Lainnya

Merasa Selalu Tak Cukup Waktu untuk Selesaikan Pekerjaan? Ini yang Harus Anda Lakukan

pekerjaan-tak-selesai

Aktivitas bekerja setiap harinya bisa jadi membuat seseorang kehabisan banyak waktu untuk kegiatan yang lain. Penyebab hal ini biasanya adalah pekerjaan yang terlalu berat atau banyak sehingga membutuhkan waktu lebih untuk menyelesaikannya. Bila Anda adalah salah satu orang yang merasa selalu kekurangan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan maka tentunya hal ini harus Anda perbaiki. Sebab, merasa selalu kurang waktu dalam menyelesaikan pekerjaan bisa membuat hidup Anda tidak selaras dan tidak harmonis. Hidup memang membutuhkan keseimbangan antara bekerja dan juga kegiatan lainnya. Dari sinilah bila Anda selalu merasa kekurangan waktu dalam menyelesaikan pekerajaan, maka Anda harus berbuat sesuatu dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Sadari Betapa Berharganya Waktu

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi kekurangan waktu ketika menyelesaikan pekerjaan adalah menyadari berharganya waktu. Biasanya mereka yang merasa selalu kekurangan waktu ketika menyelesaikan pekerjaan adalah mereka yang kurang menghargai waktu. Hasilnya, mereka dalam mengerjakan pekerjaan ini sering meninggalkan waktu-waktu penting. Dari sinilah awal mula munculnya bencana seseorang kekurangan waktu menyelesaikan pekerjaan. Untuk itulah Anda yang ingin bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, Anda harus bisa menghargai waktu. Ingatlah bahwa waktu adalah sesuatu yang penting untuk dimaksimalkan setiap detiknya. Ingat pula bahwa waktu tidak bisa diputar atau diulang kembali. Dari kesadaran dan penghargaan Anda pada pentingnya waktu ini maka Anda pun akan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

  1. Bekerja Sesuai Skala Prioritas

Hal lain yang bisa membuat seseorang merasa kurang waktu menyelesaikan pekerjaan adalah bekerja secara acak tanpa prioritas. Bekerja secara acak tanpa prioritas memang membuat Anda kebingungan di akhir bulan atau akhir project. Sebab, bila Anda mengerjakan pekerjaan yang belum menjadi prioritas atau masih lama deadline-nya terlebih dulu kemudian mengesampingkan pekerjaan yang deadline-nya singkat maka itu artinya Anda bisa membuat situasi yang kacau. Mungkin Anda akan bisa menyelesaikan satu pekerjaan, tapi pekerjaan lain yang lebih urgent akan terkesampingkan. Dari sini maka untuk mengerjakan pekerjaan yang urgent ini Anda akan kehilangan banyak waktu dan bukan tidak mungkin Anda tidak bisa menyelesaikannya. Maka dari itu supaya Anda bisa bekerja tepat waktu maka usahakan untuk mengerjakan pekerjaan sesuai prioritas.

  1. Hilangkan Gangguan Saat Bekerja

Bekerja dengan banyak gangguan memang akan membuat hasilnya tidak optimal. Maka dari itu Anda yang selama ini merasa bekerja dengan banyak gangguan, biasanya akan membuat Anda kekurangan waktu. Nah solusi untuk mengatasi hal ini tentunya adalah menghilangkan gangguan tersebut. Tapi sebelum menjalankan solusi tersebut, Anda harus benar-benar mengetahui gangguan yang sering membuat Anda kekurangan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan. Nah setelah mengetahui gangguan yang ada maka cobalah untuk menyingkirkan hal tersebut saat Anda bekerja. Dari cara ini maka Anda pun bisa fokus bekerja tanpa gangguan dan akan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

  1. Hindari Kegiatan yang Tidak Sesuai Rencana

Selanjutnya, hal yang harus Anda lakukan untuk bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu adalah dengan menghindari kegiatan yang tak sesuai rencana. Bila Anda selama ini bekerja dengan plan, maka memang Anda harus konsisten dengan apa yang Anda rencanakan tersebut. Bila Anda mengerjakan pekerjaan lantas terganggu untuk mengerjakan kegiatan lain di luar rencana maka hal ini akan membuat Anda akan kewalahan saat akan menyelesaikan job. Sebab, ketika Anda mengerjakan sesuatu di luar rencana, hal ini akan membuat waktu untuk menyelesaikan pekerjaan akan banyak terbuang. Dari sinilah maka Anda akan selalu merasa tak cukup untuk menyelesaikan pekerjaan.

  1. Delegasikan Tugas

Terakhir, cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa membuat pekerjaan selesai tepat waktu adalah dengan mendelegasikan tugas. Bila beberapa hal di atas sudah Anda lakukan dan masih saja Anda merasa kekurangan waktu, itu artinya beban kerja Anda memang besar dan banyak. Nah untuk solusinya Anda memang harus mendelegasikan pekerjaan pada orang lain. Anda bisa mendelegasikan beberapa atau keseluruhan tugas bila Anda merasa memang Anda butuh waktu banyak untuk menyelesaikan project. Dengan cara ini maka Anda akan terhindar dari perasaan merasa tak cukup waktu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top