Lainnya

Mau Resign dan Jalankan Bisnis? Pastikan 5 Momentum Ini Telah Anda Miliki

resign-dan-berbisnis

Resign atau berhenti bekerja merupakan hal yang biasa dalam dunia karir. Alasan untuk resign sendiri beragam, termasuk ingin menjalankan bisnis. Anda sendiri memang memiliki hal untuk melakukan resign. Namun untuk kemudian memutuskan resign dengan alasan akan menjalankan bisnis, Anda tak bisa sembarangan untuk kemudian melakukannya. Sebab resign dengan alasan menjalankan bisnis membuat Anda akan berhadapan dengan dua dunia yang sangat berbeda. Agar Anda tidak menyesal ketika memutuskan resign untuk menjalankan bisnis, maka Anda harus melakukannya pada momentum yang tepat. Waktu atau momentum untuk resign dan kemudian menjalankan bisnis memang akan sangat membantu Anda sukses melalui dua dunia yang berbeda tadi. Nah, berikut ini adalah momentum terbaik untuk Anda melakukan resign dan menjalankan bisnis.

  1. Saat Fisik dan Mental Sudah Siap

Pertama, momentum yang tepat untuk resign dan menjalankan bisnis adalah ketika Anda sudah siap secara fisik dan mental. Untuk berpindah ke dunia bisnis memang dibutuhkan fisik dan terutama mental yang matang. Ini karena di dunia bisnis Anda akan berjuang lebih keras. Jika selama ini Anda bekerja sebagai karyawan bekerja sesuai jam kerja saja, maka Anda yang beralih menjadi pebisnis bukan berarti Anda bekerja selama 24 jam non stop selama 7 hari. Maka dari itu menjadi pebisnis tanpa memiliki fisik dan mental yang mantap akan mengalami kegagalan. Maka dari itu saat akan merencanakan resign, pastikan dulu Anda mempersiapkan fisik dan mental sebaik mungkin supaya ketika terjun ke dunia bisnis Anda sudah siap dan tidak kaget. Ketika fisik dan mental Anda sudah siap maka Anda pun akan bisa menjalankan bisnis dengan lancar dan sukses.

  1. Saat Rencana Bisnis Sudah Matang

Momentum berikutnya yang perlu Anda miliki saat akan resign dan menjalankan bisnis adalah saat rencana bisnis yang sudah matang. Rencana bisnis memang penting untuk dimiliki. Sebab dengan rencana bisnis Anda akan bisa menjalankan usaha dengan baik dan lancar. Dengan adanya risiko dalam bisnis, Anda memang tak bisa sembarangan ketika ingin menjalankan usaha. Apalagi bila Anda baru memulai usaha dengan segala keterbatasan, tentu Anda tak ingin merugi kan. Nah agar Anda tak merugi ketika menjalankan bisnis diawal-awal usaha maka Anda harus membuat rencana bisnis yang matang. Memang tidak ada jaminan bahwa dengan memiliki rencana bisnis yang matang bisa membuat Anda pasti berhasil. Tapi setidaknya dengan adanya rencana bisnis yang matang Anda bisa meminimalisir segala risiko yang ada.

  1. Saat Punya Tabungan yang Cukup

Untuk menjalankan bisnis Anda memang membutuhkan modal. Dari sinilah maka ketika Anda merencanakan resign dan kemudian berbisnis, harus memiliki dana lebih. Dana lebih yang berwujud tabungan memang akan membuat Anda jadi lebih tenang ketika berbisnis. Sebab, dengan tabungan yang cukup, Anda bisa menyisihkannya untuk modal bisnis dengan tetap menjalani kehidupan seperti biasanya. Tabungan ini sendiri benar-benar merupakan uang yang telah Anda tabung selama bekerja, bukan termasuk dari uang pesangon. Sebab uang pesangon bisa Anda jadikan dana darurat untuk mengatisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi pastikan saja Anda memiliki momentum ini ketika Anda berencana resign dan menjalankan bisnis.

  1. Saat Sudah Punya Rekan yang Mendukung

Selanjutnya, momentum tepat yang harus Anda miliki saat merencanakan resign dan akan menjalankan bisnis adalah adanya rekan kerja yang mendukung. Anda memang tidak bisa menjalankan usaha ini sendirian. Selain karyawan, relasi atau mitra bisnis akan menjadi rekan kerja yang sangat Anda butuhkan untuk membantu Anda menjalankan usaha. Tidak hanya membantu bisnis dalam hal teknis, namun rekan kerja terutama relasi akan bisa mendukung Anda dalam hal memberikan arahan dan nasehat bisnis.

  1. Saat Anda Siap untuk Bekerja Keras

Terkakhir, momentum yang harus Anda miliki ketika akan merencanakan resign dan menjalankan bisnis adalah ketika Anda sudah siap bekerja keras. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bisnis memang harus dijalankan dengan penuh perjuangan dan kerja keras. Sebab tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat membuat pebisnis harus ekstra berjuang jika ingin bisnisnya sukses. Nah peralihan dari karyawan menjadi pebisnis pastinya akan membuat Anda kaget bila tidak mengantisipasinya dengan momentum ini.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top