StartUp dan UKM

Mengenal KUR, Kredit Usaha Rakyat untuk Pembiayaan Bisnis UMKM

 

Kredit-Usaha-Rakyat

Anda sedang menjalankan Usaha Mikro Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK) dan butuh modal? Ajukan saja KUR yakni Kredit Usaha Rakyat. Sejak 5 November 2007 yang lalu, pemerintah melalui PT. Askrindo dan Perum Sarana Pengembangan Usaha memang sudah meluncurkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada setiap pelaku UMKM yang membutuhkan. Nah dengan adanya KUR ini tentu Anda akan bisa lebih dimudahkan untuk menjalankan dan mengembangkan usaha. Tapi apa sih KUR itu? Bagi Anda yang memang masih asing dengan hal ini, maka Anda harus membaca artikel ini sampai tuntas.

Definisi KUR

KUR atau Kredit Usaha Rakyat adalah sebuah fasilitas pembiayaan atau kredit dari pemerintah kepada para pelaku UMKM atau juga koperasi yang memiliki potensi, prospek baik dan juga punya kemampuan untuk mengembalikan pinjaman. Jadi tidak semua usaha bisa mendapatkan pinjaman model ini. Bila didapati usaha tersebut tidak memiliki prospek dan potensi maka akan sulit sekali untuk mendapatkan KUR. Dalam pelaksanaanya, KUR bekerjasama dengan bank yang telah ditunjuk pemerintah. Pembiayaan usaha yang bisa Anda dapatkan dari fasilitas KUR ini sendiri cukup besar hingga mencapai 500 juta.

Tujuan Pemberian KUR

Fasilitas KUR ini diberikan pemerintah dengan tujuan utama untuk memberdayakan UMKM dan koperasi sehingga roda ekonomi bisa bergerak dan lapangan kerja terbuka. Ketika roda ekonomi berjalan dan lapangan kerja terbuka maka kemiskinan pun akan bisa tertanggulangi.

Penyaluran KUR

Dalam penyaluran KUR ini pemerintah bekerjasama dengan beberapa bank yang kemudian disebut bank pelaksana. Beberapa bank pelaksana yang bekerjasama dengan pemerintah dalam penyaluran KUR sendiri antara lain Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, Bank Mandiri, Bank Bukopin dan Bank Syariah Mandiri. Cara penyaluran KUR menyalurkan KUR melalui bank pelaksana ini merupakan strategi penyaluran secara langsung. Selain penyaluran secara langsung, penyaluran KUR ini juga bisa dilakukan secara tidak langsung. Penyaluran KUR secara tidak langsung ini dilakukan oleh UMKM dan koperasi dengan mengakses KUR melalui kegiatan linkage program lainnya yang bekerjasama dengan Bank Pelaksana atau melalui Lembaga Keuangan Mikro dan KSP/USP Koperasi.

Persiapan untuk Pengajuan KUR

Untuk bisa mendapatkan KUR ini Anda memang tidak bisa berdiam diri saja. Anda harus bergerak mendatangi bank pelaksana dan mengajukan KUR. Namun sebelum melakukan pengajuan KUR, Anda harus memenuhi syarat utama yakni memiliki bisnis atau usaha yang potensial dan berprospek baik ke depannya. Jika syarat utama ini sudah bisa Anda penuhi, maka langkah selanjutnya, Anda harus menyiapkan beberapa dokumen atau berkas seperti identitas (KTP, kartu keluarga, keterangan domisili), legalitas usaha (akte pendirian usaha), ijin usaha (SIUP, TDP), proposal usaha, laporan keuangan serta persyaratan tambahan lain yang bisa saja diminta oleh bank.

Ikuti Prosedur Bank untuk Pengajuan KUR

Setelah sudah siap dengan dokumen dan berkas yang dibutuhkan, langkah selanjutnya untuk mendapatkan KUR ini adalah dengan mendatangi kantor Bank pelaksana. Dikantor Bank pelaksana ini Anda bisa meminta informasi yang menjelaskan tata cara mendapatkan penyaluran KUR, karena bisa jadi setiap bank memiliki prosedur yang berbeda-beda. Bila sudah mendapatkan kejelasan mengenai tata aturan pengajuan KUR, maka Anda bisa mengikuti prosedur tersebut dengan mengajukan surat permohonan Kredit Usaha Rakyat yang dilengkapi beberapa dokumen yang telah disiapkan.

Survei atau Peninjuan Pihak Bank untuk Kelayakan Mendapatkan KUR

Setelah surat pengajuan KUR dan dokumen-dokumen diterima bank, biasanya pihak bank kemudian akan melakukan peninjauan atau survei pada usaha Anda. Dalam survei atau peninjauan ini pihak bank akan menilai apakah memang bisnis Anda benar memiliki prospek yang baik sehingga layak mendapatkan KUR. Jika dalam kegiatan survei itu ternyata usaha Anda dinilai oleh bank tidak berprospek dan tidak layak, maka KUR tidak akan bisa Anda dapatkan. Namun bila usaha Anda dinilai berprospek baik dan layak, maka pengajuan KUR Anda akan bisa disetujui dan bisa Anda dapatkan.

Itulah pengertian KUR, sebuah Kredit Usaha Rakyat yang akan sangat membantu masyarakat yang sedang menjalankan usaha. Nah, Anda yang juga sedang menjalankan usaha maka jangan sampai melewatkan kesempatan baik ini untuk mendapatkan KUR. Dengan adanya bantuan pembiayaan dari KUR ini maka Anda akan bisa menjalankan roda usaha dengan lebih baik lagi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top