StartUp dan UKM

Mengenal 5 Aplikasi Pendukung Kesuksesan Bisnis UKM

Dalam membangun bisnis, bahkan untuk kelas UKM sekalipun, tentunya anda perlu mulai mengatur bisnis tersebut dengan manajemen yang baik. Beruntungnya sekarang ini terdapat banyak sekali teknologi yang telah dikembangkan untuk memantu mendukung kinerja pengusaha UKM dalam mengatur usaha dengan manajemen yang lebih moderen. Berikut  ini terdapat 5 aplikasi yang akan membantu bisnis UKM anda bisa naik kelas dan memperoleh kesuksesan.

  1. 2BizBox ERP

2BizBox ERP adalah aplikasi gratis ERP dan manajemen persediaan atau stok barang. Aplikasi yang satu ini akan sangat bermanfaat dan cocok untuk pemilik usaha kecil dan menengah untuk mengawasi ketersediaan stok barang dan sumber daya lainnya yang dimiliki.  Selain sangat cocok untuk digunakan oleh usaha kecil dan menengah, aplikasi 2BizBox ERP ini ternyata juga sangat cocok untuk digunakan oleh bisnis dengan skala besar, dimana dengan pemakaian aplikasi ini, maka akan memudahkan anda dalam mengontrol sumber daya yang ada dengan cara memanfaatkan semua fitur yang ada dalam aplikasi ini.

  1. Stock Inventory

Stock inventory merupakan sebuah perangkat lunak manajemen persediaan atau stok barang gratis untuk PC. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk bisa melacak produk atau item yang berdasarkan pada transaksi barang atau jenis transaksi. Aplikasi stock inventory ini sendiri juga bisa digunakan untuk mencetak setiap transaksi dan membantu anda dalam mengganti stok barang yang mengalami atau sudah rusak. Aplikasi ini akan sangat membantu anda dalam menyusun ulang daftar persediaan barang, mengelola pesanan pelanggan dan melacak total stok barang yang ada. Aplikasi gratis Stock Inventory ini sendiri khusus dibuat untuk para pengusaha yang memiliki usaha kecil dan menengah atau UKM.

  1. Kasir Pintar

Aplikasi yang bernama kasir pintar ini dapat anda gunakan sepenuhya secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya apapun untuk membantu anda yang memiliki bisnis UKM mengelola keuangan melalui ponsel android. Aplikasi kasir pintar ini mempunyai tampilan dan navigasi yang cukup sederhana. Dengan begitu, aplikasi ini bisa dengan mudah digunakan oleh orang awam atau yang masih pemula dalam bisnis sekalipun. Selain itu aplikasi kasir pintar ini juga menggunakan sistem yang berbasis cloud yang dapat di akses secara online ataupun offline.

Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan oleh aplikasi kasir pintar adalah mode barcode scanner, dimana anda dapat memanfaatkan fitur yang satu ini untuk mengetahui harga dari setiap barang hanya dengan mengarahkan kamera smartphone anda ke barcode yang ada pada masing-masing barang yang akan dijual. Dengan begitu, anda tidak perlu lagi mengingat-ingat setiap harga barang yang ada di toko, karena aplikasi ini akan membantu anda mendeteksi secara otomatis harga barang lewat barcode seperti kasir yang ada di super market. Supaya fitur tersebut bisa berkerja dengan baik, maka lebih disarankan bagi anda untuk menggunakan smartphone yang telah dilengkapi dengan kamera autofocus.

  1. Loyverse Point of sale

Bila anda sedang mencari aplikasi kasi gratis yang bisa digunakan sepenuhnya maka Loyverse Point of Sale ini akan jadi pilihan yang tepat untuk anda karena memang aplikasi yang satu ini dapat anda gunakan secara gratis bahkan diklaim bebas iklan. Bahkan meskipun aplikasi ini gratis tapi Loyverse Poinf of sale ini sudah diunduh oleh lebih dari 10 ribu pengguna. Hal ini karena aplikasi ini sendiri menyediakan berbagai macam fitur yang tentunya tidak akan kalah menariknya dengan aplikasi yang berbayar.

Loyverse Point of sale memakai sistem yang berbasis cloud dalam memantau seluruh transaksi usaha anda pada semua cabang secara akurat dan real time. Selain ini, aplikasi ini juga menyediakan fitur Back-Office yang bisa anda gunakan untuk menganalisa penjualan untuk meningkatkan lebih banyak lagi penjualan, diantaranya adalah fitur untuk menemukan barang yang paling laris dan catatan penjualan yang dibuat secara otomatis dalam jangka waktu harian, mingguan dan bulanan. Nah dengan berbagai macam fitur yang ada dalam aplikasi ini tentunya akan sangat cocok untuk usaha UKM anda.

  1. Cast poin

Cast point merupakan program aplikasi kasir yang dibuat untuk membantu prosedur sistematis usaha kecil menegah dalam mengelola keuangan, pemantauan stok dan aktifitas transaksi kasir. Aplikasi ini sendiri bisa digunakan untuk berbagai bisang usaha seperti retail, restoran dan lain sebagainya. Software ini sendiri berlisensi 100% free atau gratis jadi anda bisa menggunakannya tanpa perlu khawatir mengeluarkan biaya apapun.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top