Lainnya

Mau Cari Supplier untuk Bisnis yang Murah? Coba Lakukan 4 Hal Ini

cara-dapatkan-supllier-murah

Bagi Anda yang menjalankan bisnis dengan kebutuhan bahan produksi, tentu keberadaan supplier menjadi sesuatu yang sangat penting. Sebab dari supplier inilah maka ketersediaan bahan untuk produksi akan ditentukan. Jadi dari sini maka bila tidak ada supplier, roda usaha Anda pun bisa saja tidak bergerak. Keberadaan supllier sendiri bisa bermacam-macam tipe. Ini karena ada supplier yang menguntungkan karena harga yang diberikan murah dan ada juga supplier yang membuat usahamu tidak maju-maju karena harga yang diberikan cukup mahal. Nah untuk itulah mencari supplier yang memberikan harga murah adalah hal yang penting. Tapi bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan supplier yang murah? Jangan khawatir, dengan beberapa cara berikut ini Anda akan bisa mendapatkan supplier murah yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis dengan maksimal.

  1. Rajin Berkunjung Ke Pameran dan Bazaar Bisnis

Cara dan hal pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa mendapatkan supplier bisnis yang murah adalah dengan rajin berkunjung ke pameran dan bazaar bisnis. Di ajang pameran atau bazaar bisnis ini tentu Anda akan menjumpai beberapa stand yang dimiliki oleh beberapa pebisnis atau supplier. Nah dari sinilah Anda bisa berkunjung ke beberapa stand tersebut untuk melihat-lihat produk dan harganya. Dari banyaknya stand yang ada di pameran atau bazaar, tentu kemungkinan Anda bertemu supplier yang cocok akan besar. Asal Anda serius mencari dan tak malu bertanya serta menawar maka peluang Anda bertemu supplier murah akan terbuka lebar. Saat Anda merasa cocok dengan produk dan harga pada sebuah stand, cobalah untuk bertemu pemiliknya dan coba lakukan kerjasama menjadi supplier untuk bisnis Anda.

  1. Mendatangi Sentra Industri

Berikutnya, cara dan hal yang dapat membuat Anda memperoleh supplier bisnis yang murah adalah dengan mendatangi sentra industri. Bisnis Anda yang berada di lokasi sekitaran sentra industri memang akan sangat memungkinkan Anda mendapatkan supplier murah. Ini karena sentra industri yang merupakan indutri hulu dan UMKM, harga yang ada terbilang lebih terjangkau. Maka cobalah mulai sekarang pikirkan sentra industri mana yang berhubungan dengan bisnis Anda. Setelah menemukan jenis sentra industri yang sesuai bisnis Anda, cobalah untuk mencari tempat atau sentra industrinya. Setelah menemukannya, cobalah untuk mendatangi dan kemudian mengajak salah satu pelaku usaha di sentra industri tersebut untuk bekerjasama sebagai supplier.

  1. Bergabung ke Komunitas Bisnis

Saat ini dengan semakin berkembangnya pola ikatan kelompok dalam bentuk komunitas, menjadikan Anda memiliki peluang untuk mendapatkan supplier murah. Caranya, cobalah untuk bergabung dengan komunitas bisnis. Ketika Anda bergabung dengan komunitas bisnis maka Anda akan bertemu dengan beberapa pengusaha lain yang bisa jadi produknya merupakan bahan produksi bisnis Anda. Saat produknya ternyata cocok dan harganya terbilang murah, tentu hal ini akan menjadi kesempatan emas untuk Anda menjalin kerjasama untuk menjadi supplier bisnis Anda. Guna bisa mendapatkan supplier yang sesuai, maka cobalah jika memang ada untuk bergabung ke komunitas bisnis yang spesifik dibidang usaha Anda.

  1. Memperluas Informasi dan Relasi

Terakhir, cara dan hal yang bisa Anda lakukan supaya mendapatkan supplier dengan harga murah yakni dengan memperluas informasi dan relasi. Sebagai pebisnis sejati memang sudah seharusnya memiliki pola pikir yang luas untuk memperluas informasi. Selain itu pebisnis sejati juga seharusnya memiliki jaringan relasi yang luas. Dengan infomasi dan jaringan relasi yang luas, Anda memang akan berkesempatan lebih besar untuk mendapatkan supplier yang murah. Semakin luas informasi yang Anda dapatkan dan semakin besar jaringan relasi yang dimiliki, maka peluang memperoleh supplier murah pun yang semakin nyata. Untuk bisa memperluas informasi sendiri Anda harus lebih banyak membaca. Sementara itu untuk bisa memperluas relasi, maka Anda harus lebih membuka diri pada orang lain.

Itulah beberapa cara dan hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan supplier yang murah. Tapi untuk benar-benar membuat Anda bisa mendapatkan supplier yang murah, maka kegigihan dan ketekunan Anda menjadi kekuatan utamanya. Karena beberapa cara di atas memang akan efektif bila Anda menjalankannya dengan penuh konsistensi dan disiplin.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top