Peluang Usaha

Mau Coba Usaha Agribisnis? Jalankan 6 Usaha Agribisnis Menguntungkan Berikut Ini

Usaha agribisnis merupakan salah satu bisnis favorit yang dijalankan oleh masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan, kondisi alam di Indonesia sangat mendukung untuk bisa menjalankan bisnis yang satu ini. Selain itu, faktor lain yang menjadikan usaha agribisnis tumbuh dengan pesat adalah tidak membutuhkan modal besar. Usaha agribisnis sendiri diyakini mampu memberikan keuntungan yang berlipat ganda. Tidak heran, jika usaha agribisnis kian hari semakin menjamur. Namun, dari sekian banyaknya jenis usaha agribisnis yang menjanjikan. Setidaknya, ada beberapa jenis usaha agribisnis yang dapat dipercaya untuk memberikan keuntungan lebih besar lagi. Lalu, apakah jenis usaha agribisnis tersebut? Yuk, simak ulasan tentang 6 usaha agribisnis yang sangat menguntungkan berikut ini.

  1. Bisnis Jual Beli Bibit

Bisnis jual beli bibit memang sangat sulit untuk dijalankan, khususnya bagi Anda yang baru terjun ke dunia agribisnis. Namun tidak perlu khawatir, karena Anda bisa menjadi pembibit handal jika Anda mau dengan terus belajar serta mau menekuninya. Kesuksesan di bidang usaha ini memang bukan tidak mungkin terjadi jika bibit tanaman yang Anda hasilkan dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar yang bahkan sudah lama terjun ke dunia pembibitan. Apalagi, peluang bisnis bibit ini masih sangat luas. Karena, di lapangan masih banyak para petani yang membutuhkan bibit berkualitas. Dari sini, Anda bisa memanfaatkan peluang untuk menjalankan bisnis jual beli bibit yang menguntungkan.

  1. Bisnis Menanam Sayur-Sayuran

Belakangan ini, bisnis sayuran khususnya sayuran organik menjadi trend dikalangan masyarakat. Bisnis sayur-sayuran cepat berkembang, karena di zaman sekarang ini masyarakat lebih memproritaskan untuk kebutuhkan hidup sehat. Untuk bisa menjalankan hidup sehat tersebut, maka masyarakat dituntut untuk selalu mengkonsumsi sayur-sayuran yang bebas dari pestisida. Bisnis menanam sayuran juga sangat mudah dijalankan, sehingga siapapun bisa menjalankannya. Namun, Anda tetap harus berhati-hati terhadap teknik pemasarannya. Bahkan, tidak jarang biaya atau modal yang dikeluarkan untuk menjalankan bisnis sayur-sayuran ini lebih besar dibandingkan hasil yang didapatkan. Oleh karena itu, untuk menjalankan bisnis sayur-sayuran Anda harus tekun dan terus berlatih. Jika Anda mampu mengelolanya dengan baik, maka keuntungan yang didapatkan akan sangat besar dan menguntungkan.

  1. Bisnis Menanam Rempah-Rempah

Sejak dulu, Indonesia sudah dikenal sebagai salah satu penghasil rempah. Sampai sekarang pun, Indonesia  dikenal oleh dunia karena hasil rempahnya yang banyak. Hal ini dikarenakan, Indonesia memiliki iklim yang sangat cocok untuk ditanami rempah-rempah. Bahkan, hampir seluruh daerah di Indonesia sangat cocok untuk ditanami rempah-rempah. Kini, rempah-rempah menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Karena, rempah-rempah sangat diminati oleh negara lain baik dari benua Asia, Afrika maupun Eropa. Beberapa rempah yang cocok Anda jadikan ladang bisnis yaitu jahe, bawang merah, lengkuas dan lain sebagainya.

  1. Bisnis Budidaya Tanaman Buah

Untuk menjalankan bisnis budidaya tanaman buah, Anda bisa memulainya dengan membeli bibit tanaman yang berkualitas baik. Ada beberapa jenis tanaman buah yang cocok dijadikan sebagai lahan bisnis diantaranya budidaya pisang raja, kedondong, buah naga dan jeruk manis. Sedangkan, salah satu buah yang sangat menguntungkan untuk dipasarkan adalah buah durian. Apalagi, saat ini durian terdiri dari berbagai jenis yang rata-ratanya unggul dengan ciri-ciri buah yang tebal, besar dan rasanya legit atau manis. Inilah, salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan dan menguntungkan.

  1. Bisnis Budidaya Tanaman Obat

Beberapa tahun terakhir, konsumsi obat herbal mengalami peningkatan yang sangat pesat. Maka dari itu, bisnis budidaya tanaman obat secara tidak langsung juga mengalami pertumbuhan. Hal ini, membuat bisnis budidaya tanaman obat menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah sepi pelanggan. Ada beberapa jenis tanaman obat yang cocok dijadikan usaha agribisnis antara lain bunga rosela, jahe merah, lidah buaya, kunyit, temulawak, daun sirih dan masih banyak lagi. Selain bisa dijadikan usaha agribisnis yang menjanjikan, bisnis budidaya tanaman obat juga sangat mudah untuk dijalankan. Karena, Anda bisa menanamnya di pekarangan rumah. Bahkan, jika Anda tidak memiliki ladang yang luas Anda pun bisa menanamnya di karung saja.

  1. Bisnis Budidaya Jamur

Meskipun dianggap sepele, namun budidaya jamur patut Anda coba. Karena, peluang bisnis jamur konsumsi terbilang masih sangat menjanjikan. Selain permintaan konsumen yang sangat besar, pesaing yang menjalankan bisnis budidaya jamur pun masih sangat sepi. Berbagai jenis masakan mulai dari masakan sehari-hari, hingga masakan di restoran dan perhotelan membutuhkan bahan baku jamur segar untuk olahan makanannya. Hal ini membuktikan, bahwa olahan makanan dari jamur sangat digemari masyarakat.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: