Keuangan

Mau Hemat dalam Penerbangan Saat Liburan Akhir Tahun? Terapkan 7 Cara Ini

tiket-penerbangan-murah

Berlibur adalah kegiatan yang banyak dilakukan seseorang saat akhir tahun. Dalam menjalankan liburan sendiri tentu diperlukan moda transportasi. Salah satu moda transportasi yang sering digunakan pelancong untuk berlibur adalah pesawat. Dengan naik pesawat perjalanan liburan ke luar kota atau luar negeri memang akan bisa ditempuh dalam waktu yang lebih singkat. Sayangnya ketika menggunakan pesawat, kita harus mengeluarkan budget yang lebih besar. Dari sini kemudian membuat banyak orang jadi berpikir dua-tiga kali ketika akan melakukan perjalanan udara dengan pesawat. Sebenarnya ada cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat perjalanan Anda saat liburan dengan pesawat jadi lebih hemat. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

  1. Pesan Tiket Penerbangan Jauh Hari

Pertama, cara menghemat biaya liburan menggunakan pesawat adalah memesan tiket jauh-jauh hari. Dalam dunia dirgantara, tiket pesawat komersil harganya memang fluktuatif tergantung tingkat permintaan konsumen. Bila Anda memesan jauh-jauh hari maka Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah karena permintaan saat itu masih rendah. Tapi bila Anda memesan tiket satu-dua hari sebelum berangkat maka Anda harus membayar higga dua kali lipat. Jadi untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang murah, Anda mau tak mau harus memesannya jauh-jauh hari sekitar 2-3 bulan sebelumnya. Tapi untuk melakukan cara ini pastikan Anda sudah memutuskan tanggal keberangkatan yang sudah fix untuk liburan.

  1. Pilih Penerbangan Transit

Anda yang punya banyak waktu dan tidak terburu-buru untuk sampai tiba di tempat berlibur, memilih penerbangan transit akan membuat Anda mendapat harga tiket yang lebih murah. Penerbangan transit yang membutuhkan waktu tunggu memang membuat harganya relatif lebih murah dibanding penerbangan secara langsung.

  1. Menggunakan Multi-Maskapai

Bila sudah memilih penerbangan transit maka Anda masih bisa lagi menghemat pengeluaran penerbangan dengan cara memilih maskapai yang berbeda (multi-maskapai). Jadi misalnya ketika terbang pertama Anda menggunakan maskapai “X”, maka pada penerbangan kedua, Anda bisa memilih maskapai “Y”. Dengan memilih penerbangan transit dengan dua maskapai yang berbeda maka Anda bisa mendapatkan harga lebih murah.

  1. Terbang dari Bandara yang Kurang Populer

Berikutnya, cara untuk bisa menghemat biaya penerbangan untuk liburan adalah terbang dari bandara yang kurang populer. Biasanya kepopuleran bandara memang mempengaruhi harga tiket. Tapi untuk memastikannya Ada terlebih dahulu bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu di bandara, situs atau via Google Penerbangan. Di Google Penerbangan ini Anda bisa memilih opsi “bandara terdekat” untuk menjelajahi harga di bandara lain di sekitar Anda. Memilih bandara yang tidak terlalu populer membuat Anda tidak hanya akan mendapat harga murah, tapi Anda juga bisa terhindar dari antre yang berdesakan ketika boarding.

  1. Manfaatkan Kartu Anggota Maskapai atau Promo Kartu Kredit

Bila liburan telah menjadi agenda setiap tahun maka menggunakan kartu anggota maskapai bisa jadi alternatif untuk menghemat biaya penerbangan. Tidak hanya tiket murah, namun dengan menjadi anggota maskapai, Anda juga berhak memperoleh akses pelayanan ekstra, terlebih ketika transit di bandara. Selain kartu anggota maskapai, kartu lain yang juga menghadirkan tiket penerbangan dengan harga murah yakni kartu kredit. Dengan beberapa promo yang dihadirkan memang membuat Anda dengan kartu kredit berkesempatan mendapat harga murah.

  1. Manfaatkan Tiket Promo di Online

Selanjutnya, cara untuk bisa mendapatkan harga tiket penerbangan yang murah adalah dengan mencari tiket promo di media online. Biasanya media online yang paling banyak menghadirkan tiket promo penerbangan adalah website atau situs marketplace. Dua situs marketplace yang sering menawarkan tiket penerbangan promo adalah Tiket.com atau Traveloka. Untuk menjalankan cara yang satu ini dengan baik maka Anda harus rajin-rajin mengecek info promo dari website, aplikasi atau media sosial yang sedang populer.

  1. Mengurangi Barang Bawaan

Terakhir, cara untuk mendapati harga murah untuk penerbangan saat liburan adalah dengan mengurangi barang-barang bawaan. Barang-barang yang dibawa penumpang pesawat memang harus ditimbang dan dicek oleh pihak terkait. Jadi semakin banyak barang bawaan yang dibawa akan semakin besar biaya yang harus Anda bayar untuk biaya bagasi pesawat. Jadi bawa saja barang-barang seperlunya yang penting untuk liburan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top