Tips

Menu Berbuka Puasa Yang Patut Anda Hindari Terlebih Jika Punya Shift Malam

Bulan ramadhan telah tiba tentu ada perubahan pola makan yang cukup ekstrim anda rasakan saat ini. biarpun sedang berpuasa namun jam kerja tak akan berubah drastis. Hanya saja beberapa perusahaan memundurkan jam masuk kerja agar karyawan bisa pulang lebih awal untuk berbuka puasa. Ada pula yang memperpanjang waktu istirahat saat waktu berbuka tiba. Untuk anda yang biasa bekerja di malam hari maupun mendapatkan jadwal shift malam tentu tak boleh sembarangan menyantap menu berbuka. Sembarangan mengkonsumsi makanan bisa berakibat fatal pada pencernaan dan pekerjaan anda. Berikut beberapa menu berbuka yang patut dihindari karena memiliki efek samping yang tidak baik.

Teh Manis & Kopi

Ketika waktu berbuka tiba cobalah untuk menghindari teh manis dan kopi. Kopu mengandung kafein yang apabila dikonsumsi saat lambung kosong akan dapat melukai lambung. Kopi mampu meningkatkan asam lambung anda. Selain kopi sebaiknya hindari pula minuman teh manis. Teh manis memiliki kafein didalamnya sehingga mampu  menyebabkan perut kembung dan mual.

Kolak Pisang

Kolak biasa disajikan saat waktu berbuka puasa tiba. Menu yang khas dengan kuah santannya yang manis dan isian dari buah pisang ternyata tidak disarankan untuk dijadikan menu berbuka. Minuman bersantan ternyata dapat membuat tubuh terkejut apalagi saat perut kosong dalam waktu yang cukup lama. Selain itu kolak juga bisa menyebabkan masalah pencernaan dan rasa lelah setelah makan.

Gorengan

Kudapan gorengan memang sederhana namun sangat menggoda apalagi mudah ditemukan di warung atau pedagang kaki lima. Bagian luarnya yang crispi dan berlemak bikin lidah anda tergoda. Boleh saja anda mengkonsumsi gorengan saat puasa namun jangan sampai berlebihan. Kandungan lemak jahatnya bisa menyebabkan obesitas dan mengganggu pencernaan anda.

Es Krim dan Minuman Bersoda

Tak hanya kopi atau teh saja yang patut anda hindari ketika berbuka puasa namun es krim dan minuman bersoda. Kedua minuman ini memang sangat menyegarkan untuk menghilangkan rasa haus yang tertahan selama belasan jam dan perut kosong. Sayangnya minuman bersoda dan es krim memiliki dampak yang tidak baik untuk perut kosong. Minuman bersoda mampu meningkatkan kadar asam karena tinggi asam sitrat dan gula. Tak hanya mengganggu lambung namun juga menyebabkan gigi berlubang dan bau mulut.  Es krim memiliki suhu dingin sehingga bisa menyebabkan kelebihan gas dan kembung jika dikonsumsi saat perut kosong.

Mie Instan

Jika sedang malas memaksa mie instan bisa jadi pilihan menu makanan. Sayangnya menu makanan satu ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka ataupun sahur. Makanan instan maupun kaleng memiliki nilai gizi yang rendah. Tak hanya itu saja makanan instan juga memiliki banyak MSG dan terlalu asin. Lebih baik anda mengkonsumsi sayur dan buah-buahan untuk kebutuhan serat tubuh.

Makanan Pedas

Saat menunggu detik=detik berbuka tentu anda mencari menu makanan yang sesuai dengan selera anda. Tak sedikit pula yang memilih untuk menyantap makanan pedas sehingga nafsu makanpun ikut meningkat. Sayangnya makanan pedas juga bisa menyebabkan diare dan penyerapan nutrisi dalam tubuh tidak bekerja maksimal. Oleh karenanya konsumsi makanan pedas secukupnya saja. Tak hanya makanan pedas, makanan manis juga bisa membahayakan tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Anda bisa jadi mengalami obesitas tanpa anda sadari.

Berbukalah dengan menu yang ringan seperti kurma dan air hangat untuk menenangkan perut. Setelah sholat baru lanjutkan dengan menu makanan berat.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top