Lainnya

Mau Ciptakan Teamwork yang Solid? Jangan Lupakan 5 Faktor Penting Ini

tips-teamwork-solid

Memiliki teamwork yang solid tentu akan sangat menguntungkan bagi bisnis dan perusahaan. Ini dikarenakan dengan teamwork yang solid maka akan banyak pekerjaan di perusahaan yang menghasilkan sesuatu yang maksimal. Dengan hasil maksimal maka memang akan membuat bisnis atau perusahaan jadi memiliki keuntungan lebih. Dari keuntungan yang lebih inilah maka Anda bisa membuat perusahaan tumbuh dan berkembang lebih baik. Namun untuk bisa membuat teamwork yang solid di perusahaan memang bukan pekerjaan yang mudah. Setidaknya perbedaaan karakter dan kepribadian diantara karyawan bisa saja membuat teamwork terganggu. Tapi jangan pesimis dulu, sebab Anda bisa berusaha menciptakan teamwork yang baik dan solid dengan memperhatikan beberapa faktor penting berikut ini.

  1. Komunikasi yang Terjaga

Pertama, faktor penting untuk menghadirkan teamwork yang solid adalah dengan menjaga komunikasi. Komunikasi memang menjadi unsur utama untuk membangun teamwork. Jika komunikasi yang terjadi berlangsung kurang baik maka akan sulit bagi siapapun untuk menghadirkan teamwork yang solid. Dari sinilah maka Anda yang ingin menghadirkan teamwork yang solid harus mampu membuat komunikasi antar karyawan tetap berlangsung dengan baik. Pastikan selalu ada komunikasi mengenai project yang dikerjakan setiap harinya dari karyawan agar teamwork tetap solid diantara mereka dan juga Anda sebagai pemilik bisnis.

  1. Saling Menghormati

Dalam kerja tim memang dibutuhkan rasa saling menghormati diantara sesama karyawan. Rasa saling menghormati diantara karyawan ini bisa dilihat dari bagaimana Anda saling peduli atau respect diantara satu dengan lainnya. Diantara karyawan juga harus ada upaya saling mendukung satu sama lain. Sikap ini tentu bukan sebaliknya yaitu upaya saling menjatuhkan. Sebab bila karyawan sudah saling menjatuhkan dan tidak saling menghormati maka akan sulit bagi Anda untuk membangun teamwork yang solid. Salah satu cara untuk bisa membuat karyawan saling menghormati adalah menciptakan budaya perusahaan yang kuat yang di dalamnya mengandung unsur-unsur tentang kemanusiaan.

  1. Rasa Memiliki

Berikutnya, untuk menciptakan teamwork yang solid seseorang dalam hal ini dalam diri karyawan harus memiliki rasa memiliki perusahaan. Dengan munculnya rasa memiliki perusahaan dari karyawan maka memang otomatis mereka akan bekerja dengan giat baik itu secara individu atau teamwork. Untuk bisa membuat karyawan merasa memiliki bisnis dan perusahaan maka Anda harus bisa memberikan sebuah peran penting pada masing-masing karyawan. Pastikan Anda juga memberikan perasaan bangga pada mereka karena bisa bekerjasama bersama-sama membangun perusahaan. Anda juga perlu menghindari kata-kata mengklaim bahwa perusahaan adalah milik Anda semata. Sebaliknya pastikan Anda untuk sering mengatakan bahwa perusahaan ini adalah milik kita bersama agar mereka juga ikut merasa memiliki dan akhirnya bisa bekerja dengan teamwork yang baik.

  1. Fokus pada Tujuan Bersama

Untuk mencapai hasil teamwork yang baik maka dalam setiap akan mengerjakan sesuatu, karyawan haruslah berfokus pada tujuan bersama. Jika hanya bekerja untuk kepentingan pribadi maka mungkin siapa pun akan cepat menyelesaikannya. Tapi untuk menyelesaikan tugas pada kerja teamwork, maka tidak semudah itu. Sebab, ketika akan bekerja menyelesaikan tugas, seorang karyawan yang sedang bekerja teamwork harus berkoordinasi dulu dengan yang lain. Koordinasi ini jelas diperlukan agar apa-apa yang dikerjakan semua berakhir pada tujuan bersama yang telah ditetapkan. Nah, Anda sebagai pebisnis haruslah mengerti hal ini untuk kemudian menyampaikannya pada karyawan mengenai pentingnya koordinasi guna mencapai tujuan bersama yang baik.

  1. Membangun Rasa Percaya

Terakhir, faktor penting yang tidak boleh dilupakan saat ingin menciptakan teamwork yang solid di perusahaan adalah membangun rasa percaya. Kepercayaan antara satu karyawan dengan karyawan lainnya memang memiliki nilai tersendiri dalam kerja teamwork. Dengan sikap saling percaya maka pekerjaan atau project akan bisa terlaksana dengan baik dengan raihan hasil optimal. Rasa saling percaya sendiri menjadi tanda bahwa diantara karyawan terdapat teamwork yang solid. Setelah karyawan mendapat job-nya masing-masing maka mereka memang harus bertanggungjawab penuh dengan pekerjaannya tersebut. Dari sinilah kemudian dibutuhkan rasa saling percaya diantara karyawan dalam mengerjakan tugas atau project teamwork. Anda sebagai pebisnis juga sangat berperan dalam hal ini. Karena dari brief dari Anda maka mereka para karyawan seharusnya sudah langsung mengerti hakikat kerja teamwork di mana di dalamnya dibutuhkan rasa saling percaya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top