Tips

Mau Kelola Stok Barang yang Baik? Jalankan dengan 4 Tips Ini

kelola-stok-barang

Menjalankan bisnis yang berkonsep penjualan barang atau produk memang membuat seseorang harus selalu bergelut dengan masalah stok. Stok atau persediaan memang sangat penting untuk selalu dijaga untuk membuat bisnis berkonsep penjualan barang ini tetap bisa eksis dan dipercaya oleh konsumen. Konsumen memang lebih menyukai bisnis yang mampu menjaga stok barang karena mereka ingin mendapatkannya dengan cepat. Tapi bila ada bisnis yang harus membuat konsumen menunggu barang diproduksi (pre-order) karena tidak ready stock, maka biasanya konsumen akan malas membelinya. Dari sinilah maka menjaga dan mengelola stok barang merupakan agenda yang penting untuk diperhatikan dan dilakukan oleh setiap pebisnis. Tapi bagaimana cara untuk bisa mengelola stok barang dengan baik? Berikut beberapa tips yang bisa dijalankan.

  1. Tetapkan Jumlah Minimum Stok Barang

Tips pertama mengelola stok atau persediaan barang adalah dengan menetapkan jumlah minimum. Jumlah minumum ini memang akan membantu Anda untuk bisa menjaga persediaan barang. Tentukan saja jumlah minumum stok barang yang ada digudang. Pastikan Anda tidak sampai membuat stok barang dibawah jumlah minumum yang telah ditentukan. Jadi ketika Anda mendapati jumlah barang persediaannya sudah mendekati jumlah minimum maka Anda harus segera bergerak mencari produk lagi atau memproduksinya. Pastikan juga Anda konsisten untuk terus menjaga persediaan barang ini berada diatas jumlah minumum yang telah ditentukan. Ketika Anda bisa konsisten menjaga stok barang dengan ketetapan jumlah minum tersebut maka Anda akan bisa membuat bisnis menjadi lebih baik.

  1. Utamakan Keluarkan Stok Barang Lama

Satu hal penting yang tak boleh Anda lupakan dalam manajemen atau pengelolaan stok adalah mengutamakan untuk mengeluarkan stok barang lama. Stok barang lama memang akan berpacu dengan beberapa hal yang tidak diinginkan konsumen seperti kadaluarsa atau juga ketertinggalan mode atau tren. Nah dari sinilah Anda yang ingin menjalankan manajemen stok barang untuk bisnis pastikan Anda untuk mendahulukan penjualan stok barang lama. Apapun caranya, pastikan Anda tidak membiarkan waktu membunuh bisnis Anda karena barang lama yang tidak bisa lagi dijual. Bahkan bila memang sudah terlalu mendesak, Anda bisa menjualnya dengan potongan harga dari pada Anda tidak bisa menjual sama sekali. Tentu yang terakhir tadi merupakan opsi yang kurang menguntungkan. Jadi usahakan Anda sebisa mungkin untuk menjual stok lama dengan harga normal.

  1. Jaga Hubungan Baik dengan Supplier

Anda yang bekerjasama dengan supplier untuk pengadaaan stok barang maka pastikan Anda menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Sebab dari supplier inilah persediaan barang bisnis Anda akan ditentukan nasibnya. Bila supplier ini kompeten karena Anda yang mampu menjaga hubungan baik dengan mereka maka Anda akan berpeluang untuk bisa mendapatkan stok barang yang cepat. Tapi bila Anda kurang menjaga hubungan baik dengan mereka maka bukan tidak mungkin supplier menjadi malas untuk melayani persediaan barang untuk bisnis Anda. Tidak hanya masalah menambah stok, tapi dengan supplier ini Anda akan berurusan dengan beberapa hal lain seperti pengembalian barang, pengiriman atau komplain. Nah agar Anda mendapatkan sesuatu yang baik dari supplier sehingga membuat stok barang selalu ada, maka Anda harus bisa menjaga hubungan yang baik dengan mereka.

  1. Jalankan Dropshipping atau Reseller

Terakhir, cara dan tips kelola stok barang dengan baik adalah dengan menjadi dropshipping. Jika Anda adalah pebisnis yang sulit mengelola persediaan barang maka menjadi dropshipping adalah solusinya. Dengan menjadi dropshipping maka persediaan barang akan menjadi urusan supplier. Menjadi dropshipping bukan berarti semua hal termasuk persediaan dan pengiriman barang dilakukan pihak supplier, tapi Anda bisa menjadi perantaranya. Maksudnya adalah bisa jadi supplier mengirimkan barang kepada Anda dan Anda yang akan melakukan penjualan langsung. Dari sini maka Anda akan berlaku sebagai seorang reseller dengan persediaan stok yang dijaga oleh supplier. Dengan cara inilah maka Anda tak perlu pusing-pusing lagi memikirkan persediaan atau stok harga.

Itulah beberapa cara dan tips yang bisa Anda jalankan untuk mengelola stok atau persediaan barang dengan baik. Dengan melakukan beberapa hal di atas maka Anda tak peru lagi membuat konsumen melakukan pre-order yang memang jarang ada yang meminatinya. Dari sini maka Anda akan bisa mendapatkan pembeli yang antusias dan membuat bisnis jadi lebih bertumbuh.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top