StartUp dan UKM

Mau Jadi CEO Startup, Ini Dia Daftar Jurusan Yang Kerap Dipilih

Pendidikan bukan hanya mampu menambah wawasan, mengubah pola pikir namun juga merubah nasibmu sendiri. Tak heran banyak orang tua menyekolahkan anak mereka hingga bangku perkuliahan. Kelebihan universitas dibandingkan sekolah menengah ialah terdapat  beragam jurusan dari berbagai cabang ilmu yang membantu anda menemukan potensi diri. Tak sedikit pula jurusan yang membawa anda ke puncak kesuksesan seperti menjadi CEO startup terkemuka. Berikut ini ada beberapa jurusan yang banyak diambil oleh CEO perusahaan besar yang mungkin membuat anda tertarik untuk mempelajarinya juga .

MBA

MBA merupakan singkatan untuk master of business administration. Banyak sekali CEO dari perusahaan ternama mengambil jurusan ini untuk S2mereka. Ada beberapa kelebihan MBA dibandingkan jurusan lainnya khususnya dibidang bisnis. Kelebihan tersebut diantara menyediakan kemampuan manajemen bisnis yang lebih terarah  dan mengambil sudut pandang pemberi kerja atau perusahaan. Anda juga bisa mendapatkan saran dari para ahli tentang manajemen SDM. MBA mampu membawa anda ke tingkat yang lebih tinggi dari jabatan anda saat ini.

Beberapa CEO ternama yang mengambil gelar ini diantaranya ialah John Stumpf CEO dari Wells Fargo. Ia mengambil MBA dari university of Minnesota. CEO Johnson & Johnson yakni Alex Gorsky juga mengambil jurusan ini di The Wharton School.

Ilmu Komputer

Untuk anda yang gemar otak atik computer atau program bisa mencoba mengambil jurusan ilmu computer. Jurusan ini menekan mahasiswanya untuk berinovasi di dunia digital dan teknologi. Ilmu computer bukanlah jurusan yang mudah maka tak heran bila banyak yang lama lulus dari jurusan tersebut. CEO Facebook yaitu Mark Zuckenberg walau tak sampai lulus namun ia mengambil jurusan ilmu computer di Harvard University. Larry Page pendiri Google juga mengambil jurusan ini begitu pula co-foundernya yakni  Sergey Brin di University of Maryland.

Filsafat

Selain ekonomi dan computer ada pula jurusan filsafat yang mencetak CEO sukses yang dikenal dunia saat ini. Salah satunya ialah George Soros yang menjadi lulusan filsafat di LSE. London School of Economics atau biasa dikenal LSE, Oxford dan University of Cambridge dikenal sebagai kampus terbaik dalam belajar filsafat.  Belajar filsafat akan membentuk pribadi yang kritis, rasional dan berpikir logis. Anda juga dididik untuk independen serta mampu menganalisis setiap permasalahan sehingga mendapatkan solusi terbaik.

Teknik

Tak sedikit pula pengusaha sukses lahir dari jurusan teknik. CEO Microsoft misalnya yaitu Satya Nadella mengambil S1 dibidang teknik elektro dari Mangalore University. Tak hanya itu saja Rex W  Tillerson yang merupakan CEO Exxon Mobil juga mengambil jurusan teknik sipil dari University of Texas. Ia bahkan menjabat posisi CEO selama 4 dekade. CEO Apple yaitu Tim Cook juga pernah mengambil jurusan teknik industry dari Auburn University.

Hukum

Dari jurusan hokum juga banyak mencetak CEO sukses salah satunya Sumner M redstone direktur eksekutif CBS dan Viacom. Ia merupakan lulusan hokum dari Harvard University. Sekiranya terdapat 15 milyuner dunia yang berasal dari jurusan ilmu hokum versi majalah Forbes. Jadi jurusan hokum tak melulu berakhir menjadi pengacara namun juga bisa terjun dibidang bisnis.

Apapun jurusan anda saat ini yang terpenting dalam bisnis ialah kemauan dan keberanian. Kemauan untuk selalu belajar dan mengembangkan skill yang dimiliki. Keberanian untuk memutuskan keputusan dan bertindak.  Bagaimana sudahkah anda menentukan jurusan anda mulai dari sekarang setelah menyimak ulasan diatas?

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top