Keuangan

Mobil Baru VS Bekas Mana yang Lebih Baik

Mempunyai mobil adalah impian bagi setiap orang. Termasuk anda pastinya yang telah menabung dalam kurun waktu yang lama demi mewujudkan impian. Memang saat ini mobil bukan lagi menjadi kebutuhan tersier namun sudah menjadi kebutuhan sekunder bagi sebagian orang. Banyak diantaranya kalangan masyarakat yang ingin menjadikan mobil sebagai keputuhan pribadi mereka.

Nah, terkadang masyarakat juga dibingungkan saat akan membeli mobil. Mereka cenderung bimbang ingin membeli baru atau bekas. Tak bisa dipungkiri harga mobil baru semakin meningkat sesuai dengan merek dan desain baru yang keluar. Untuk itu, jika anda ingin membeli mobil namun anda bingung dengan dua pilihan? Sebaiknya anda cermati ulasan dibawah ini:

Sesuaikan Harga Kebutuhan

Lihatlah terlebih dahulu harga mobil yang ingin anda beli. Kemudian sesuaikan apakah mobil yang ingin anda beli pas dengan kebutuhan anda. Jangan hanya mengejar merek dan desain bagus jika pada akhirnya hal tersebut akan mempengaruhi masalah keuangan anda.

Mobil bekas juga tak menjadi masalah untuk anda beli. Banyak juga terdapat mobil bekas yang kondisi luar dan dalam masih terlihat seperti baru. Harga mobil bekas juga sedikit miring dibanding mobil baru. Belilah mobil bekas jika keuangan anda pas-pasan. Telitilah terlebih dahulu sebelum membeli. Namun, jika keuangan anda terbilang lebih anda dapat membeli mobil yang baru.

Amati Kekurangan Dan Kelebihan

Jika anda masih belum yakin untuk membeli mobil bekas atau mobil baru, anda dapat mengamati kekurangan dan kelebihan bekas dan baru sebelum anda membeli. Seperti halnya saat membeli mobil baru anda akan diberikan garansi berupa body, mesin, dan service. Akan tetapi, jika membeli mobil bekas anda tidak memperolehnya.

Harga mobil baru cendrrung mahal karena banyaknya fitur-fitur yang melengkapinya. Sedangkan harga mobil bekas cenderung stabil dan tidak melambung tinggi. Budget dapat anda pertimbangkan. Masih banyak lagi kekurangan dan kelebihan yang dapat anda amati sebelum anda membelinya.

Depresiasi

Jika anda membeli mobil dengan kondisi baru maka anda akan cenderung mengalami nilai depresiasi yang tinggi. Sebaliknya jika anda membeli bekas, maka anda akan mengalami depresiasi yang rendah. Hal ini akan menyebabkan penurunan harga drastis penjualan kembali, jika anda membli mobil baru dan memakainya dalam kurun waktu satu tahun.

Berbeda halnya dengan harga penjualan kembali mobil bekas, haga mobil tidak akan berbeda jauh sama seperti anda membelinya. Terlebih lagi jika anda mampu membujuk pembeli agar tertarik membeli mobil anda. pastinya anda akan memperoleh keuntungan lebih. So, anda dapat mempertimbangkan membeli mobil lewat cara ini!

Premi Asuransi

Perhatikanlah juga premi asuransi jika anda ingin membeli mobil. Premi asuransi ini biasanya diberikan setelah anda membeli mobil. Pada mobil baru cenderung memiliki premi asuransi yang rendah. Jadi, suku bunga cicilan yang diberikan juga akan cenderung rendah saat anda membeli mobil baru. Anda juga dapat memilih cicilan sesuai kebutuhan yang anda miliki.

Akan tetapi berbeda dengan saat anda membeli mobil bekas, tingkat premi asuransi cenderung tinggi. Biasanya anda akan sulit untuk menerima suku bunga cicilan yang diberikan saat anda membeli mobil bekas. Jadi, anda perlu dana lebih untuk membayar cash jika anda membeli mobil bekas.

Nah, itulah 4 hal yang dapat anda jadikan pertimbangan saat membeli mobil bekas atau baru. Mobil bekas atau baru keduanya sama-sama baik. Belilah sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Jangan karena ingin dianggap mampu, anda membeli mobil yang akan merusak keuangan anda. So, sebelum membeli jangan lupa juga meneliti kondisi fisik mobil agar anda tidak salah membelinya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top