Lainnya

Mau Presentasi Bisnis Lebih Sukses dan Mencapai Deal? Coba Terapkan 6 Tips Ini

presentasi-bisnis

Untuk bisa mendapatkan deal bisnis, baik itu dengan klien atau mitra, presentasi bisnis memang seringkali diperlukan. Dengan presentasi bisnis maka klien atau mitra bisa teryakinkan dan kemudian melakukan deal. Namun agar bisa menyakinkan mitra atau klien, tentu presentasi bisnis ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pasalnya menyakinkan klien dan mitra untuk deal bisnis tidaklah semudah dibayangkan, meski dilakukan dengan presentasi bisnis. Maka dari itu Anda yang ingin mencapai kata deal dengan klien atau mitra, haruslah benar-benar menyiapkan presentasi bisnis ini dengan serius dan sungguh-sungguh. Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk bisa menjadikan presentasi lebih sukses dan mencapai deal.

  1. Buatlah Coret-Coretan atau Draft

Pertama, tips menjadikan presentasi bisnis lebih sukses untuk mencapai deal adalah dengan membuat draft atau corat-coret terlebih dahulu. Catatan kecil dalam bentuk draft ini dilakukan untuk mendapatkan hal-hal penting yang harus disampaikan dan tak terlewatkan. Biasanya bila langsung dengan membuat slide powerpoint tanpa didahului draft maka akan ada beberapa hal penting yang terlewat. Maka dari itu karena presentasi bisnis ini penting maka Anda harus membuat semua hal penting tersampaikan. Nah cara untuk bisa membuat semua hal penting ini tersampaikan maka membuat draft atau corat-coretan terlebih dahulu merupakan cara yang tepat dilakukan.

  1. Menjadikan Slide Hanya Sebagai Poin-Poin Terpenting Saja

Setelah mendapatkan draft atau corat-coret dari beberapa hal penting yang akan disampaikan pada presentasi, maka selanjutnya untuk mengeksekusi slide powerpoint. Nah dalam membuat slide powerpoint ini maka Anda harus membuatnya seringkas mungkin. Sesuai dengan namanya yakni powerpoint, maka Anda memang harus menyajikan poin-poinnya saja. Tujuan menampilkan poin-poin ini adalah agar klien atau mitra bisa memahami dengan cepat dan singkat serta tidak membuang-buang waktu. Jika memang kemudian muncul pertanyaan dan membutuhkan penjelasan yang lebih detail maka Anda tinggal menjelaskannya secara langsung dengan ucapan.

  1. Pakai Template, Tulisan dan Warna yang Baik

Ketika membuat slide powerpoint untuk presentasi, pastikan Anda menggunakan template, tulisan dan warna yang baik. Sebab dengan penggunaan tempalate, tulisan dan warna yang baik maka Anda akan mampu membuat klien atau mitra lebih tertarik pada presentasi Anda. Jika klien dan mitra sudah tertarik dengan presentasi Anda maka deal akan semakin berpeluang untuk Anda dapatkan. Namun bila Anda menghadirkan powerpoint dengan template asal-asalan, tulisan yang biasa dan tanpa warna, maka hal ini akan membuat presentasi Anda jadi monoton dan membosankan.

  1. Gunakan Gambar, Audio, Video atau Tampilan Statistika

Selain tulisan, Anda juga tidak boleh lupa untuk menggunakan gambar, audio, video dan statistika bila memang bisa ditampilkan pada powerpoint. Dengan menampilkan gambar, audio, video, dan statistika, maka slide powerpint Anda akan hidup dan memikat. Klien dan mitra yang melihatnya pun akan lebih antusias. Nah saat klien dan mitra lebih antusias dengan presentasi Anda maka peluang untuk closing atau deal pun akan semakin besar.

  1. Buatlah Cerita Dalam Presentasi Anda

Storytelling saat ini memang menjadi sesuatu yang menarik dan selalu dicari. Dengan sebuah cerita atau kisah, pendengar memang akan lebih antusias menyimaknya. Dengan menghadirkan cerita, Anda juga akan mampu menyajikan sesuatu yang berbeda sehingga presentasi Anda tidak jadi membosankan. Nah Anda yang punya kemampuan untuk bercerita, bisa membawanya dalam presentasi atau dalam powerpoint Anda. Salah satu contoh storytelling mudah yang bisa Anda hadirkan dalam presentasi adalah kisah tentang perintisan bisnis Anda.

  1. Berikan Audience Sesuatu yang Berkesan

Terakhir, tips untuk membuat presentasi bisnis lebih sukses adalah memberikan audience sesuatu yang berkesan. Agar lebih memukau, cobalah memberikan sesuatu yang berkesan ini diakhir presentasi. Dengan memberikan sesuatu yang berkesan di akhir presentasi maka selain bisa memperbesar peluang Anda mencapai deal, juga membuat presentasi Anda akan selalu dikenal oleh klien atau mitra. Beberapa hal berkesan yang bisa Anda berikan ketika presentasi adalah yel-yel, pantun, kuis, tebakan dan lainnya.

Itulah beberapa tips untuk menjadikan presentasi bisnis Anda lebih menarik dan sukses. Mungkin bagi Anda yang pemula, tidak seketika Anda akan mencapai sukses saat melakukan presentasi pertama. Tapi jangan putus asa bila Anda mendapati kegagalan. Cobalah terus, karena kegagalan adalah awal dari keberhasilan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top