuhan dekorasi yang tepat menjadikan cafe sebagai tempat nongkrong yang nyaman dan membuat betah para pengunjungnya. Ditambah lagi dengan suguhan menu yang dihadirkan membuat cafe semakin menarik. Dari tren nongkrong yang terus berkembang inilah maka siapapun yang ingin membuka bisnis cafe memang akan mendapat peluang yang besar. Dari sinilah kemudian bisnis cafe bermunculan di mana-mana. Tapi agar bisnis cafe Anda sukses, tentu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan cermati. Nah berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika akan membuka cafe.

  1. Pilih Lokasi Usaha yang Ramai

Pertama, tips untuk Anda yang ingin membuka cafe adalah memilih lokasi usaha yang ramai. Untuk mendapatkan pengunjung yang banyak, maka mau tak mau memang Anda harus menempatkan cafe di lokasi yang ramai. Contoh beberapa lokasi usaha yang tepat untuk membuat bisnis cafe selalu ramai didatangi pengunjung adalah dekat perkantoran, dekat kampus atau sekitar pusat perbelanjaan. Tentu beberapa contoh lokasi tadi perlu Anda sesuaikan dengan budget. Bila memang dana Anda tidak mampu untuk mendapatkan tempat di dekat pusat perbelanjaan maka tempat di sekitar kampus juga tak salah untuk dipilih sebagai tahapan awal.

  1. Sajian Kenyamanan yang Optimal

Cafe memang dikenal dan identik sebagai tempat nongkrong. Nah karena merupakan tempat nongkrong maka Anda yang ingin membuka bisnis cafe harus menciptakan tempat yang nyaman bagi pengunjung. Semakin nyaman cafe Anda maka semakin baik dan potensial untuk bisnis Anda tersebut. Untuk menghadirkan kenyamanan pada cafe, Anda bisa menghadirkan beberapa perlengkapan seperti kursi dan meja yang nyaman, wifi, dan juga ruangan yang sejuk. Cobalah juga untuk membuat ruangan khusus merokok dan ruangan tanpa kegiatan merokok. Dengan adanya ruangan yang terpisah ini maka pengunjung yang tidak merokok akan merasa nyaman karena tidak terganggu dengan asap rokok.

  1. Dekorasi Cafe Semenarik Mungkin

Berikutnya, tips untuk membuka bisnis cafe adalah dengan melakukan dekorasi yang semenarik mungkin. Cafe yang umumnya pengunjungnya adalah kaum muda memang membuat Anda harus melakukan dekorasi ruangan yang menyesuaikan target pasar Anda. Kaum muda yang saat ini merupakan generasi milenial adalah mereka yang bertipe visual. Ditambah lagi dengan munculnya tren fotografi maka membuat keberadaan cafe yang memiliki dekorasi unik akan sangat digemari. Jadi dari sini Anda tak perlu ragu untuk melakukan dekorasi cafe Anda. Ini karena dengan dekorasi yang menarik maka Anda akan dapat menarik lebih banyak konsumen untuk datang.

  1. Jangan Lupakan Suguhkan Menu yang Nikmat

Karena bisnis Anda tergolong atau termasuk bisnis food and beverage maka tentu sajian menjadi sesuatu yang juga tak kalah pentingnya. Bagaimana mungkin konsumen Anda akan datang kembali bila kemudian manu di cafe Anda tidak enak. Nah maka dari itu sajian menu di cafe Anda juga perlu diperhatikan. Hadirkan menu yang enak dan nikmat dilidah. Sebelum disajikan kepada pengunjung, lakukan tester dulu pada beberapa orang untuk dinilai apakah menu tersebut sudah enak atau tidak. Jika ternyata dalam tester tersebut banyak yang menilai belum enak, maka Anda harus terus berusaha memperbaikinya dengan mengolah lagi menggunakan resep yang berbeda.

  1. Hadirkan Pelayanan yang Ramah dan Memuaskan Konsumen

Terakhir, tips membuka bisnis cafe yang harus Anda lakukan adalah dengan menghadirkan pelayanan yang ramah dan memuaskan. Meski bukan seratus persen bisnis dibidang layanan jasa, namun pengunjung yang datang ke cafe Anda juga harus Anda layani. Nah dari sinilah maka Anda juga harus melayani para pengunjung yang datang dengan ramah. Tingkat kepuasan mereka tentu menjadi indikator baik tidaknya pelayanan yang diberikan. Jadi jangan sampai Anda melupakan hal terkait pelayanan ini jika ingin cafe Anda tumbuh dengan baik hingga meraih kesuksesan. Agar bisnis cafe Anda bisa melayani konsumen dengan baik maka rekrutlah karyawan yang memiliki sikap dan karakter yang baik dan mudah bersahabat dan bergaul.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top