Tips

Mau Sukses Jualan di Media Sosial? Terapkan 6 Tips Berikut Ini

suskes-jualan-di-media-sosial

Sebagai salah satu teknik marketing online, media sosial memang telah banyak digemari dan menjadi andalan bagi para pebisnis. Terus meningkatnya jumlah pengguna sosial di Indonesia dan dunia membuat pemasaran di media sosial punya peluang besar untuk meraih konsumen dan meningkatkan omset. Meski telah memiliki website dan telah menjalankan email marketing, media sosial tak pernah luput dari perhatian para pebisnis. Namun untuk sukses tentu pemasaran via media sosial ini perlu rencana dan perencanaan yang baik serta pelaksanaan dengan serius. Nah berikut ini ada beberapa tips merancang kesuksesan pemasaran media sosial yang bisa Anda terapkan untuk bisnis.

  1. Menentukan Target Market

Sebelum melancarkan teknik pemasaran, terlebih dahulu Anda harus menentukan target pasar yang potensial bagi bisnis. Menentukan target market ini seperti melakukan seleksi pada konsumen tertentu yang sesuai dengan jenis bisnis Anda. Anda bisa melakukan penentuan target pasar ini berdasarkan beberapa kriteria tertentu seperti rentang usia, profesi, hobi dan lainya. Semakin detail kriteria yang Anda tetapkan untuk target pasar, maka akan semakin mudah pula Anda bisa mendapatkannya. Selain orang per orang, jangan lupa juga sasar beberapa grup facebook yang punya kriteria target pasar yang telah Anda tentukan.

  1. Buat Update Status Menarik

Media sosial tentu tidak akan terlepas dengan update status. Nah dari sini Anda yang ingin meraih sukses di media sosial, harus mampu menciptakan update status yang menarik setiap kali akan membuatnya. Semakin menarik status yang Anda buat maka akan semakin besar peluang Anda mendatangkan customer dan suskes. Sebab ketika status yang Anda buat dapat menarik pengguna media sosial maka akan ada respon positif berupa share dan like yang bisa diperoleh. Dengan respon positif yang didapat maka akan ada timbal balik berupa pembelian dari beberapa customer.

  1. Selalu Gunakan Hashtag Pada Setiap Postingan

Tagar hashtag bukanlah sesuatu yang digunakan untuk gaya-gayaan saja. Tapi tagar ini punya sebuah keajaiban yang dapat membuat jualan Anda mendapatkan pembeli dan tentunya omset. Seperti model pencarian, tagar hashtag bisa mengarahkan seseorang pembeli pada jualan Anda. Namun supaya pembeli benar-benar menuju ke Anda, gunakan hashtag yang tepat dan akurat. Seperti contih hastag #BajuRenangMurah akan lebih baik dibanding dengan penggunaan hashtag #FashionUntukBajuRenangHargaMurah. Jadi gunakan hashtag yang simpel yang biasanya diketik orang lain yang sedang mencari produk.

  1. Update Foto Profil Secara Rutin

Tidak hanya konten yang perlu Anda update, tapi foto profil juga perlu diupdate secara rutin. Mengapa harus mengupdate foto profil? Sebab foto profil yang diupdate bisa membuat pengguna media sosial atau followers penasaran dan ingin melihat profil bisnis Anda. Nah dari rasa penasaran pengguna media sosial atau followers tersebut maka mereka bisa saja kemudian melakukan pembelian. Jangan lupa juga untuk menggunakan foto profil terbaik setiap kali update supaya bisa menarik followers.

  1. Merespon Konsumen Secepat Mungkin

Berikutnya, tips sukses jualan di media sosial adalah dengan selalu merespon pelanggan dengan cepat. Pelanggan atau siapa pun memang tak akan suka menunggu. Semakin lama konsumen menunggu respon bisnis maka akan semakin sulit Anda akan bisa menarik pembelian. Jadi berhati-hatilah dalam merespon pelanggan. Jangan biarkan konsumen Anda menunggu lama untuk respon di media sosial bisnis Anda jika ingin sukses.

  1. Membangun Komunikasi yang Baik dengan Para Pelanggan

Hal lain yang bisa membuat jualan Anda sukses di media sosial adalah membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan. Komunikasi yang baik memang akan membuat konsumen atau pelanggan jadi puas. Sebab dengan komunikasi yang baik, pelanggan merasa diperhatikan. Namun komunikasi yang Anda jalin dengan konsumen ini jangan terlalu sering. Sebab jika komunikasi ini terlalu sering bisa membuat pelanggan terganggu dan kesal. Sekedar menanyakan kabar pelanggan di suatu waktu saja akan menjadi hal yang baik untuk komunikasi Anda guna mensukseskan bisnis via media sosial.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mensukseskan jualan di media sosial. Namun satu hal yang perlu Anda perhatikan untuk mengoptimalkan sukses jualan di media sosial adalah menerapkan tips-tips di atas secara konsisten.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top