Lainnya

Mau Tau Pergerakan Kompetitor Bisnis Anda? Lakukan Saja 5 Strategi Ini

Dalam bisnis kompetitor atau pesaing memang akan selalu ada. Semakin banyak jumlah kompetitor maka akan semakin besar pula timgkat persaingan yang harus dihadapi. Maka dari itu, dengan wujud bisnis yang sama, Anda dan kompetitor akan saling berjuang merebut hati masyarakat untuk bisa menjadi konsumen atau pelanggan. Dari persaingan mendapatkan konsumen dan memenangkan persaingan inilah kemudian pebisnis melakukan beberapa cara. Salah satu cara yang dilakukan adalah mengetahui pergerakan kompetitor. Cara ini memang boleh dilakukan karena masih terbilang hal yang wajar dan sehat serta tidak merugikan pihak lain. Nah untuk Anda yang memang sedang bersaing dalam hal bisnis dan ingin mengetahui pergerakan kompetitor maka Anda bisa menerapkan lima strategi berikut ini.

  1. Menjadi Ghost Shopping atau Konsumen Bayangan

Pertama, strategi yang bisa Anda lakukan untuk bisa memantau pergerakan kompetitor adalah dengan menjadi ghost shooping atau konsumen bayangan. Teknik yang juga sering digunakan para owner bisnis untuk mengetahui kinerja karyawannya ini memang cukup efektif dilakukan. Hal ini dikarenakan dengan menjadi ghost shopping maka akan banyak hal yang bisa Anda ketahui dari pesaing. Sesuai dengan namanya, untuk menjadi ghost shopping Anda harus menetapkan diri Anda sebagai seorang konsumen di tempat kompetitor. Tapi menjadi ghost shopping tidak melulu menjadikan Anda sebagai pembeli yang berbelanja produk kompetitor. T api Anda juga harus mampu menggali banyak informasi saat berada di sana. Bisa dikatakan menjadi ghost shopping ini mirip seperti menjadi seorang mata-mata. Nah dari informasi yang didapatkan ketika menjadi ghost shopping inilah maka Anda akan bisa mencari celah dari kompetitor untuk dapat Anda gunakan sebagai strategi memenangkan persaingan.

  1. Follow Media Sosial yang Dimiliki Kompetitor

Kini hampir tidak ada sebuah usaha atau perusahaan yang tak memiliki media sosial. Keberadaan media sosial yang seringkali digunakan sebuah bisnis, termasuk oleh kompetitor, dapat Anda manfaatkan dalam mengetahui pergerakan dari pesaing. Hal ini dikarenakan media sosial pastinya akan rajin di-update oleh pemiliknya. Nah saat Anda bisa mengetahui apa-apa yang sedang dilakukan oleh kompetitor dalam media sosial maka Anda pun bisa mencari celah yang ada untuk menyusun strategi memenangkan persaingan. Nah untuk bisa mendapatkan informasi dalam akun media sosial kompetitor Anda harus melakukan follow terlebih dahulu. Jangan lupa juga gunakan identitas selain akun perusahaan saat melakukan strategi ini.

  1. Cari Celah Dari Bookmark Website Kompetitor

Jika pesaing atau kompetitor memiliki website maka Anda bisa menggunakannya untuk memenangkan persaingan. Bagaimana caranya? Lakukan saja bookmark pada website kompetitor. Dengan melakukan bookmark maka Anda akan mendapatkan update informasi dari kompetitor dengan cepat. Jadi dari sini Anda pun akan memperoleh informasi mengenai pergerakan kompetitor. Ketika Anda bisa mengetahui pergerakan kompetitor maka Anda juga dapat membuka peluang besar memenangkan persaingan. Bookmark website sendiri seperti berlangganan surat kabar atau majalah dimana Anda akan selalu mendapatkan pembaruan informasi setiap waktu. Supaya tidak diketahui Anda sedang menguntit maka untuk melakukan bookmark cobalah untuk menggunakan selain akun perusahaan.

  1. Bertanya Pada Konsumen

Berikutnya, untuk mengetahui pergerakan kompetitor Anda bisa bertanya pada konsumen melalui metode survei atau wawancara. Dari cara ini Anda bisa mendapatkan informasi  berharga mengenai kompetitor Anda yang bisa jadi belum pernah peroleh. Dari beberapa pertanyaan yang Anda ajukan pada konsumen cobalah sesekali menyinggung produk pesaing. Nah dari sinlah muncul informasi yang akan membuat Anda dapat mengetahui pergerakan kompetitor.

  1. Buat dan Ramaikan Forum Bisnis

Terakhir, strategi yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengetahui pergerakan kompetitor adalah membuat forum bisnis. Meski tak berhubungan secara langsung dengan kompetitor tapi degan membuat forum bisnis Anda akan berpeluang mendapatkan informasi dari beberapa netizen dalam dunia usaha yang sedang digeluti. Ketika forum yang Anda buat ramai dipenuhi dengan obrolan seputar bidang bisnis maka sangat mungkin nantinya ada informasi yang muncul mengenai kompetitor Anda. Dari sinilah Anda bisa mengambil informasi tersebut untuk mengamati pergerakan dan menyusun strategi memenangkan persaingan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top