Tips

Meski Anda Sering Menunda Pekerjaan Bukan Berarti Tidak Bisa Produktif, Lakukan Saja 5 Cara Ini!

Menunda-nunda pekerjaan bukanlah sikap yang patut untuk dibanggakan, justru sikap ini harulah segera ditinggalkan. Apakah Anda termasuk orang yang sering menunda pekerjaan? Jika jawabannya iya, maka Anda pasti sering di cap tidak disiplin, pemalas dan susah diajak kerja sama. Namun, bagi sebagian orang justru malah merasa bangga dengan kebiasannya tersebut. Salah satunya adalah Perry, yaitu seorang profesor dari Universitas Standford. Bahkan, dia mempunyai satu buku yang membahas secara khusus tentang cara dan trik agar kebiasaan sebagai penunda pekerjaan tidak mengganggu kehidupan profesionalnya. Selain itu, dia juga mengutarakan suatu pendapat bahwa kebiasaan menunda pekerjaan tidaklah selalu menjadi kebiasaan buruk. Bagi Anda seorang penunda pekerjaan, simaklah 5 cara ini agar kebiasaan tersebut jadi produktif dan membuat Anda menjadi sukses. Nah, apa saja cara-cara tersebut? Berikut ulasannya.

  1. Terapkan Kiat Terstruktur untuk Menunda Pekerjaan

John Perry berkata, meski dia sering menunda pekerjaan tapi dia masih bisa menyelesaikan berbagai macam tanggung jawabanya. Bahkan, banyak orang yang kerap menganggapnya hebat karena bisa menyelesaikan lebih banyak hal dibandingkan orang lain. Bagaimana bisa, dia juga dijuluki sebagai “si penuntas” sementara dia adalah orang yang senang sekali menunda pekerjaan. Meski demikian, dia juga menyadari bahwa sebenarnya tidak asal menunda. Karena, apa yang dia lakukan ini sebenarnya merupakan penundaan terstruktur. Jadi, dia masih bisa menuntaskan tugasnya dengan produktif meski sering mengakhirkan pekerjaan.

  1. Untuk Bisa Menunda Pekerjaan Secara Terstruktur, Maka Harus Menyadari Bahwa Anda Adalah Seorang Penunda

Sebagai seorang penunda, Anda pasti sering terlena untuk melakukan hal yang tidak begitu penting bukan? Seperti main game, nonton tv, eksis di sosial media dan baca komik dibandingkan dengan melakukan sebuah tugas dan tanggung jawab seperti tugas akhir, skripsi, hingga beragam deadline lainnya. Ternyata, ada banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka termasuk orang-orang penunda pekerjaan. Nah, bagi Anda yang suka menunda pekerjaan seperti ini sebaiknya mulai sekarang sadar bahwa ini adalah hal yang salah. Namun, meski sebagai kebiasaan yang salah pun Anda justru harus bisa mengolah hal ini menjadi kekuatan untuk menuju kesuksesan.

  1. Buatlah Dua To Do List

Untuk bisa menguasai trik kiat terstruktur dalam menunda pekerjaan, maka sebaiknya jangan hanya menggunakan satu  to do list saja. Namun, buatlah dua to do list agar Anda semakin terbantu. To do list yang pertama yaitu untuk jangka seminggu atau sebulan, sementara to do list yang kedua untuk jangka harian. Dalam to do list harian, Anda bisa menempatkan tugas-tugas kecil yang dianggap tidak terlalu penting. Dengan menempatkan tugas-tugas kecil ke dalam to do list harian, maka hal ini akan memberikan motivasi kepada Anda agar selalu merasa melakukan sesuatu serta memacu Anda agar lebih istiqomah untuk terus berusaha mencapai target atau tujuan. Lalu, tempatkan tugas-tugas yang penting ke dalam to do list mingguan atau bulanan. Dengan begini, tugas-tugas Anda akan bisa terselesaikan meskipun dalam jangka waktu tertentu asalkan dapat selesai tepat waktu.

  1. Buat Juga Daftar Prioritas dari Pekerjaan yang Paling Mudah ke Pekerjaan yang Paling Sulit

Pada dasarnya, seorang penunda pekerjaan menggunakan pola pikir dan logika yang berbeda. Dengan demikian, prioritas mereka tentu saja harus diurutkan secara berbeda pula. Menurut John Perry, to do list seorang penunda seharusnya menempatkan hal yang tidak terlalu penting di atas dan hal yang paling penting ditempatkan di bawah. Dengan cara ini, dia justru akan lebih termotivasi untuk berusaha ingin cepat mengerjakan pekerjaan yang sulit dengan mengerjakan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu.

  1. Tetaplah Tenang Saat Anda Menghadapi Deadline

Terakhir, cara untuk tetap produktif meskipun sering menunda pekerjaan adalah harus tetap tenang saat menghadapi deadline pekerjaan. Salah satu keahlian pokok yang harus dimiliki oleh mereka yang suka menunda pekerjaan adalah tidak begitu mempermasalahkan deadline serta bisa bekerja dengan tenang saat menjadi seorang the last minute person. Nah, keahlian ini disebut oleh John Perry sebagai kunci sukses dari seorang penunda pekerjaan. Selain itu, John Perry juga mengatakan bahwa the last minute person menjadi salah satu cara untuk bekerja secara efisien dan bisa membagi prioritas kerja dengan baik.

Nah, itu dia 5 cara untuk tetap produktif meski sering menunda pekerjaan. Memang benar, menunda-nunda pekerjaan itu bukan hal yang baik. Tapi jika Anda bisa menerapkan tips di atas dengan baik, maka bukan hal yang tidak mungkin Anda juga bisa produktif karena kebiasaan yang aneh tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top