StartUp dan UKM

Mau Pasarkan Startup yang Mudah dan Murah? Coba 4 Cara Berikut Ini

pasarkan-startup

Sebagai sebuah bisnis rintisan maka startup juga perlu dipasarkan. Dengan pemasaran maka akan ada hasil yang membuat roda startup terus bergerak. Tapi sayangnya untuk melakukan kegiatan marketing ini tidak semudah dibayangkan. Hal ini karena ada banyak hal yang perlu dipikirkan untuk bisa menjadikan pemasaran jadi lebih efektif. Salah satu hal biasanya dipertimbangkan dalam hal marketing startup adalah biaya. Dengan kondisi finansial yang masih baru, startup yang merupakan perusahaan rintisan berbasis digital, tentu membuat founder berpikir keras untuk mengoptimalkannya. Sebab bila pemasaran gagal dan tidak membuahkan hasil hal tersebut bisa menjadikan startup terguncang dan kolaps. Maka dari itu Anda sebagai founder startup harus bisa jeli untuk menentukan pemasaran yang tepat dan murah. Lalu seperti apakah pemasaran startup yang tepat, murah dan mudah? Berikut ada 4 cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Publikasi Visual di Media Sosial

Pertama, cara pemasaran mudah dan murah untuk bisnis startup Anda adalah dengan menggunakan media sosial. Media sosial yang kini sedang marak di masyarakat memang akan menjadi media pemasaran yang tepat dan efektif. Tapi untuk mencapai marketing yang efektif di media sosial Anda perlu berjuang untuk mempopulerkan akun media sosial Anda tersebut. Jumlah follower akun media sosial menjadi salah satu bukti kepopuleran akun media sosial sebuah startup. Jadi semakin populer akun media sosial startup Anda di media sosial maka semakin terbuka peluang sukses pemasaran yang dilakukan.

  1. Gunakan E-newsletter

Sesuai dengan namanya e-newsletter (elektronik newsletter) merupakan sebuah media yang bisa Anda gunakan untuk pemasaran startup. Dari pemasaran menggunakan e-newsletter maka Anda bisa memiliki peluang untuk meraih konsumen lebih besar. Hal ini karena e-newsletter terbilang murah dan sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu membuat para pengunjung website mau memberikan dan mendaftarkan emailnya. Saat visitor website mendaftarkan emailnya maka saat itu juga mereka telah menjadi subscriber atau orang yang berlangganan pada e-newsletter bisnis startup Anda. Dari sinilah Anda sebagai founder bisa melakukan pemasaran dengan memberikan berita-berita atau kabar tentang startup secara rutin pada email konsumen. Saat Anda bisa memberikan informasi yang mampu menarik para subsciber maka kesuksesan marketing dengan cara ini akan semakin besar.

  1. Manfaatkan Google My Business

Selanjutnya, cara marketing startup murah dan mudah untuk Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan Google My Business. Sebagai perusahaan besar nama Google tentu tak perlu Anda ragukan lagi. Jadi layanan dari Google yang satu ini akan membuat Anda bisa mensukseskan marketing yang Anda jalankan. Dengan menggunakan Google My Business ini maka website Anda akan memiliki identitas bisnis yang penting. Efektivitas Google My Business dalam mengoptimalkan marketing nampak pada ditampilkannya bisnis startup Anda di mesin pencariannya. Tidak hanya itu Google My Business juga punya beberapa fitur menarik untuk marketing startup Anda seperti ulasan perusahaan, berita saham, serta update informasi terkait pelanggan dan fans. Tidak hanya melalui website, tapi pengelolaan Google My Business  ini juga bisa dilakukan lewat aplikasi yang tersedia di Play Store.

  1. Jalin Kerjasama Mutualisme Dengan Perusahaan Terkait

Terakhir, cara mudah dan murah untuk jalankan pemasaran untuk startup adalah dengan menjalin kerjasama yang menguntungkan dengan perusahaan lain yang terkait. Membuat kemitraan dengan perusahaan lain memang memiliki banyak keuntungan. Salah satu ketuntungan yang bisa diperoleh adalah mendapatkan promosi yang murah bahkan gratis. Beberapa promosi yang muncul dari hubungan kerjasama dengan perusahaan rekanan yakni voucher diskon, sponsor gratis dan lain sebagainya. Tapi untuk bisa membuat kerjasama dengan perusahaan rekanan Anda harus mampu memberikan penawaran yang saling menguntungkan.

Inilah beberapa cara yang mudah dan murah bisa Anda lakukan untuk melakukan pemasaran startup. Dengan teknik marketing tadi startup bisa melakukan penghematan anggaran yang bisa dialokasikan untuk keperluan lain. Tapi harus diingat juga bahwa kesuksesan sebuah startup bukan hanya ditentukan oleh aktivitas pemasaran, namun ada banyak hal lain yang perlu dimaksimalkan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top