Bisnis Online

Mau Jual Barang di Marketplace? Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

kelebihan-kekurangan-marketplace

Saat ini marketplace memang menjadi fenomena terbaru di dunia bisnis online yang menyita banyak perhatian. Tidak hanya bagi pebisnis, faktanya sekarang marketplace juga menjadi tempat favorit berbelanja bagi konsumen. Dari tingginya minta konsumen untuk berbelanja di marketplace inilah maka membuat peluang pebisnis meraih keuntungan besar semakin terbuka. Namun sebagai pebisnis yang bijak tentu Anda tidak boleh begitu saja ikut arus dari pertumbuhan marketplace ini. Alih-alih ikut-ikutan, Anda sebagai pebisnis yang ingin sukses harus bisa mencermati kelebihan dan kekurangan dari penjualan via marketplace. Berikut kelebihan dan kekurangan berjualan dari marketplace.

Kelebihan Berjualan via Marketplace

  1. Sewa Toko Murah

Kelebihan pertama berjualan di marketplace adalah sewa toko yang murah bahkan gratis. Untuk membuka toko dan berjualan di marketplace memang Anda bisa langsung melakukannya saat itu juga tanpa biaya. Mungkin memang ada beberapa fitur yang tidak bisa dimiliki karena harus berbayar. Tapi intinya dibandingkan dengan membuka toko secara offline, maka berjualan di marketplace jauh lebih murah biayanya. Dari sini maka marketplace seringkali menjadi andalan bisnis-bisnis UKM yang masih terkendala modal.

  1. Promosi Gratis dari Marketplace

Tidak hanya keuntungan membuka toko dengan biaya murah, tapi berjualan di marketplace juga akan membuat Anda bisa mendapatkan promosi gratis. Lihat saja bagaimana gencarnya promosi yang dilakukan pihak marketplace di beberapa media massa besar saat ini. Meski tak langsung menyebut nama toko Anda, namun promosi yang dilakukan tersebut tentu akan membuat bisnis Anda terwakili. Dan menariknya lagi dalam promosi tersebut, Anda tidak akan diminta biaya oleh pihak marketplace.

  1. Keamanan yang Lebih Terjaga

Dibanding membuka toko online sendiri memang kepercayaan konsumen pada transaksi pembelian via marketplace lebih dinilai aman. Selain karena popularitas dari marketplace itu sendiri, keamanan transaksi pada marketplace ini juga dikarenakan dari adanya rekening bersama. Dengan adanya rekening bersama memang membuat transaksi yang dilakukan pembeli jadi lebih aman. Sebab uang yang telah ditransfer pembeli akan ditahan dulu oleh pihak marketplace sebelum diberikan oleh penjual. Nah setelah barang diterima dan dikonfirmasi pembeli maka uang dari pihak marketplace pun akan diteruskan pada penjual.

  1. Banyak Promo yang Bisa Anda Dapatkan

Bila biasanya promo ini diberikan oleh pebisnis pada konsumen maka pada marketplace ini pebisnis dan pembeli bisa mendapatkan promo cuma-cuma dari pihak marketplace. Bentuk promo cuma-cuma dari pihak marketplace yang bisa didapatkan oleh penjual dan pembeli ini bisa berupa promo potongan harga, gratis ongkir atau undian berhadiah. Khusus untuk pembeli ada banyak promo lagi yang bisa didapatkan seperti cashback.

Kekurangan Berjualan via Marketplace

  1. Perang Harga

Sudah banyak diketahui bahwa berjualan di marketplace ini akan membuat seseorang atau pebisnis harus berperang harga. Kesempatan pembeli untuk mencari barang yang lebih murah memang sangat mudah dilakukan di marketplace. Nah dari sinilah kemudian banyak pebisnis yang harus menurunkan harganya untuk bisa menarik konsumen datang dan membeli. Mereka para pebisnis ini takut bila ia tidak menurunkan harga maka pembeli akan memilih toko lain yang harganya lebih murah. Dari sinilah kemudian berjualan di marketplace membuat perang harga menjadi taruhan.

  1. Tidak Ada Peluang Memperkuat Branding

Saat Anda menjual barang di marketplace memang branding bisnis Anda akan dikalahkan secara langsung oleh branding marketplace itu sendiri. Kuatnya branding marketplace ini sendiri karena adanya promosi besar-besaran yang dilakukan di media massa dengan mengatasnamakan pihak marketplace. Jadi dari sini Anda yang ingin memperkuat branding akan lebih baik untuk menggunakan website sendiri.

  1. Kehilangan Akuisisi Customer

Terakhir, kelemahan berjualan di marketplace adalah adanya oeluang Anda kehilangan akuisisi customer. Saat berjualan di marketplace Anda memang tidak memiliki kesempatan untuk menanamkan tracking seperti Google Analytic atau Facebook Pixel. Dari sini maka Anda yang berjualan di marketplace maka semua transaksi yang ada akan dimiliki oleh pihak marketplace. Hal lain lagi yang lebih mengerikan karena Anda bisa kehilangan akuisisi customer adalah adanya kemungkinan pihak marketplace menutup toko Anda kapan saja dan tanpa pemberitahuan. Saat toko Anda ditutup karena dianggap melanggar peraturan maka data customer Anda akan bisa langsung hilang seketika.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top