Lainnya

Mengenal Apa Itu Webinar Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

webinar

Dengan perkembangan teknologi yang semakin massif, saat ini memang bisa kita dapati banyak kegiatan atau aktivitas manusia yang bisa dilakukan dengan lebih mudah. Salah satu kegiatan dan aktivitas yang kini bisa dilakukan dengan mudah berkat kecanggihan teknologi adalah seminar. Bila biasanya seminar ini membuat orang harus bertemu di satu tempat, maka saat ini dengan kecanggihan teknologi yang ada, seminar pun bisa dilakukan di mana pun tanpa harus bertatap muka di satu tempat. Fasilitas yang dapat membuat orang bisa melakukan seminar tanpa batas tempat dan waktu tersebut bernama webinar. Dengan memanfaatkan fasilitas internet maka webinar memang bisa dilakukan tanpa harus bertemu antara satu sama lainnya. Lalu seperti apa webinar itu sendiri? Bari kita bahas secara lebih mendetail.

Definisi Webinar

Secara kebahasaan, webinar sendiri terdiri dari susunan dua kata yakni web dan seminar (Web-Based Seminar). Dari penggalan dua kata ini sendiri maka sudah bisa terlihat bahwa webinar ini adalah seminar yang dijalankan dengan memanfaatkan jaringan dan teknologi internet (website). Boleh dikatakan juga bahwa webinar ini adalah wujud seminar online. Jadi dari sini maka definisi webinar adalah pertemuan antara beberapa orang untuk membahas sesuatu hal yang dilakukan dengan menggunakan teknologi jaringan internet. Dalam webinar, pertemuan seminar tidak lagi dilakukan dalam ruang konvensional, tapi seminar yang ada di webinar akan dilakukan dalam ruang digital. Jadi nantinya setiap peserta seminar dalam webinar ini akan terhubung satu sama lain dalam perangkatnya masing-masing secara online untuk bertemu di ruang digital dan melakukan pembahasan.

Hal yang Dibutuhkan untuk Selenggarakan Webinar

Untuk menyelanggarakan webinar ini tentu Anda membutuhkan beberapa perlengkapan atau perangkat. Setidaknya ada dua perlengkapan utama yang dibutuhkan saat akan mengadakan webinar. Perangkat pertama tentu saja adalah jaringan internet yang kuat dan stabil. Karena webinar ini akan menghadirkan audio dan vidio, maka jaringan internet yang Anda butuhkan harus kencang dan stabil. Tanpa internet kencang dan stabil, mustahil Anda akan bisa menggelar webinar yang baik dan lancar.

Perangkat atau perlengkapan kedua yang dibutuhkan untuk mengadakan webinar yakni komputer. Perangkat komputer ini bisa berupa PC (Personal Computer) atau juga laptop. PC atau laptop ini usahakan yang memiliki spesifikasi mumpuni agar mendukung kegiatan webinar dengan baik. Pastikan juga beberapa fitur dari perangkat komputer ini seperti kamera dan speaker tidak ada masalah. Jangan lupa pula pastikan perangkat komputer tadi bisa terhubung dengan jaringan internet tanpa masalah.

Kelebihan dan Kekurangan Menjalankan Webinar

Menjalankan Webinar yang merupakan kegiatan dalam masyarakat modern sekarang ini tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Jadi jangan hanya melihat kecanggihan teknologinya saja lantas menyimpulkan bahwa webinar ini tidak punya kelemahan. Nah, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan menjalankan webinar yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan :

  • Anda bisa menghemat biaya, karena Anda tak perlu menyewa tempat untuk seminar dan tak perlu juga mengeluarkan ongkos transport untuk menuju tempat seminar.
  • Dengan menjalankan webinar, Anda juga akan mendapatkan fleksibilitas tempat dan waktu karena Anda bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja.
  • Kemudahan untuk bisa bertatap muka dan berinteraksi dengan banyak orang walau tidak bertemu secara langsung.
  • Bisa melihat kembali seminar yang telah diadakan dengan cara memutar ulang rekaman videonya.
  • Anda yang sering mengalami gugup saat presentasi secara langsung, maka dengan webinar ini Anda akan bisa meminimalisirnya.

Kekurangan :

  • Keberlangsungan webinar sangat tergantung dari listrik, daya baterai perangkat komputer serta koneksi internet. Jika salah satu komponen ini tidak bisa bekerja maksimal maka webinar pun akan terhenti atau gagal.
  • Karena dalam webinar ini antar anggota tidak saling bertemu secara langsung, maka keterikatan dan keterjalinan antar anggota dalam webinar kurang begitu terasa.

Demikianlah penjelasan dari webinar beserta kelebihan dan kekurangannya. Dengan pemanfaatan teknologi yang pesat saat ini memang webinar bisa menjadi solusi bagi Anda yang selalu mengalami masalah dengan jarak, waktu dan tempat. Meskipun banyak kelebihan yang ditawarkan webinar, tapi Anda tetap harus memperhatikan aspek-aspek lain yang mungkin lebih penting dan tidak bisa dihadirkan oleh webinar.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top