Tips

Mau Sukses Berbisnis? Coba Terapkan Tips Sukses Wirausaha dari Chairul Tanjung Berikut Ini

Chairul-Tanjung

Siapa sih yang tak kenal sosok Chairul Tanjung. Apalagi Anda yang merupakan seorang pebisnis. Chairul Tanjung memang merupakan pebisnis sukses yang ternama di Indonesia. Dengan beberapa perusahaan yang dimiliknya dibawah naungan CT Corp, membuat pria kelahiran Jakarta, 16 Juni 1962 tersebut juga dikenal sebagai sosok miliarder. Lalu bagaimana seorang Chairul Tanjung yang berlatar belakang keluarga biasa ini bisa menjadi sosok yang fenomenal seperti sekarang ini. Nah berikut ini ada beberapa tips dari “Si Anak Singkong” Chairul Tanjung untuk Anda yang ingin sukses menjalankan bisnis atau wirausaha. Berikut informasinya.

  1. Kerja Keras dan Kerja Cerdas

Tips sukses berbisnis pertama dari Chairul Tanjung adalah bekerja keras dan cerdas. Menurut Chairul, untuk meraih sukses memang bukan perkara yang mudah. Hanya orang-orang yang mau bekerja lebih banyak dari orang lain yang mampu mencapainya. Chairul Tanjung sendiri saat masa awal menjalankan bisnisnya, bekerja minimal 18 jam dalam satu hari. Tentu pekerjaan ini memang berat, tapi itulah sebuah proses yang harus dilakukan entrepreneur yang ingin meraih sukses. Tapi di sisi lain menurut pria yang pernah menjabat menteri perekonomian tersebut, seorang pebisnis juga harus bisa menggunakan akalnya untuk dapat bekerja cerdas. Sebab dengan bekerja cerdas, Anda akan bisa selangkah satu-dua langkah lebih maju dari para kompetitor. Kerja cerdas memang diperlukan untuk bisa memenangkan persaingan meraih pasar. Chairul Tanjung sendiri dalam bekerja selalu memaksimalkan kemampuan pikirannnya. Dari sini lahirlah Trans Studio sebagai salah satu contoh kerja cerdas yang dilakukannya. Trans Studio yang merupakan taman hiburan indoor pertama di Indonesia memang merupakan terobosan yang hanya bisa dihadirkan oleh orang-orang kreatif dan cerdas.

  1. Ikuti dan Tekuni Passion

Passion memang merupakan sesuatu yang dapat membuat seseorang bisa bekerja dengan penuh antusias. Maka dari itu Chairul Tanjung menyarankan pada siapa pun yang akan terjun ke dunia bisnis untuk mencari passionnya terlebih dahulu. Dan pastikan pula Anda memang memiliki passion dibidang wirausaha baru mencari passion bidang usahanya. Setelah mendapatkan passion dibidang usahanya, tekuni terus bisnis tersebut hingga Anda meraih kesusuksesan. Menilik kisah Chairul Tanjung sendiri maka kita memang akan mendapati passion beliau dibidang wirausaha. Ketika menemukan passionnya tersebut, Chairul terus menekuninya dan akhirnya mampu meraih sukses

  1. Berkomitmen

Berikutnya, tips sukses dari Chairul Tanjung yang perlu Anda terapkan yaitu komitmen. Sukses memang membutuhkan komitmen dari orang yang menjalankannya. Sebab bisnis tanpa komitmen akan membuat pelakunya mudah terombang-ambing. Jika sudah demikian bisnis yang dijalankan pun akan berpeluang cepat gulung tikar. Tapi bila bisnis dilakukan dengan penuh komitmen maka akan ada sebuah peluang untuk siapa pun guna meraih sukses. Menurut Chairul Tanjung sendiri ada setidaknya tiga komitmen yang perlu dimiliki pebisnis untuk meraih sukses yaitu komitmen untuk belajar, komitmen menjalankan rencana dan komitmen berdisiplin.

  1. Sukses Adalah Sebuah Proses dan Kebiasaan

Siapa yang menganggap sukses adalah hal yang bisa diperoleh secara instan maka mereka akan mengalami kesulitan untuk mencapainya. Sukses sejati memang membutuhkan proses dan waktu yang tidak singkat untuk meraihnya. Proses dalam meraih sukses sendiri bisa kita lihat dari kisah Chairul Tanjung dimana dirinya merintis bisnisnya dari bawah hingga mencapai sukses namun dalam waktu yang tidak sebentar. Selain harus melewati proses, pebisnis yang ingin sukses juga harus menjalankan kebiasaan. Kebiasaan memang akan membantu pebisnis untuk bisa mendapatkan rahasia-rahasia yang membuatnya cepat mendapatkan banyak omset. Tapi bila pebisnis tak menjalankan kebiasaan maka mereka akan mendapati hal-hal yang biasa-biasa saja.

  1. Sukses Itu Adalah Hak Setiap Orang

Terakhir, tips sukses wirausaha dari Chairul Tanjung yakni meyakini bahwa sukses adalah hak setiap orang yang mau berusaha. Ini adalah perkara sederhana namun krusial bila dilupakan. Sebab memang dalam kenyataannya tidak sedikit orang yang mengesampingkan hal ini. Padahal keyakinan bahwa dirinya berhak meraih sukses adalah sesuatu yang sangat penting untuk setiap pebisnis. Bila seorang pengusaha tidak memiliki keyakinan tersebut maka hal ini akan membuat Anda sulit untuk bisa mencapai sukses sejati. Chairul Tanjung adalah sosok yang sangat menyakini bahwa sukses adalah miliki atau hak setiap orang. Chairul sendiri lahir dari keluarga biasa bahkan tergolong ekonomi bawah. Namun dengan tekad dan keyakinannya, Chairul pun bisa meraih sukses.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top