Peluang Usaha

Mau Jadi Peternak? Coba Pilih Deh Satu Dari Hewan Ini, Pasti Untung!

Mau Jadi Peternak? Coba Pilih Deh Satu Dari Hewan Ini, Pasti Untung! – Indonesia tidak hanya dikenal sebagai Negara agrarian saja namun juga kaya akan sumber daya nabatinya. Profesi sebagai peternak kini tak bisa dianggap enteng terlebih jika anda juga menjualnya secara online. Beternak online yang memadukan unsure teknologi dalam pemasarannya sangat membantu meningkatkan penjualan khususnya dikala hari – hari tertentu seperti Idul Adha. Anda mungkin juga salah satu orang yang memiliki niat untuk menjadi peternak?

Bagi pemula menjajal profesi ini tentu tidaklah mudah terlebih jika anda juga minim inormasi terkait hewan ternak apa yang paling diminati pasar. Jangan khawatir berikut terdapat beberapa hewan ternak yang selalu menjadi primadona dan berhasil memberikan keuntungan yang tinggi bagi pemiliknya:

  1. Ternak ayam

Ayam merupakan salah satu hewan yang kerap dijadikan lauk pauk maupun salah satu sajian utama dalam restauran. Tidak hanya dagingnya saja yang bisa anda panen namun juga telurnya yang dapat anda jual ke toko kelontong maupun dijual mandiri.  Selain itu kotorannya juga bisa dijadikan pupuk kandang yang mujarab menyuburkan tanah dan baik untuk tanaman.  Anda bisa mencoba beternak ayam boiler, jawa hingga ayam cermani yang nilainya bisa puluhan juta. Beberapa jenis ayam tidak diternakan untuk dikonsumsi tetapi sebagai hewan peliharaan. Ayam jenis ini malah memiliki nilai jual yang jauh lebih tinggi ketimbang ayam potong.

  1. Ternak sapi

Bagi anda yang memiliki modal lebih bisa mencoba menjadi peternak sapi. Harga sapi memang cukup mahal yakni berkisar diatas 10 juta rupiah per ekornya. Selain dagingnya anda juga bisa mencoba usaha susu bagi anda yang berniat menjadi peternak sapi perah. Pada hari khusus seperti idul adha harga sapi bisa melambung tinggi akibat naiknya permintaan untuk daging kurban. Bagi yang berniat untuk menjual secara online biasanya setiap sapi akan diberikan kode tersendiri pada telinganya seperti barcode barang dagangan di swalayan. Barcode ini akan meminimalisir tertukarnya hewan milik konsumen satu dengan konsumen lainnya.

  1. Ternak bebek

Selain sapi dan ayam anda juga bisa mencoba menjadi peternak bebek. Ada bisa menjual daging bebek ke restaurant – restaurant yang menyajikan bebek sebagai salah satu menu unggulan mereka. tidak itu saja telur bebek juga bisa diolah menjadi telur asin yang dapat dijual kembali. Bila anda senggang jangan lupa untuk menggiring hewan ternak anda sesekali keluar kandang agar tidak mudah stress. Anda bisa menggiringnya ke sawah ataupun sungai kecil untuk mencari makanan.

  1. Ternak lele

Bagi anda yang hanya memiliki lahan sempit dibelakang rumah juga dapat mencoba membudidayakan lele. Ikan lele ini sudah sering dijadikan lauk pauk bahkan menjadi salah satu menu yang amat menyehatkan sebab kadar lemaknya yang amat sedikit. Ikan lele bahkan bisa hidup di air yang amat keruh namun sebaiknya anda membudidayakannya di tempat yang jauh dari pemukiman. Hal ini dikarenakan ikan lele kerap menimbulkan bau yang tidak sedap.

  1. Ternak jangkrik

Menjadi peternak jangkrik memang saat ini begitu langka padahal jangkrik banyak dibutuhkan sebagai pakan burung. Untuk beternak jangkrik tidak membutuhkan banyak lahan hanya bermodal kotak kayu atau box plastic yang tertutup rapat. Anda bisa memasarkan jangkrik ke penjual burung sebagai pakan sehari – hari.

Selain hewan – hewan diatas anda juga bisa mencoba beternak kambing bahkan beberapa hewan peliaraan seperti kucing angora maupun berbagai jenis burung yang kini banyak diminati masyarakat.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: