Lainnya

Mau Rekrut Karyawan? Jangan Lupakan 5 Hal Ini Sebagai Bahan Pertimbangan

rekrutmen_karyawan-1

Sebagai pebisnis, maka ketika usaha sedang berkembang maka pastinya Anda membutuhkan karyawan yang bisa membantu Anda menggerakkan roda bisnis. Tapi supaya perusahaan terus mencapai pertumbuhan, maka Anda sebagai pebisnis harus bisa mendapatkan karyawan terbaik. Kinerja karyawan memang akan sangat berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan usaha Anda. Bila karyawan yang Anda miliki tidak bermutu maka hasilnya akan membuat bisnis Anda akan sulit bertumbuh. Alih-laih tumbuh, karyawan dengan kinerja buruk dapat membuat usaha Anda mengalami kegagalan. Maka dari itu untuk mendapatkan karyawan terbaik maka Anda harus concern dengan proses rekrutmen. Setidaknya dalam proses rekrutmen karyawan ini, Anda tidak boleh melupakan 5 hal berikut ini sebagai bahan pertimbangan.

  1. Surat Lamaran dan CV

Pertama, hal yang tidak boleh terlupakan saat menjalankan proses rekrutmen karyawan adalah surat lamaran dan CV. Meskipun Anda melakukan rekrutmen secara online, kedua dokumen ini tidak boleh terlupakan. Pasalnya, surat lamaran dan CV ini akan menjadi bahan pertimbangan Anda dalam merekrut karyawan. Dari surat lamaran sendiri, Anda akan mendapatkan penjelasan yang gamblang mengenai keseriusan mereka dalam melamar pekerjaan. Sementara itu dari dokumen CV (Curriculum Vitae), Anda akan bisa mendapatkan rekam jejak kehidupan dan track record yang dimiliki karyawan. Jadi dari sini kedua dokumen ini sangatlah penting untuk Anda miliki dari para calon karyawan Anda sebagai bahan petimbangan perekrutan.

  1. Tes Tulis

Untuk mengetahui bagaimana informasi mengenai wawasan dan pengetahuan calon karyawan Anda maka Anda bisa menggunakan tes tulis sebagai instrumennya. Wawasan mengenai pengetahuan umum atau pengetahuan sesuai bidang memang sangat penting untuk Anda ketahui dari calon karyawan Anda. Sebab dari wawasan yang dimiliki, Anda akan bisa mendapatkan gambaran mana karyawan yang akan bekerja dengan optimal dan mana yang tidak bagi perusahaan. Tes tulis ini bisa Anda susun sendiri dengan apapun jenis pertanyan yang akan diajukan. Tapi bila Anda malas menyusun tes tulis maka Anda bisa menjalin kerjasama dengan pihak terkait yang memiliki pengalaman mengadakan beberapa tes tulis untuk karyawan.

  1. Tes Psikologi

Berikutnya, hal yang tidak boleh terlupakan dalam proses rekrutmen karyawan sebagai bahan pertimbangan adalah tes psikologi. Karyawan yang juga seorang manusia pastinya memiliki kepribadian dan karakter yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Nah Anda yang ingin membuat perusahaan selalu bertumbuh haruslah memilih karyawan dengan kepribadian dan karakteristik yang baik. Jangan sampai Anda merekrut karyawan yang memiliki kepribadian yang buruk. Ini karena bila Anda memiliki karyawan dengan kepribadian yang buruk maka hal ini akan berdampak pada bisnis Anda yang sulit berkembang. Cara untuk bisa mengetahui kepribadian dan karakteristik karyawan adalah dengan menghadirkan tes psikologi. Meski saat ini tes psikologi dan wawancara ini banyak yang sudah mengatahui trik dan cara mengatasinya, namun Anda tak boleh pesimis. Sebab, Anda bisa menghadirkan tes psikologi yang baru dengan melakukan modifikasi tes psikologi lama.

  1. Wawancara

Setelah melakukan tes tulis dan tes wawancara, biasanya perusahaan akan melanjutkan proses rekrutmen pada tahap interview (wawancara). Tahap inteview ini adalah tahap bagaimana Anda sebagai pemilik usaha atau diwakili pihak HRD dan seorang calon karyawan akan bertemu. Dalam pertemuan tersebut, Anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan untuk nantinya dijawab calon karyawan. Dari proses atau tahapan wawancara ini nantinya Anda akan bisa mendapatkan gambaran mengenai kepribadian atau juga keseriusan mereka pada pekerjaan yang dilamar. Tentu supaya bisa mendapat informasi tersebut Anda harus bisa menyusun daftar pertanyaan wawancara yang baik. Untuk menghindari trik menjawab dari calon karyawan pada tipe tes wawancara lama, Anda bisa menyusun daftar pertanyaan baru. Dari hasil tes wawancara ini nantinya Anda bisa menjadikannya sebagai bahan pertimbangan dalam proses rekrutmen.

  1. Chemistry

Terakhir, hal yang tak boleh terlupakan dalam proses rekrutmen sebagai bahan pertimbangan adalah chemistry. Chemistry atau kecocokan memang seringkali menjadi hal yang digunakan dalam proses rekrutmen oleh para pebisnis. Apalagi bila ada dua calon karyawan yang memiliki nilai yang sama, maka chemistry biasanya akan menjadi penentunya. Sebagai seorang manusia, pastinya Anda memiliki perasaan. Nah dari perasaan inilah bisa muncul sebuah intuisi dan chemistry untuk menentukan atau memilih satu dari beberapa pilihan calon karyawan untuk Anda rekrut.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top