StartUp dan UKM

Mau Ciptakan Brand atau Merk Bisnis Sendiri? Pastikan 6 Hal ini Tidak Anda Lewatkan

brand-sendiri

Ketika berbisnis, seorang entrepreneur memang harus menghadirkan brand atau merk dalam usahanya. Dari adanya brand ini nantinya sebuah bisnis akan dikenal oleh masyarakat luas. Karena memiliki dampak yang besar pada popularitas usaha, maka ketika menciptakan brand, pebisnis tidak boleh sembarangan. Alih-alih membuat brand bisnis dengan sembarangan, Anda harus memastikan tujuh hal ini ketika membuat brand usaha.

  1. Mengenali Bisnis dengan Baik

Pertama, hal yang tak boleh terlewatkan saat menciptakan brand bisnis adalah pengenalan yang mumpuni terhadap bisnis itu sendiri. Sebelum menciptakan brand, Anda memang sudah harus memahami dengan baik bisnis Anda. Pengenalan ini sendiri haruslah mendalam termasuk pada visi dan misi bisnis atau perusahaan. Ketika Anda mampu mengenali bisnis Anda dengan baik maka untuk menciptakan brand atau merk bisnis akan lebih mudah untuk dilakukan. Pasalnya dengan pengenalan bisnis yang baik maka Anda akan memiliki pengetahuan dan pemahaman personal branding yang mumpuni dan menggambarkan bisnis.

  1. Buatlah Nama Merek yang Unik dan Mudah Diingat

Seperti memberi nama seorang anak, dalam pemberian nama brand, Anda juga tak bisa main-main. Karena tujuan branding bisnis ini adalah penjualan yang tinggi, maka usahakan untuk membuat nama yang mudah diingat. Nama brand yang mudah diingat memang akan sangat berguna untuk pemasaran. Pasalnya dengan nama brand yang mudah diingat membuat konsumen akan lebih mudah ketika akan membeli produk Anda. Tapi sebaliknya, bila nama brand produk Anda sulit diingat, maka hal ini akan membuat konsumen bisa jadi akan tidak jadi membeli produk Anda. Ketika produk Anda tidak jadi dibeli hanya gara-gara kesulitan mengingat produk Anda, tentu hal ini akan merugikan perusahaan atau bisnis.

  1. Membeli Domain yang Sesuai

Di zaman yang serba canggih seperti ini, bisnis online memang sudah bukan lagi hal yang asing. Nah karena itulah, Anda yang ingin menumbuhkan bisnis sudah seharusnya juga meng-online-kan bisnis Anda. Nah berkaitan dengan pembuatan brand dalam dunia online ini maka Anda harus tepat memilih domain. Domain sendiri adalah nama yang diberikan untuk alamat website bisnis Anda. Nah supaya brand bisnis Anda berkembang dengan baik, maka penerapan domain yang tepat haruslah diperhatikan. Domain yang tepat untuk pengembangan brand bisnis sendiri adalah yang sesuai dengan nama bisnis Anda. Dengan nama domain yang sesuai dengan nama bisnis maka hal ini akan memudahkan konsumen atau netizen ketika mencari bisnis Anda di internet. Ketika bisnis Anda gampang dan mudah ditemukan, maka hal ini akan semakin membuat bisnis cepat bertumbuh.

  1. Pastikan Nama Akun Media Sosial yang Sesuai

Selanjutnya, hal yang tak boleh Anda lewatkan saat akan menciptakan brand atau merk bisnis adalah akun media sosial yang sesuai. Maksudnya adalah ketika nama brand sudah didapatkan, pastikan Anda mengaplikasikan nama ini juga pada nama akun yang ada di media sosial. Jadi saat Anda membuat akun media sosial (baik itu Facebook, Twitter, Instagram atau LinkedIn), pastikan namanya sesuai dengan nama brand yang telah tercipta. Nah jika sudah terjadi kesinambungan antara nama brand dengan nama akun media sosial, hal ini akan membuat bisnis Anda lebih cepat meningkat popularitasnya.

  1. Hadirkan Keunikan

Tidak hanya produk bisnis yang perlu unik, tapi brand atau merek yang ada juga perlu perlu dihadirkan keunikannya. Keunikan pada brand sendiri terlihat dari namanya yang tidak sama atau tidak mirip dengan nama-nama brand lainnya. Selain itu nama unik dari brand ini juga terlihat dari menariknya nama brand ketika disebut. Dengan keunikan nama brand yang Anda hadirkan maka akan ada feedback positif yang pastinya akan didapatkan oleh bisnis.

  1. Mintalah Kritik dan Saran

Terakhir, hal yang tak boleh terlewat ketika akan menciptakan brand bisnis adalah dengan meminta kritik dan saran. Bila Anda ingin profesional, maka meminta saran kepada ahli brading adalah hal yang tepat. Tapi bila memang Anda tak ada budget untuk mendatangkan ahli branding, maka Anda harus meminta masukan atau kritik kepada orang-orang disekitar Anda atau juga rekan bisnis Anda, tentang nama brand yang telah Anda ciptakan. Dari sini maka Anda akan bisa mendapat masukan yang tepat untuk brand yang telah Anda ciptakan untuk diperbaiki atau lanjut dipakai.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top