Keuangan

Mau Pilih dan Pakai Kartu Kredit? Cermati 4 Hal Penting Berikut Ini

kartu kredit

Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran yang saat ini semakin digemari beberapa kalangan. Dengan kemudahan dan cara pembayaran yang bisa dilakukan sesudahnya membuat kartu kredit semakin banyak yang meminatinya. Tapi karena saat ini sudah banyak pihak yang menghadirkan dan menawarkan kartu kredit, maka kita sebagai konsumen atau calon penggunanya musti berhati-hati saat memilihnya. Ini karena bila Anda salah memilih kartu kredit yang tepat dan sesuai diri dan kebutuhan, kartu kredit tersebut dapat menyulitkan dan menyengsarakan hidup Anda.

  1. Carilah Bank yang Memiliki Produk Kartu Kredit Pertama

Pertama, hal penting yang perlu dicermati saat akan memilih dan menggunakan kartu kredit adalah bank penerbit produk kartu kredit. Supaya Anda tidak banyak membuang waktu secara percuma saat mengajukan kartu kredit dan terhindar dari penolakan maka pastikan Anda mencari bank yang memiliki produk kartu kredit pertama. Untuk mencari tahu bank yang memiliki produk kartu kredit pertama ini Anda bisa mengakses Google dan mencari tahu informasinya.

  1. Perhatikan Kelengkapan Dokumen yang Diminta

Berikutnya, hal penting yang perlu Anda cermati saat akan memilih dan menggunakan kartu kredit adalah dengan memperhatikan kelengkapan dokumen yang diminta. Ketika mengajukan kartu kredit, Anda memang akan diminta untuk melengkapi beberapa persyaratan seperti kelengkapan dokumen. Maka dari itu sebelum datang ke pihak bank yang menerbitkan produk kartu kredit pertama, Anda harus mengetahui dokumen-dokumen yang akan dipersyaratkan. Setelah mengetahuinya, cobalah untuk melengkapinya sebelum benar-benar mengajukan kartu kredit.

  1. Memiliki Riwayat Keuangan yang Baik Itu Perlu

Saat Anda mengajukan kartu kredit, maka pihak bank memang akan melakukan tracking terhadap riwayat keuangan Anda. Riwayat keuangan sendiri tidak hanya berkaitan dengan urusan bank, tapi juga kredit atau angsuran Anda juga akan ditelusuri oleh pihak bank. Penelusuran atau tracking yang dilakukan oleh pihak bank terhadap riwayat keuangan Anda ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pantas Anda bisa mendapatkan kartu kredit. tentu bila riwayat keuangan Anda buruk seperti karena kredit macet, hal ini membuat Anda akan kesulitan mendapatkan kartu kredit. Tapi bila riwayat keuangan Anda baik tentu Anda akan lebih mudah dipercaya oleh pihak bank untuk mendapatkan persetujuan kepemilikan kartu kredit.

  1. Pilih Kartu Kredit yang Memberikan Banyak Promo

Selain pembayaran yang mudah dan bisa dilakukan sesudahnya, penggunai juga tertarik dengan kartu kredit karena adanya banyak promo yang ditawarkan. Dengan promo, Anda memang bisa berbelanja dengan lebih murah. Tapi tentunya tidak semua penyedia kartu kredit menghadirkan banyak promo. Nah, dari sinilah Anda sebagai calon pengguna harus mencari pihak penyedia akrtu kredit yang banyak memberikan promo. Dengan adanya banyak promo yang ada maka Anda akan mendapatkan banyak keuntungan.

  1. Pilih Kartu Kredit yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Terakhir, hal penting yang perlu dicermati ketika akan memakai dan menggunaka kartu kredit adalah dengan memilih kartu kredit sesuai kebutuhan. Pada akhirnya, Anda memang diharuskan kembali pada diri Anda sendiri. Tengoklah berapa pendapatan Anda selama sebulan dan pengeluaran yang bisa terjadi dalam waktu itu. Dari sini maka Anda pun bisa memilih kartu kredit yang sesuai kebutuhan. Saat ini akrtu kredit memang memiliki banyak variasi, seperti misalnya silver, gold dan platinum. Masing-masing jenis kartu kredit ini memang memiliki tanggungan yang berbeda-beda. Semakin tinggi status kartu kredit maka akan semakin besar tanggungan yang harus dibayarkan. Nah dari jenis dan ragam kartu kredit inilah Anda harus memilih yang sesuai kebutuhan. Hal ini dilakukan agar kartu kredit yang Anda miliki tidak lantas membuat Anda sengsara saat harus melakukan pembayaran.

Itulah beberapa hal penting yang perlu dicermati saat akan memilih dan memakai kartu kredit. Sekali lagi kartu kredit hanyalah salah satu pilihan alat pembayaran yang ada dan bisa digunakan. Tapi bila kartu kredit ini memang sangat dibutuhkan, tentu Anda berharap ada banyak manfaat yang bisa diperoleh, bukan masalah yang malah datang kepada Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top