Keuangan

Mau Liburan Ke Jepang Tapi Irit Ongkos? Begini Caranya

Jepang menjadi salah satu negara maju yang juga diklaim memiliki biaya hidup tinggi. Rate kurs untuk satu Yen di Jepang memang tidak setinggi dolar namun biaya hidup rata-rata di Jepang per harinya minimal bisa mencapai Rp. 1.000.000. Tak heran jika traveling ke Jepang membutuhkan dana yang lumayan besar. Biarpun begitu tak sedikit masyarakat Indonesia berambisi untuk liburan ke negeri sakura ini. Ditambah lagi kemudahan pemegang epaspor untuk mendapatkan visa Jepang sudah tidak dipersulit lagi. Nah bagi anda yang terobsesi untuk liburan ke Jepang dengan dana yang ngepres bisa memanfaatkan tips berikut ini :

Apply Visa Waiver

Langkah pertama untuk menghemat biaya ke Jepang ialah memanfaatkan epaspor. Epaspor merupakan paspor yang ditanami chip sehingga sulit untuk dipalsukan. Pemerintah Jepang juga menggratiskan pengajuan visa Waiver bagi pemegang epaspor. Tak hanya itu saja bisa Waiver yang anda dapatkan juga memiliki masa expired hingga 3 tahun lamanya dengan masa kunjungan maksimal 15 hari. Ini artinya anda bisa bolak balik ke Jepang selama 3 tahun dengan batas maksimal tinggal hingga 15 hari tanpa apply visa lagi. Cukup dengan visa Waiver saja dan syarat pengajuan untuk bisa ini hanya butuh epaspor dan mengisi formulir pengajuan visa saja.

Booking Tiket Pesawat Jauh Hari

Untuk tiket penerbangan pulang pergi ke Jepang rata-rata menghabiskan budget  sekitar Rp.5.000.000 – Rp.10.000.000 tergantung maskapai dan bulan keberangkatan yang anda pilih. Untuk menghemat biaya penerbangan sebenarnya mudah sekali cukup pilih bulan yang tepat. Bulan dengan rate penerbangan yang murah biasa terjadi pada musim dingin maupun peralihan musim semi dan gugur. Anda bisa memilih bulan Januari,September dan Oktober. Pada bulan ini biasanya tiket pesawat ke Jepang dijual murah meriah. Ikuti pula travel fair jika memang sedang digelar di kota anda. Beberapa maskapai yang menjual tiket murah ke luar negeri seperti Air Asia atau Scoot bisa anda coba. Terlebih maskapai tersebut sering menggelar diskon besar-besaran jika mendekati hari ulang tahun maskapai tersebut.

Batasi Barang Bawaannya

Selanjutnya batasi barang bawaan anda, bawa yang anda benar – benar butuhkan. Jepang memiliki banyak coin laundry yang mana setiap laundry hanya membutuhkan biaya 100-200 Yen sudah termasuk mengeringkan pakaian. Jadi bawa saja pakaian secukupnya agar anda tidak terbebani dengan bagasi. Toh setiap penumpang pesawat mendapatkan bagasi kabin gratis maksimal 7 kg per orang. Anda bisa hanya menggunakan bagasi kabin untuk keberangkatan barulah ketika pulang ke Indonesia anda memesan bagasi 20 kg. Ketika kembali ke Indonesia tentu anda akan membawakan kerabat dan teman oleh-oleh bukan? Inilah gunanya memesan bagasi untuk kepulangan di Indonesia.

Pesan Tiket Transportasi dan Hiburan Sebelum Keberangkatan

Selanjutnya pesanlah tiket transportasi selama di Jepang jauh hari sebelum anda berangkat ke Jepang. Kini banyak sekali platform yang menetapkan diskon untuk dan promo untuk pemesanan tiket kereta api di Jepang. Anda juga bisa memesan melalui official web transportasi yang anda pilih misalnya saja pemesanan JR Pass. JR Pass merupakan salah satu kartu transportasi kereta api yang paling sering digunakan turis. Hal ini karena JR Pass mencakup hampir semua daerah di Jepang dan bagi anda yang memesan di luar wilayah Jepang bisa mendapatkan potongan 1.000-2.000 Yen.

Untuk fasilitas hotel akan lebih murah jika anda memanfaatkan booking.com, Traveloka maupun hostel.com. Platform pemesanan hotel tersebut dikenal memiliki beragam promo dan menyajikan hotel dengan rate termurah. Pada booking.com anda bahkan bisa memesan hotel tanpa melakukan pembayaran dimuka maupun tanpa memakai kartu kredit.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top