Bisnis Online

Mau Jalankan Bisnis Online? Siapkan 7 Perlengkapan Ini

perlengkapan-bisnis-online

Menjalankan bisnis online saat ini menjadi salah satu kegiatan yang banyak digandrungi orang lain dan mungin juga termasuk Anda. Dengan beragam kemudahan dan besarnya peluang mendapatkan pasar, membuat bisnis online  saat ini menjadi opsi yang banyak dipilih para pebisnis. Namun seperti menjalankan bisnis pada umumnya, maka untuk menjalankan bisnis online dibutuhkan perlengkapan. Lalu apa saja perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis online ini? Ini dia jawabannya.

  1. Smartphone atau laptop

Pertama, perlengkapan yang harus Anda sediakan untuk menjalankan bisnis online adalah laptop atau smatphone. Dua perangkat ini memang menjadi senjata utamanya pebisnis online. Anda bisa memilih salah satu perangkat ini, smartphone atu laptop sesuai dengan kebutuhan bisnis online Anda. Biasanya bila Anda menjalankan bisnis online dengan menggunakan website (toko online), maka perangkat laptop yang harus dipilih. Tapi bila Anda menjalankan bisnis online dengan perantara marketplace atau media sosial, amak perangkat smartphone saja sudah cukup. Tapi supaya Anda bisa menjalankan bisnis online dengan lancar, maka pastikan Anda  memilih perangkat laptop atau smartphone yang memiliki spesifikasi mumpuni.

  1. Jaringan Internet

Karena bisnis online ini berada di dunia maya maka untuk bisa menjalankannya Anda membutuhkan jaringan internet. Keberadaan jaringan internet memang sama pentingnya dengan smartphone atau laptop, karena kedua perangkat ini adalah hal utama yang harus dimiliki. Keduanya saling melengkapi dan bila tidak ada salah satunya maka bisnis online tidak bisa dijalankan. Untuk mendapatkan jaringan internet ini Anda bisa membeli modem atau juga memasang wifi. Cara lain untuk menadapatkan jaringan internet ini adalah dengan membeli pulsa paket internet atau kuota internet. Nah dengan adanya jaringan internet ini maka laptop atau smartphone Anda akan bisa dipakai untuk berjualan online.

  1. Alat Tulis

Berikutnya, perlengkapan yang perlu disiapkan untuk menjalankan bisnis online adalah alat tulis. Alat tulis diperlukan untuk mencatat segala transaksi penjualan yang terjadi. Dari catatan transaksi ini maka Anda akan dimudahkan untuk mengetahui stok atau persediaann barang di gudang. Selain itu dengan alat tulis Anda bisa mencatat apapun seperti alamat penerima dan juga transaksi keuangan. Alat tulis ini juga befungsi untuk menulis alamat Anda dan alamat penerima saat akan mengirimkan barang kepada pemesan. Alat tulis yang perlu Anda sediakan dalam bisnis online ini adalah seperti ballpoint dan spidol.

  1. Kertas

Untuk menuliskan semua transaksi dan catatan maka selain alat tulis juga dibutuhkan kertas. Kertas ini bisa berwujud buku dan juga kertas lembaran. Buku sendiri bisa Anda gunakan untuk mencatat persediaan dan juga transaksi serta keuangan bisnis online Anda. Sementara itu kertas lembaran bisa Anda gunakan untuk mencatat alamat pengirim dan juga alamat toko online Anda untuk kemudian dikirimkan ke ekspedisi.

  1. Plastik

Untuk membungkus atau mengemas barang yang telah dipesan konsumen maka diperlukan plastik. Dari sini maka plastik akan menjadi perlengkapan yang sangat dibutuhkan untuk menjalankan bisnis online. Untuk mengemas dan membungkus barang pesanan ini, Anda memang bisa menggunakan plastik apapun. Tapi agar bisnis online Anda terlihat lebih profesional maka seharusnya Anda menggunakan plastik yang berkualitas. Selain untuk mengesankan toko online terlihat profesional, plastik berkualitas juga akan membuat barang kiriman Anda lebih terlindungi saat pengiriman.

  1. Bubble Wrap

Anda yang ingin barang terlindungi dengan baik saat pengiriman maka Anda harus menggunakan bubble wrap. Penggunaan bubble wrap ini memang penting bagi bisnis Anda. Sebab saat barang Anda terlindungi dengan baik saat pengiriman hingga tiba di alamat pengiriman maka konsumen akan merasa puas. Dengan kepuasan konsumen inilah maka bisnis Anda akan lebih dipercaya dan mendapatkan banyak pelanggan.

  1. Lakban dan Gunting

Terakhir, perlengkapan dan peralatan yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis online adalah lakban dan gunting. Lakban dan gunting ini diperlukan untuk kebutuhan pengemasan barang. Jadi saat pengemasan barang yang akan dikirim pastinya Anda harus memakai lakban untuk menutup plastik dan bubble wrap agar semakin kencang pengemasannya. Sementara itu untuk memotong lakban digunakanlah gunting. Gunting ini juga berfungsi untuk memotong kertas bila diperlukan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top