StartUp dan UKM

Mau Jalankan Bisnis atau Perusahaan Startup? Terapkan 6 Tips Berikut Ini

Industri IT di Indonesia memang sedang dalam masa perkembangan. Salah satu pemantiknya adalah adanya perusahaan-perusahaan rintisan startup berbasis digital (startup) yang semakin banyak bermunculan. Contoh perusahaan rintisan startup berbasis digital tersebut adalah perusahaan game, chat, media sosial dan lain-lain. Masyarakat di Indonesia saat ini memang sudah tidak asing lagi dengan teknologi dan internet. Dari sini, tentu perusahaan startup akan menjadi sebuah peluang dan prospek yang menjanjikan untuk berbisnis di dunia industri kreatif berbasis IT.

Meski saat ini industri startup digital terbilang sedang marak, namun yang namanya bisnis itu tidak akan selamanya berjalan dengan mulus. Hal ini dikarenakan, dalam berbisnis pasti ada sebuah ancaman dan resiko untuk gagal. Maka, untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis di industri startup digital ini Anda harus berjuang keras. Nah, bagi Anda yang sedang merintis bisnis startup dan menginginkan perusahaan Anda semakin sukses, simaklah beberapa tips sukses untuk menjalankan bisnis atau perusahaan startup berikut ini.

  1. Hindari Kejenuhan Pasar dengan Inovasi dan Pembaruan Secara Rutin

Sebaiknya, perusahaan startup tidak hanya bergerak pada pengolahan produk software saja. Namun, akan lebih baik jika perusahaan startup tersebut juga bergerak di bidang yang lain. Misalnya dengan menyediakan usaha service, layanan cloud dan lain-lain. Hal ini dilakukan, agar dapat menghindari kejenuhan pasar. Karena jika perusahaan berada dalam masa kejenuhan, maka biasanya perusahaan tersebut akan susah mencari konsumen baru. Oleh karena itu, buatlah inovasi dan pembaruan secara rutin agar terhindar dari kejenuhan pasar. Dari sini, perusahaan startup pun akan terus berjalan dengan lancar.

  1. Tunjukkan Bahwa Perusahaan Anda yang Lebih Unggul daripada Kompetitor

Dalam bisnis tentu saja akan selalu ada yang namanya pesaing, salah satunya adalah pesaing dari perusahaan lain. Kompetitor atau pesaing tersebut biasanya akan diam-diam melirik potensi dan bisa saja mereka merebut pasar perusahaan Anda. Hal ini biasanya akan terjadi pada saat perusahaan sedang mengalami fase declining improvement atau fase penurunan pertumbuhan bisnis. Jika perusahaan startup Anda sedang dalam masa fase declining improvement tersebut, maka Anda harus terus melaju. Yakinkan dan tunjukkan kepada seluruh aspek pasar bahwa perusahaan Anda lah yang lebih unggul daripada perusahaan lain.

  1. Waspada Terhadap Penurunan Harga

Harga adalah salah satu hal yang sangat berpengaruh besar terhadap jalannya perusahaan startup. Pengaruh tersebut biasanya ada yang membawa keuntungan atau bahkan menjadi sebuah kendala. Salah satu pengaruh harga yang mengalami sebuah kendala adalah harga yang mengalami penurunan. Faktor terjadinya penurunan harga sendiri bisa disebabkan oleh pertumbuhan teknologi yang semakin pesat, sehingga teknologi lama akan semakin tersingkirkan. Maka dari itu, perusahaan startup digital Anda harus selalu waspada dengan pengaruh buruk tersebut. Anda bisa menghindari hal seperti itu dengan selalu mengupdate produk atau layanan dengan teknologi yang lebih baru. Sehingga, perusahaan Anda tidak akan mengalami kendala akibat dari penurunan harga tersebut.

  1. Perbanyak Sumber Daya Perusahaan dengan Cara Berinvestasi

Untuk membuat perusahaan menjadi lebih besar dan sukses, maka salah satu caranya yaitu dengan melakukan investasi. Investasi ini bisa dilakukan dengan cara mencari atau menambah sumber daya, baik itu sumber daya manusia ataupun sumber daya lain. Dengan cara berinvestasi, diharapkan agar perusahaan startup Anda bisa terus mendatangkan konsumen dan pelanggan baru. Hal ini juga harus dilakukan supaya calon kunsumen dan pelanggan potensial Anda tidak diambil oleh kompetitor perusahaan lain.

  1. Belajarlah Cara Memanajemen Perusahaan yang Lebih Baik

Ketika perusahaan startup Anda sudah tumbuh dengan besar, tentu saja Anda tidak bisa lagi bertindak sendirian untuk mengelolanya. Dalam masa seperti ini, Anda perlu manajemen dengan menggunakan teknik perusahaan yang lebih kuat. Hal ini dilakukan agar perusahaan Anda bisa terus terkelola dengan baik, sehingga perusahaan Anda bisa terus tetap maju dan bertahan.

  1. Tingkatkan Daya Pelayanan Perusahaan

Ketika perusahaan startup Anda sedang berada di atas atau dalam masa jaya, tentu hal ini akan membuat konsumen menuntut perusahaan Anda untuk bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. Maka dari itu, untuk bisa melayani pelanggan dengan lebih baik Anda harus bisa membuat konsumen semakin puas dengan pelayanan yang Anda berikan. Salah satu caranya adalah dengan menciptakan sistem yang mumpuni, yaitu dengan meningkatkan integrasi teknologi guna untuk membentuk service terbaik bagi konsumen dan pelanggan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: