Keuangan

Meski Gaji Anda Pas-Pasan, Miliki Tabungan Rp.10 Juta Per-Tahun dengan Strategi Ini

Menabung bukan sebuah hal yang baru lagi, mengingat kegiatan menabung sering dikenalkan sejak seseorang masih kecil atau usia sekolah. Bahkan, hampir semua orang yang pernah menginjakkan kakinya di sekolah mengerti dan memahami benar tentang manfaat menabung. Namun, bagaimana dengan realisasinya? Meskipun terlihat mudah dan tidak merepotkan, tapi pada kenyataannya menabung kerap menjadi salah satu hal yang sulit untuk dijalankan sebagian orang.

Tidak hanya mereka yang masih berusia sekolah, namun mereka yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan pun terasa sulit dilaksanakan. Meskipun memiliki penghasilan, berbagai alasan bisa saja dilontarkan. Mulai dari gaji yang kecil, pengeluaran yang besar, hingga penghasilan yang tidak pernah cukup untuk menutupi kebutuhan hidupnya. Apapun yang dibutuhkan dalam keuangan, pastikan untuk selalu menabung. Berikut strategi untuk memiliki tabungan Rp.10 juta per-tahun meski dalam jumlah gaji yang pas-pasan.

  1. Mengatur Anggaran dengan Ketat

Pertama, Anda wajib mengatur anggaran untuk pengeluaran bulanan. Anda bisa melakukan hal ini sebelum gaji turun. Dengan mengatur anggaran untuk pengeluaran bulanan sebelum gaji turun, maka Anda bisa memiliki waktu yang cukup untuk menghitung dan menyusun anggaran terbaik bagi keuangan Anda. Susunlah anggaran dengan ketat, dimana kebutuhan sehari-hari Anda terpenuhi dengan tepat. Untuk mengatur kebutuhan sehari-hari, Anda hanya perlu membelanjakan uang untuk berbagai kebutuhan pokok saja. Kemudian, hindari berbagai kebutuhan yang tidak diperlukan dan memiliki efek pemborosan.

  1. Menempatkan Dana Darurat Sejak Awal

Setelah mengatur anggaran keuangan dengan ketat, jangan lupa untuk menempatkan sejumlah dana darurat di dalam anggaran keuangan Anda. Dari sini tidak ada lagi alasan untuk mengganggu gugat sejumlah dana tabungan yang Anda miliki. Hal ini, sangat penting untuk Anda cermati sejak awal, karena kalau tidak maka akan berdampak besar terhadap keberlangsungan dana tabungan yang telah Anda sisihkan setiap bulan.

  1. Memprioritaskan Kegiatan Menabung Setelah Gajian

Dana tabungan adalah hal pertama yang wajib diprioritaskan setelah Anda gajian. Hal ini sangat penting untuk selalu diutamakan, sebelum mengalokasikannya ke berbagai pengeluaran lainnya. Jika Anda disiplin melakukan hal ini, maka setiap bulan Anda bisa memiliki sejumlah uang tabungan secara rutin.

  1. Menempatkan Tabungan dalam Rekening Khusus

Pisahkan dana tabungan dari dana lainnya agar Anda tidak memiliki alasan untuk menggunakan dana tabungan tersebut. Untuk itu, buatlah sebuah rekening terpisah sebagai tepat menyimpan dana tabungan. Ketika berbelanja Anda juga tidak perlu membawa kartu ATM atau buku tabungan. Ingat, setelah gaji Anda cair segera transferkan sejumlah dana untuk ditabungkan. Hal ini sangat penting dilakukan guna membantu memudahkan Anda dalam mengelola keuangan dengan ketat.

  1. Menabung dalam Nominal Tertentu

Menabung dalam nominal tertentu merupakan kegiatan khusus bagi Anda yang ingin menabung di rumah tanpa menyimpannya ke dalam rekening tabungan. Ada sensasi yang berbeda di dalam cara menabungnya yakni ketika Anda menabungkan setiap lembar uang dalam nominal tertentu, misalnya pecahan uang Rp. 10 ribu, pecahan uang 20 ribu, hingga pecahan uang lainnya. Masukkan saja pecahan uang tersebut ke dalam celengan atau wadah kaleng yang bentuknya terlihat unik bagi Anda. Hal ini tentu akan menyenangkan, terutama Anda memiliki keinginan yang kuat untuk menabung.

  1. Menghemat dan Menabung Setiap Hari

Selain menabung, ada baiknya Anda juga mulai menghemat untuk pengeluaran harian. Misalnya Anda yang tadinya berangkat kerja naik taksi, maka mulai sekarang berangkat kerja menggunakan angkot atau bus. Selain itu, menghemat uang jajan dengan membawa bekal makanan dari rumah juga bisa jadi solusi menghemat dan menabung setiap hari. Kegiatan menabung harian ini bisa membantu Anda untuk menabung dalam jumlah yang besar. Bahkan bisa lebih besar jika Anda rajin menjalankannya.

  1. Membawa Uang Pas Saat Bepergian

Hindari pengeluaran uang tanpa sebuah rencana atau pehitungan yang jelas. Hal seperti ini seringkali terjadi bahkan tanpa Anda sadari sekalipun. Oleh karena itu, bawalah uang dalam jumlah yang akan dibutuhkan saja. Kegiatan ini akan membantu Anda untuk lebih mudah mengontrol pengeluaran. Sehingga Anda tetap bisa menyisihkan sejumlah uang untuk ditabungkan.

Keberhasilan dalam menabung, akan sangat dipengaruhi oleh kedisiplinan Anda dalam mengelola keuangan. Apalagi, jika Anda bisa konsisten dalam menabung secara berkesinambungan. Bahkan, tidak hanya Rp.10 juta saja yang bisa Anda miliki. Tetapi, jumlah tabungan yang jauh lebih besar pun sangat mungkin Anda miliki. Semoga berhasil!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: