Keuangan

Meski Zaman Sudah Modern, Namun 5 Model Investasi Tradisional Ini Masih Menguntungkan Lho!

Pernahkah Anda berfikir bahwa orang-orang terdahulu tidak mengenal model investasi? Jika Anda berfikiran seperti itu, sebaiknya buang saja karena anggapan tersebut salah besar. Justru, sebenarnya orang dahulu juga mengenal model investasi. Hanya saja model investasi saat itu masih tradisional dan kurang praktikal dibandingkan investasi masa kini. Namun, di tengah ramainya model investasi masa kini ternyata masih ada investasi tradisional yang dilakoni oleh banyak orang di masa kini. Kira-kira apa saja yah model investasi tradisional tersebut? Apakah masih menguntungkan di era modern sekarang ini? Daripada Anda penasaran, sebaiknya simak 5 ulasannya berikut ini.

  1. Investasi Pohon

Siapa yang tidak menyangka kalau pohon bisa dijadikan sebagai investasi yang menguntungkan? Biasanya, investasi pohon ini banyak dilakoni oleh orang-orang di daerah pedesaan yang mempunyai lahan kosong yang luas. Lalu bagaimana cara mendapat keuntungannya? Tanam saja pohon hingga bertahun-tahun, setelah siap dipanen Anda bisa menjual kayu dari pohon tersebut. Harga jualnya pun tidak main-main lho, perbatangnya bisa laku hingga jutaan rupiah. Nilai jual pohonnya pun terus mengikuti harga pasar, sehingga membuat model investasi pohon ini kian dilirik oleh orang yang ingin menjalankannya. Itulah sebabnya, kenapa investasi pohon masih menguntungkan hingga sekarang. Meski begitu, risiko dari investasi pohon ini terbilang cukup besar. Seperti risiko karena faktor bencana alam, penyakit tanaman dan penipuan harga jual yang dilakukan oleh para tengkulak.

  1. Investasi Tanah

Salah satu investasi yang menguntungkan dan sudah dikenal sejak dulu adalah investasi tanah. Di zaman dahulu, banyak sekali orang yang mempunyai tanah dimana-mana. Banyaknya tanah yang dimiliki tersebut biasanya dimanfaatkan untuk berkebun, kemudian hasil perkebunannya dijadikan sumber pemasukan mereka. Jika suatu saat mereka membutuhkan uang yang jumlahnya besar, maka mereka bisa menjual tanahnya tersebut. Bahkan investasi tanah ini masih laku hingga era sekarang, banyak orang yang mempunyai lahan kosong tertarik mendirikan sebuah properti untuk ditempati atau disewakan kepada orang lain. Apalagi saat ini banyak orang yang membutuhkan tempat tinggal sementara, tentunya akan semakin mendukung pelaku investasinya untuk menjadi sukses. Meski menguntungkan, namun model investasi tanah ini sulit dimulai karena membutuhkan biaya yang cukup besar untuk membeli lahan tanah. Tidak hanya itu, likuiditas yang rendah menjadikan investasi ini tidak cocok apabila Anda membutuhkan dana atau modal dengan cepat. Jadi, pikirkan dengan baik yah jika berniat ingin menjalankan investasi tanah ini.

  1. Investasi Emas

Emas adalah investasi yang sudah dilakoni banyak orang dari zaman dahulu, baik berupa emas batangan, perhiasan emas, maupun bongkahan batu. Tidak hanya zaman dahulu, sampai di zaman yang sudah modern ini pun investasi emas masih sangat menguntungkan. Pasalnya, nilai emas cenderung kuat dan tidak mudah turun dalam keadaan apapun. Bahkan, saat semua harga terjadi krisis pun investasi emas ini tidak akan banyak terpengaruh lho. Agar tidak terjadi kerugian yang tinggi, sebaiknya hindari risiko seperti salah langkah menjual emas saat harga di pasaran rendah atau risiko kehilangan. Jika Anda bisa menjalankan investasi emas ini dengan benar dan bijak, maka keuntungan yang bisa diraih pun akan sangat menggiurkan.

  1. Investasi Hewan Ternak

Siapa di sini yang mempunyai hewan ternak? Yaps, hewan ternak seperti kambing atau sapi memang bisa memberi penghasilan rutin dari produk yang dihasilkan. Selain itu, sapi atau kambing harganya akan melonjak tinggi di saat Idul Adha sehingga menjadi momen yang tepat untuk Anda mendapatkan pundi rupiah yang menggiurkan. Memang menggiurkan, namun menjalankan investasi hewan ternak ini membutuhkan biaya perawatan dan tenaga yang tidak sedikit. Tapi ingat, hasil yang akan didapatkan nanti tidak akan sia-sia. Selama Anda mampu dan siap untuk mengais rezeki yang lumayan, kenapa tidak?

  1. Investasi Barang Antik

Jika Anda mempunyai barang antik seperti uang kuno, lukisan tua atau peralatan rumah tangga yang jadul, sebaiknya jangan buru-buru dibuang. Karena, barang-barang antik tersebut ternyata memiliki nilai jual yang tinggi di mata para kolektor lho. Tidak hanya bisa dijual untuk mendapatkan keuntungan, namun barang antik tersebut juga bisa dijadikan dekorasi rumah Anda agar terlihat lebih menarik. Sayangnya tidak semua orang memiliki barang antik yang bisa dijual, belum lagi terjadi risiko kerusakan saat menyimpan barang antik tersebut.

Sekarang Anda sudah tahu kan apa saja model investasi tradisional yang sampai sekarang masih menguntungkan? Silahkan pilih, namun jangan lupa survei terlebih dahulu yah. Selamat berinvestasi!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top