Bisnis Online

Mau Jalankan Bisnis Online? Ketahui 5 Jenis Teknik Fotografi Berikut Ini

jenis-teknik-fotografi-produk

Saat ini tren belanja online memang sedang marak. Meski marak tapi persaingan di dunia bisnis daring ini sudah terbilang ketat. Buktinya tiap waktunya bermunculan e-commerce dan toko online baru. Dari sinilah maka Anda yang ingin berhasil dan sukses di dunia online, Anda harus mampu bersaing untuk memikat konsumen serta meningkatkan penjualan. Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan online adalah dengan menerapkan teknik fotografi. Fotografi memang menjadi syarat penting untuk bisa memikat netizen agar mau membeli produk. Tidak adanya kemampuan netizen untuk memegang dan melihat secara langsung barang yang akan dibeli secara online menjadikan teknik fotografi menjadi sangat penting. Sebab dengan penggunaan teknik fotografi yang baik maka Anda dapat menjadikan barang atau produk lebih terlihat jelas dan memikat. Nah berikut ini ada beberapa teknik fotografi yang bisa Anda terapkan untuk menjalankan bisnis online dengan sukses.

  1. Foto Individu

Pertama, jenis teknik fotografi yang bisa Anda terapkan pada bisnis online adalah foto individu. Sesuai dengan namanya maka foto individu ini digunakan untuk fotografi satu produk. Dengan hanya satu produk, foto individu ini biasanya bisa dikenali dengan adanya background putih atau hitam yang digunakan sebagai latar belakangnya. Sementara itu di sebuah website, kita akan bisa mendapati foto individu ini pada bagian halaman kategori dan produk. Dengan menerapkan foto individu untuk bisnis Anda maka akan membuat produk Anda terlihat lebih berkarakter dan enak dilihat. Tapi supaya dapat menghasilkan hasil fotografi yang memukau Anda harus profesional dengan menggunakan kamera beresolusi tinggi atau kamera DSLR.

  1. Foto Teaser

Berikutnya, jenis fotografi pada bisnis online adalah foto teaser. Foto teaser ini biasanya dipakai pada halaman spalsh atau header serta kategori yang akan menampilkan foto candid produk sebagai latar belakang. Meski tidak banyak owner toko online yang menggunakan jenis foto ini namun menciptakan foto teaser akan membuat produk Anda terlihat lenih manis dan artistik. Bukan tidak mungkin karena fot teaser ini muncul ketertarikan dari customer.

  1. Foto Detail

Jika Anda memiliki produk bisnis, seperti produk teknologi yang harus dilihat secara detail oleh konsumen maka Anda harus menggunakan teknik fotografi detail. Tren foto detail memang sedang menjadi banyak pilihan owner bisnis online karena mampu membuat konsumen lebih yakin dan tertarik untuk membeli. Dengan mengarahkan kursor ke bagian foto produk maka akan ada zoom in yang otomatis dilakukan. Dari zoom in ini maka konsumen bisa melihat dengat lebih detail bagian produk yang diarahkan kursor tersebut. Di toko online atau e-commerce, biasanya foto deatil ini bisa kita dapati di di area tepi foto. Untuk menerapkan jenis fotografi, Anda membutuhkan pencahayaan yang jelas, seperti cahaya matahari.

  1. Foto Komponen

Jenis fotografi ini bisa Anda terapkan bila ingin membuat foto mix atau campuran dari beberapa produk. Seperti contoh Anda ingin menciptakan foto yang terdiri dari beberapa produk seperti perlengkapan dapur sepeti penggorengan, kompor dan panci, maka jenis foto komponen ini sangat tepat. Agar teknik fotografi ini bisa menghasilkan gambar yang optimal maka Anda harus dapat meletakkan bagian-bagian foto produk ini pada tepian luar gambar. Dengan cara ini maka hasil foto akan bisa menarik karena ada variasi komposisi dan penekanan antar produk yang terpisah.

  1. Foto Grup

Terakhir, jenis fotografi untuk kepentigan bisnis online yang bisa Anda terapkan adalah foto grup. Foto grup ini berbeda dengan foto komponen, karena foto grup ini adalah kumpulan foto individu yang diperlihatkan atau divisualisasikan dalam satu tampilan. Maka dari penerapan foto grup ini netizen akan bisa melihat tampilan beberapa dari produk yang Anda jual. Untuk bisa menampilkan foto grup ini dengan lebih baik Anda harus melakukan pengaturan beberapa foto produk individu pada bentuk berbeda, bukan hanya bentuk baris dan kolom yang sudah terlalu umum.

Inilah beberapa jenis teknik fotografi yang bisa Anda terapkan pada bisnis online Anda. Tapi untuk bisa mengoptimalkan bisnis online yang dijalankan, Anda harus memilih jenis teknik fotografi yang tepat dan sesuai. Sebab ada beberapa dari teknik fotografi di atas yang bisa jadi tidak atau kurang sesuai dengan produk Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top