Lainnya

Mau Jalankan Bisnis? Hindari 5 Orang Berikut Ini

partner-bisnis-buruk

Berbisnis merupakan salah satu kegiatan yang memang membutuhkan fokus dan konsentrasi. Selain itu berbisnis juga membutuhkan usaha yang serius dan sungguh-sungguh agar suskes. Tapi saat menjalankan bisnis, fokus Anda bisa kacau karena bertemu dengan beberapa orang yang memang merupakan pengganggu. Dari gangguan dari orang-orang inilah maka Anda yang ingin menjadi pebisnis sukses harus bisa menghindarinya. Tapi orang-orang seperti apakah yang perlu kita hindari saat menjalankan bisnis? Inilah ulasannya.

  1. Orang yang Minta Anda Memilih Dia atau Bisnis

Pertama, orang yang perlu dihindari ketika menjalankan bisnis adalah orang yang meminta Anda memilih dia atau bisnis. Pilihan ini tentu bukanlah sesuatu yang baik. Ini karena pilihan ini adalah sesuatu yang terkesan memaksa. Padahal Anda sebagai pebisnis punya menjalani lebih dari dua pilihan. Bahkan Anda pun berhak menjalankan banyak pilihan tanpa ada kekangan atau batasan. Jadi bila ada orang yang meminta Anda memilih antara dua pilihan, terlebih bila pilihan itu terkesan memaksa antara bisnis atau dirinya, maka pastikan Anda meninggalkannya. Selepas itu pastikan juga Anda menghindari orang itu agar tak lagi mengganggu kehidupan Anda.

  1. Orang yang Bilang Anda Cuma Butuh Dia

Apa jadinya bila ada orang yang mengatakan bahwa dirinya adalah orang yang paling penting dalam kesuksesan Anda. Tentu sangat menjengkelkan kan saat mendengarnya. Mungkin bisa jadi mereka menjadi salah satu mitra bisnis Anda untuk mendukung roda usaha. Tapi kesuksesan seseorang sangat tergantung pada usaha dan kerja keras dirinya sendiri. Termasuk Anda sebagai pebisnis, maka kesuksesan Anda lebih banyak ditentukan oleh apa yang Anda kerjakan. Sedangkan orang lain hanya sebagai pendukung. Jadi bila Anda orang yang selalu mengatakan bahwa Anda tergantung dan butuh pada dirinya, maka jangan terlalu ambil pusing untuk segera meninggalkannya. Sebab orang seperti ini bisa mempengaruhi Anda sehingga karakter sebagai pebisnis sejati bisa hilang dari diri Anda.

  1. Orang yang Memanfaatkan Anda

Berikutnya, orang yang perlu Anda hindari dalam berbisnis adalah orang yang memanfaatkan Anda. Orang yang seperti ini jelas akan merugikan Anda. Tapi sayangnya orang-orang yang bertujuan memanfaatkan pebisnis ini jarang dipahami oleh para pengusaha. Mereka yang memiliki tujuan memanfaatkan Anda memang punya trik untuk bisa bersembunyi dibalik topengnya. Dari sinilah orang-orang yang punya niat memanfaatkan pebisnis ini seringkali sulit dikenali. Karena orang-orang seperti ini bisa membahayakan bisnis, sebisa mungkin Anda menghindarinya setelah mengetahui sifat aslinya. Jangan takut dan khawatir dengan hubungan yang jadi lebih renggang saat ANda menjauhinya, karena memang orang seperti ini tidak akan membuat Anda maju dan bertumbuh. Dan satu hal lagi bahwa masih banyak orang lain disekitar Anda yang mampu membuat Anda bertumbuh yang lebih mumpuni untuk Anda dekati.

  1. Orang yang Mengungkit Masa Lalu Anda

Semua orang pastinya memiliki masa lalu. Nah dari sinilah setiap orang seharusnya bisa menghormati masa lalu orang lain. Bila Anda sebagai pebisnis kemudian mendapati ada orang yang selalu mengungkit masa lalu, maka sebainya Anda menghindari orang tersebut. Sebab, orang seperti ini sulit untuk membuat Anda menuju kesuksesan. Untuk mencapai suskes, Anda memang perlu bergaul dengan orang-orang yang selalu antusias membicarakan masa depan. Ini karena masa depan adalah sesuatu yang jadi misteri dan berpeluang untuk kita ciptakan dengan keadaan yang lebih baik. Tapi bila ada orang yang selalu berbicara atau mengungkit masa lalu yang sudah tidak mungkin diubah lagi, maka mereka sebenarnya adalah orang yang sulit untuk mencapai sukses. Jadi menghindari orang yang seperti ini merupakan tindakan yang sudah tepat.

  1. Orang yang Meremehkan Pencapaian Anda

Terakhir, orang yang harus Anda hidari ketika menjalankan bisnis adalah orang yang meremehkan pencapaian Anda. Memang orang-orang seperti ini bisa Anda jadikan sebagai pelecut untuk menjalankan usaha lebih baik lagi. Tapi bila Anda terus-terusan diremehkan oleh mereka, maka hal ini bisa mengganggu psikologi dan mental Anda sebagai pebisnis. Seorang pebisnis kadang kala juga membutuhkan pujian sebagai bentuk kebanggaan. Tentu porsi pujian ini juga tidak boleh terlalu berlebihan. Tanpa pujian pun sebenarnya pebisnis tak perlu cemas, asal tidak ada yang meremehkan, maka Anda  seharusnya bisa terus berjuang mensukseskan usaha.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top