Tips

Mengenal Google Adword dan Google Trend yang Sukses Bantu Bisnis Anda

Seperti namanya, saat ini Google Trend popularitasnya sedang merangkak naik sejak tahun 2014. Google Trend merupakan fasilitas yang disediakan oleh Google untuk pengguna yang ingin mengetahui informasi yang sedang banyak dicari. Fasilitas yang diberikan oleh Google Trend ini sangat membantu pengguna.

Tentang Google Trend

Google Trend merupakan perwujudan dari aplikasi web Google yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi yang paling trend dan sedang terkenal serta menarik perhatian banyak orang. Google mengklasifikasikan berita yang sedang trend dengan menggunakan parameter pencarian yang paling banyak dicari lewat mesin pencarian miliknya.

Saat ini Google Trend sudah dilengkapi dengan fasilitas pencarian berdasarkan klasifikasi tertentu. Sebagai contoh misalnya ketika kita ingin melihat apa yang terbaru dari sebuah negara. Hal yang perlu kita lakukan hanya memilih negara yang informasinya kita butuhkan, lalu Google Trend secara otomatis akan menampilkan topik terhangat dari negara tersebut. Menyerupai trend yang muncul di media sosial Twitter atau Instagram, namun lebih elegan. Hal ini disebabkan oleh tidak hanya teks yang ditampilkan, namun lebih lengkap dengan gambar, jumlah pencarian serta sumber yang terpercaya.

Manfaat Google Trend

Google Trend ini memiliki beberapa kelebihan seperti memberikan arahan kepada pebisnis tentang barang yang sedang diminati oleh rata-rata orang. Contoh lainnya misal seorang penulis dapat membuat tulisan dengan inspirasi topik dari Google Trend.

Tentang Google AdWords

Iklan Adwords merupakan salah satu bagian penting dalam dunia Search Engine Marketing. Dalam Adwords terdapat tiga platform distributor iklan Adwords yaitu Serach, Search Partner dan Google Display Network (GDN). Pada platform Adwords, iklan akan tampil dalam bentuk teks. Sedangkan Google Display Network akan tampil dalam bentuk banner.

Iklan Adwords pada platform Search akan tampil di Google Search dan situs lainnya seperti Gmail, Google Maps dan masih banyak lagi. Bukan hanya itu, beberapa fitur pencarian di situs rekanan Google (temp.co, tribunnews.com, kapanlagi.com), iklan ini juga akan mucul. Iklan Adwords akan tampil di Google Search di bagian atas atau bagian kanan dari halaman hasil pencarian. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa iklan tampil dalam format teks di beberapa bagian dan memiliki batas karakter tertentu.

Waktu tampilnya iklan Adwords

Salah satu kelebihan Adwords adalah ketika ditanya tentang kapan iklan yang diminta akan tampil. Adwords memiliki kelebihan yang dapat menampilkan iklan berdasarkan keyword yang diketik oleh pengguna. Jika kata kunci yang digunakan oleh pengguna sama, maka iklan secara otomatis akan tampil. Inilah mengapa dikatakan bahwa iklan memiliki relevansi dengan kebutuhan, minat, keinginan dari pengguna.

Sistem pemabayaran di Adwords sama dengan sistem pay per click yang dilakukan oleh pengguna. Biaya beriklan dapat ditentukan sendiri oleh pengiklan sehingga berapa banyak budged yang dialokasikan, pengiklan dapat tetap menjalankan misinya mempromosikan di Adwords. Disamping itu, masih ada beberapa fitur yang memudahkan pengiklanan dalam menjalankan campaign atau iklannya dengan Adwords.

Tidak hanya relevansi dan fleksibelitas budged saja yang menjadi keunggulan iklan Adwords. Jangkauan luas Adwords diperoleh seraya dengan tingkat pengguna mesin search engine yang tinggi dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan hasil perhitungan statistik, 80% pengguna internet juga menggunakan search engine sebagai mesin pencarian. Di Indonesia persentasenya mencapai 94,24 % dari keseluruhan pengguna internet. Dari data survei yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa iklan AdWord merupakan peluang usaha yang memiliki dampak signifikan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top