Tips

Mau Jadikan Konsumen Berubah Jadi Pelanggan? Ini yang Harus Anda Lakukan

konsumen-jadi-pelanggan

Saat ada konsumen datang dan membeli produk bisnis tentu akan menjadi sebuah kebahagiaan bagi sang owner. Tapi sebagai pebisnis sejati seharusnya Anda tidak puas dengan konsumen yang baru saja melakukan pembelian pertamanya. Sebagai pebisnis yang ingin sukses, Anda harus berusaha dan memiliki target agar konsumen yang melakukan pembelian pertama tadi bisa melakukan pembelian yang berikutnya dan berikutnya lagi. Dari sini dalam konsep bisnis, maka pebisnis harusnya mampu menjadikan pembeli tadi menjadi pelanggan. Tapi untuk bisa membuat atau mengubah pembeli menjadi pelanggan maka Anda harus berbuat sesuatu. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk bisa menjadikan pembeli menjadi pelanggan.

  1. Jaga Kualitas Bisnis Anda

Pertama, hal yang perlu Anda lakukan untuk mengubah pembeli menjadi pelanggan adalah dengan menjaga kualitas bisnis Anda. Kualitas memang akan selau menjadi rujukan atau patokan bagi konsumen. Semakin berkualitas bisnis Anda maka mereka akan semakin peduli dan menyukai bisnis Anda. Sebab dari kualitas bisnis ini maka konsumen akan puas dengan pembelian mereka. Dari sini maka bila Anda mampu menjaga kualitas bisnis, konsumen yang baru pertama kali membeli akan jadi pelanggan dengan terus membeli produk dari Anda. Menjaga kualitas bisnis sendiri bisa bermacam-macam wujudnya, sebut saja seperti meningkatkan mutu produk, meningkatkan layanan atau juga meningkatkan retensi.

  1. Aktif di Media Sosial

Media sosial saat ini memang menjadi sesuatu yang sangat massif dan berpengaruh di masyarakat. Dari sinilah Anda sebagai pebisnis haruslah ikut aktif di media sosial. Untuk apa? Tentu saja untuk membuka peluang Anda mendapatkan pelanggan. Dengan media sosial, Anda dan konsumen memang bisa berinteraksi lebih intens. Dari interaksi secara intens inilah maka Anda bisa membuat konsumen yang baru saja membeli untuk terus-menerus membeli dan akhirnya menjadi pelanggan. Dari media sosial ini juga Anda bisa mengukur perkembangan jumlah pelanggan yang Anda miliki. Ini karena media sosial bisa memperlihatkan jumlah followers atau pengikut yang bisa dijadikan indikator untuk mengenali jumlah pelanggan.

  1. Adakan Event

Salah satu cara untuk membuat konsumen atau pembeli bisa mengenal bisnis Anda lebih dekat adalah dengan mengadakan event. Event yang Anda gelar memang akan membuat jarak Anda semakin dekat dengan konsumen. Ini karena saat event digelar maka Anda dan konsumen bisa bertemu secara langsung dan bertatap muka. Dari sinilah maka Anda pun bisa melakukan pendekatan lebih untuk membuat konsumen berkesan pada bisnis Anda. Ketika konsumen terkesan dengan bisnis Anda dari event yang digelar, maka hal ini membuka peluang mereka untuk menjadi pelanggan yang terus-menerus membeli dari bisnis Anda.

  1. Berikan Penawaran Spesial

Selanjutnya, hal yang bisa Anda lakukan agar konsumen berubah menjadi pelanggan adalah dengan memberikan penawaran spesial. Penawaran spesial ini sekali-kali memang perlu Anda berikan. Sebab, dengan penawaran spesial yang Anda hadirkan akan membuat pembeli yang awalnya ragu untuk membeli lagi akan mengubah niatnya untuk kemudian membeli lagi kepada Anda. Memang tipe-tipe konsumen seperti ini ada dan bukan tidak mungkin muncul pada bisnis Anda. Keraguan mereka membeli lagi dikarenakan ada bisnis lain yang hampir sama dengan Anda. Dari sinilah dibutuhkan sesuatu yang lebih yang dapat membuat keraguan konsumen hilang dan lebih memilih membeli produk Anda dibanding pesaing. Nah sesuatu yang dibutuhkan untuk hal tersebut adalah penawaran spesial. Penawaran spesial sendiri wujudnya bisa bermacam-macam seperti diskon, promo cashback, undian hadiah atau juga promo harga paket.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan seorang pebisnis yang ingin menjadikan pembeli menjadi pelanggan. Namun harus diingat supaya upaya yang dijalankan ini sukses Anda harus melakukannya dengan serius dan sungguh-sungguh. Satu hal lagi yang perlu Anda cemati adalah kecenderungan sifat konsumen yang bisa berubah-ubah. Nah ketika Anda mendapati hal ini Anda tidak boleh goyah untuk terus menjalankan beberapa upaya di atas. Sebab, tingkat konsistensi ini juga berpengaruh besar terhadap keberhasilan beberapa upaya yang Anda jalankan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top