Peluang Usaha

Mau Jual Parcel Lebaran? Jangan Lupa Perhatikan 6 Hal Berikut Ini

parcel-lebaran

Menyambut Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri atau lebaran yang sebentar lagi tiba, tentu akan muncul beberapa peluang usaha yang bisa Anda jalankan. Anda yang ingin mendapatkan keuntungan lebih di masa jelang lebaran ini memang memiliki peluang yang besar. Sebab saat itu kebutuhan masyarakat untuk persiapan lebaran begitu tinggi. Salah satu bisnis atau usaha yang bisa Anda jadikan ide berjualan jelang lebaran adalah parcel. Kebiasaan memberikan hadiah pada kerabat terdekat pada hari lebaran memang membuat bisnis parcel laris manis di momen ini. Parcel memang hadiah yang pas untuk diberikan kepada sanak saudara saat menyambut lebaran. Bentuknya yang menarik dan praktis membuat parcel menjadi ide peluang usaha yang menjanjikan bila Anda jalankan jelang lebaran. Tapi supaya bisnis parcel Anda benar-benar sukses, Anda tak boleh melupakan beberapa hal berikut ini.

  1. Target Pembeli

Pertama, hal yang perlu Anda perhatikan dan tak boleh Anda lupakan saat menjalankan bisnis parcel lebaran adalah target pembeli. Meski lebaran adalah momen kaum muslim, tapi jangan lupakan juga mereka yang non-muslim. Sebab saat lebaran tiba tak jarang kaum non muslim juga mengirim parcel pada kaum muslim sebagai tanda terima kasih atau ucapan selamat lebaran. Jadi dalam bisnis parcel lebaran ini jangan hanya berfokus pada target pasar kaum muslim, tapi pesarkan juga ke kalangan non-muslim. Selain kalangan individu, jangan lupakan pula kalangan korporat atau perusahaan ketika memasarkan parcel lebaran ini.

  1. Harga Parcel yang Terjangkau

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan dan cermati ketika akan berbisnis parcel di masa lebaran adalah harga. Supaya bisa menarik banyak pembeli, Anda jangan memasang tarif yang terlalu mahal untuk parcel Anda. Sebab, bila Anda memasang banderol yang terlampau mahal, maka hal tersebut dapat membuat Anda kehilangan konsumen. Konsumen memang akan lebih memilih parcel dengan harga yang terjangkau. Apalagi saat Anda menjual parcel lebaran, maka bukan hanya Anda saja yang melakukannya. Dari persaingan antar kompetitor inilah maka Anda harus berhati-hati saat mematok harga untuk parcel lebaran yang akan dijual.

  1. Kualitas Produk Parcel

Ketika memilih parcel, konsumen pasti akan mencari yang baik dan berkualitas. Kualitas parcel sendiri tidak hanya bisa dilihat dari isinya, tapi juga kemasannya. Semakin menarik kemasan yang dihadirkan maka akan semakin berkualitas parcel tersebut. Selain kemasan, kualitas parcel yang juga penting diperhatikan yakni isinya. Parcel memang bisa Anda isi dengan produk-produk tertentu sesuka hati. Tapi meski Anda punya keluluasaan sendiri dalam mengisi parcel, Anda tidak boleh sembarangan mengisinya. Alih-alih seenaknya mengisi parcel, Anda harus bisa menyesuaikan isi parcel dengan harganya. Kalau memungkinkan, Anda bisa menghadirkan layanan custom untuk mengisi sendiri isian yang diinginkan untuk parcel lebarannya.

  1. Pengemasan Parcel

Parcel memang identik dengan kemasannya. Dari sini maka Anda harus bisa menghadirkan kemasan yang menarik untuk produk parcel yang akan dijual. Semakin menarik kemasan parcel yang Anda hadirkan, maka akan semakin besar peluang Anda untuk bisa membuat banyak konsumen yang membeli. Untuk bisa menghadirkan kemasaran yang menarik untuk parcel ini sendiri dibutuhkan kreativitas. Maka dari itu cobalah untuk terus mengasah kreativitas untuk bisa menghadirkan parcel lebaran yang menarik dan laris manis.

  1. Strategi Pemasaran

Untuk membuat parcel lebaran Anda laris manis maka Anda membutuhkan strategi pemasaran yang tepat dan efektif. Dan saat ini ditengah gencarnya pertumbuhan media online, maka Anda sebagai pebisnis parcel lebaran tidak boleh melupakan strategi pemasaran yang satu ini. Dengan menjual parcel secara online maka Anda akan bisa menjangkau konsumen lebih luas. Dari sini maka peluang Anda mendapatkan pembeli yang besar akan semakin terbuka lebar.

  1. Jasa Pengiriman Parcel

Terakhir, hal yang harus diperhatikan saat berbinis parcel lebaran adalah jasa pengiriman parcel. Anda harus menjalin kemitraan dan kerjasama dengan beberapa ekspedisi untuk pengiriman paket parcel ke alamat peneriman. Permintaan untuk pengiriman parcel saat lebaran memang akan tinggi. Ini karena saat itu akan banyak orang yang sibuk untuk mempersiapkan lebaran.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top