Keuangan

Modal Pas-pasan dan Ingin Sukses Jalankan Bisnis? Bisa Kok, Simak 6 Tips Ini

 

Untuk mengawali sebuah bisnis kita memang membutuhkan modal. Namun dalam kenyataannya modal yang berwujud dana atau uang ini seringkali membuat para calon pengusaha atau pebisnis tersandung dan akhirnya gagal menjalankan usaha. Hal ini dikarenakan modal yang dibutuhkan sebuah bisnis seringkali berjumlah besar. Tapi apakah benar teori yang menyatakan bahwa hanya dengan modal besar sebuah bisnis bisa dijalankan? Tentu saja tidak. Sebab dengan modal pas-pasan pun Anda bisa menggerakkan roda usaha. Bukan hanya bisa menjalankan usaha, tapi dengan modal pas-pasan pun Anda bisa meraih sukses. Bagaimana caranya? Lakukan saja beberapa tips berikut ini.

  1. Sehatkan Kondisi Finansial Anda

Tips pertama untuk bisa menjalankan bisnis dengan modal pas-pasan hingga mencapai sukses adalah menyehatkan kondisi finansial. Keadaan keuangan atau finansial memang menjadi cerminan bisa tidaknya seseorang menjalankan bisnis dengan modal pas-pasan. Semakin sehat kondisi finansial atau keuangan maka semakin besar peluang Anda untuk bisa memulai bisnis dengan modal pas-pasan hingga meraih kesuksesan. Hal ini dikarenakan dengan kondisi finansial yang sehat Anda tidak terbebani dengan hutang sehingga Anda bisa melakukan pengaturan atau manajemen keuangan dengan leluasa.

  1. Berhemat dalam Pengeluaran Kebutuhan Usaha

Dengan modal pas-pasan memang Anda memiliki keterbatasan dalam melakukan atau memulai sesuatu. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa menjalankan roda usaha. Dengan sedikit perhitungan yang matang atau dalam istilah lain berhemat, maka Anda bisa memenuhi semua kebutuhan memulai bisnis. Sebut saja dalam membeli perlengkapan usaha, Anda bisa mencari tempat grosir yang membandrol dengan harga murah. Untuk memaksimalkan modal yang pas-pasan Anda juga bisa memilih jenis promosi yang tidak teralu mahal atau bahkan gratis. Sementara untuk karyawan, Anda bisa membatasi jumlahnya dengan menjadikan diri Anda sebagai karyawan yang mengurus sendiri beberapa hal yang ada.

  1. Bila Modal Berasal dari Pinjaman Usahakan Bisa Mencicil dan Melunasinya

Bisa jadi modal yang Anda dapatkan berasal dari pinjaman atau hutang. Memang hal tersebut tidak ada salahnya. Namun bila memang Anda terpaksa berhutang untuk modal menjalankan usaha maka pastikan Anda mampu mencicil dan melunasinya. Namanya hutang sudah pasti harus dilunasi, termasuk pinjaman modal pas-pasan. Saat kalkulasi atau perhitungan Anda terhadap pinjaman ini tepat dan Anda mampu mengembalikannya maka modal pas-pasan tersebut akan menjadi optimal.

  1. Punyai Rekanan Bisnis

Untuk usaha atau bisnis yang baru memang keberadaan rekan-rekan bisnis akan sangat dan banyak membantu. Bukan hanya untuk mensupport rintisan bisnis Anda, tapi dari rekan-rekan bisnis yang ada Anda bisa terbantu untuk berhemat ketika mencari kebutuhan perlengkapan usaha. Dalam hal pemasaran Anda juga bisa terbantu oleh rekanan kerja yang punya ilmu dan channel atau link ke media tertentu. Keuntungan lain yang bisa Anda peroleh ketika memiliki rekanan bisnis adalah bisa menjadi partner bisnis atau bahkan pelanggan awal Anda untuk menggerakkan roda usaha.

  1. Tanamkan Sikap Pantang Menyerah

Selanjutnya tips untuk meraih suskes meski memulai bisnis dengan modal pas-pasan adalah dengan memiliki mental pantang menyerah. Seorang pebisnis memang harus memiliki sikap ini sedari awal. Terlebih Anda yang mengawali bisnis dengan modal pas-pasan, maka akan banyak tantangan yang akan menghadang di awal-awal usaha. Dari banyaknya tantangan inilah maka sikap pantang menyerah yang besar sangat dibutuhkan. Sebab dengan besarnya tantangan yang ada maka jika pebisnis tidak kuat bisa saja mereka akan menyerah dan tak bisa lagi melanjutkan usahanya.

  1. Bersabarlah Untuk Sukses dan Terus Berjuang

Terakhir, tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjalankan usaha dan meraih sukses dengan modal pas-pasan adalah dengan bersabar untuk proses dan tetap berjuang. Karena Anda masih dalam tahap merintis usaha tentu Anda harus melewati proses terlebih dahulu. Apalagi Anda yang memulai bisnis ini dengan modal yang pas-pasan, maka untuk sukses tentu Anda harus berjuang dan bekerja dengan keras dulu. Tapi bukan tidak mungkin Anda tidak bisa meraih kesuksesan meski mengawali usaha dengan modal pas-pasan. Anda hanya perlu bersabar dan berproses untuk beberapa waktu guna bisa meraih kesuksesan tersebut.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top